Review Vivo V7: Usung FullView Display Dan Kamera Selfie 24 MP

  • Review Vivo V7: Usung FullView Display Dan Kamera Selfie 24 MP

Sinyaliti.com –  Vivo akhirnya resmi merilis smartphone terbarunya pada 16 November 2017 kemarin dengan meluncurkan perangkat penerus V7 Plus namun dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Vivo V7. Meski memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dari varian Plus-nya, tetapi varian standarnya ini tetap mengusung tagline yang sama dengan saudaranya tersebut.

Perangkat pintar bertajuk Vivo V7 yang membawa slogan “Clearer Selfie Perfect Camera” ini ditujukan bagi konsumen pecinta selfie.

Sesuai dengan tagline yang diusungnya, Vivo V7 pun mengusung kamera depan yang memiliki resolusi lebih besar dibandingkan dengan kamera belakangnya, sehingga pengguna tak perlu meragukan lagi kemampuan dari hasil foto selfienya.

Sama seperti varian Plus-nya, pada perangkat Vivo V7 ini pengguna juga akan dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar dan baterai berkapasitas besar, serta fitur-fitur canggih lainnya yang tentunya dapat menarik hati siapa pun yang melihat Vivo V7 tersebut.

Nah, untuk lebih detailnya, yuk simak ulasan mengenai spesifikasi dan harga Vivo V7 di bawah ini!

Spesifikasi Detail Vivo V7

Desain Vivo V7

Di sesi awal ini, kami akan mengulas mengenai spesifikasi Vivo V7 pada sisi tampilan atau desain fisiknya. Berdimensi panjang 149,3 mm, lebar 72,8 mm, dan tinggi 7,9 mm, smartphone ini terlihat memiliki ukuran yang besar, namun tetap ringan untuk dibawa kemana pun. Karena beratnya hanya 139 gram.

Ukuran Vivo V7 yang lebar tersebut pun telah mengusung FullView™ Display, dimana smartphone ini memiliki layar penuh atau berukuran sangat lebar, yaitu 5,7 inci dengan luas 83,8 cm² dan rasio layar ke bodi 77.1 %.

Dengan mengusung ukuran panel lebar yang mirip dengan sebuah phablet dan minim bezel tersebut, membuat pengguna leluasa saat mengoperasikan smartphone tersebut. Namun sayangnya, layar penuh tersebut tidak dibekali dengan resolusi full HD. Pasalnya, layar tersebut hanya beresolusi HD 720 x 1440 dengan rasio 18 : 9 dengan kerapatan 282 ppi.

Meski demikian, layar Vivo V7 tetap jernih dan menawan dengan digunakannya jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Selain itu, smartphone juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang tepat berada di bagian depan. Dan terdapat pula fitur Funtouch 3.2 yang dapat memudahkan aktivitas multitasking.

Hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Champagne Gold dan Matte Black, smartphone ini pun tampil dengan sangat elegant. Bisa dikatakan, spesifikasi Vivo V7 pada bagian desainnya ini sangat baik.

back to menu ↑

Fitur

Di sesi selanjutnya, kita akan mengulas secara detail mengenai spesifikasi Vivo V7 pada sisi fitur. Untuk konektivitas internetnya, Vivo mempercayakan pada jaringan 4G LTE, yang hingga kini masih umum digunakan oleh berbagai smartphone brand lainnya.

Dengan adanya jaringan 4G LTE tersebut, pengguna pun dapat berselancar dengan cepat di dunia maya. Namun sejauh ini belum diketahui Cat berapakah yang digunakan oleh perangkat tersebut. Dan biasanya, untuk smartphone kelas menengah telah dibekali dengan jaringan 4G LTE Cat 12.

Smartphone yang berjenis kartu Dual SIM (Nano-SIM, dual standby) ini pun dilengkapi dengan berbagai konektivitas, antara lain: WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, Hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, LE, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, BDS, FM Radio, recording, port USB microUSB 2.0, dan juga USB On-The-Go.

Nah, khusus bagi kamu pecinta game, Eric Ye, selaku Product Director Vivo Indonesia, mengungkapkan bahwa software yang disuntikkan pada Vivo V7 ini juga lebih baru dari V7 Plus. Sehingga ada sejumlah fitur yang ditingkatkan secara signifikan pada perangkat ini.

“Game Mode di V7 sudah ditingkatkan. Tidak perlu white list seperti di V7 Plus, pengguna bisa melihat semua panggilan telepon yang masuk melalui sebidang area mini transparan tepat di layar paling atas. Karena kecil dan transparan, notifikasi itu tidak mengganggu permainan.”, ungkap Eric.

Alhasil, beberapa komponen tersebut tentunya akan semakin menyempurnakan spesifikasi yang diusung Vivo V7 ini.

back to menu ↑

Performa

Di sesi selanjutnya dari spesifikasi Vivo V7, perangkat ini berjalan di sistem operasi Android 7.1.2 Nougat, yang bisa di upgrade ke OS Android Oreo. Yang kemudian dikombinasikan dengan chipset Qualcomm Snapdargon 450 dan prosessor Octa-Core 1.8 GHz Cortex-A53 dan RAM berkapasitas 4 GB. Sehingga kinerja dapur pacu Vivo V7 tersebut sangat handal untuk berbagai aktivitas multitasking.

Pengolah grafis smartphone ini pun juga sangat baik dengan adanya GPU Adreno 506. Dengan adanya dapur pacu handal dan pengolah grafis terbaik, pengguna pun dapat memainkan game favorit dengan sangat baik, khusunya Mobile Legends.

Sebagai informasi, Mobile Legends merupakan official game partner dari Vivo V7. Sehingga kemampuannya dalam memainkan game favorit tentu sangat terdukung.

Smartphone ini juga telah dibekali dengan ruang penyimpanan internal berkapasitas 32 GB dan dapat ditambah menggunakan microSD hingga 256 GB. Meski ruang penyimpanan internalnya sudah cukup besar, namun entah mengapa Vivo hanya menyematkan kapasitas 32 GB.

Meski demikian, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh, karena memori eksternal dapat diisi hingga kapasitas 256 GB. Dengan ukuran memori internal dan eksternal yang besar tersebut, pengguna pun dapat dengan leluasa menyimpan berbagai files, aplikasi, gambar, audio, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah dari spesifikasi Vivo V7.

back to menu ↑

Kamera

Di sektor kamera, kemampuan perangkat yang membawa slogan “Clearer Selfie Perfect Camera” ini hampir sama dengan kualitas kamera professional. Bagaimana tidak, untuk kamera depannya saja, Vivo V7 telah dibekali dengan resolusi kamera 24 MP, sehingga hasil foto selfie akan sangat jernih, tajam, dan terlihat natural.

Untuk kamera belakangnya, Vivo menyematkan resolusi kamera 16 MP yang dilengkapi dengan phase detection autofokus, dan LED Flash yang akan membuat hasil foto kian sempurna.

Terkait dengan perekaman videonya, Vivo V7 memiliki resolusi video full HD 1080p@30fps yang dapat menghasilkan video jernih dan berkualitas. Berbagai fitur juga telah disematkan dalam smartphone ini, antara lain 1/3” sensor size, 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, dan HDR.

Tak ketinggalan, fitur Face Beauty 7.0 dengan Smart Beauty untuk mengidentifikasi gender yang menyesuaikan efek wajah pada pria dan wanita agar terlihat natural.

Selain itu, terdapat pula fitur Intelligent Light Assistant atau Auto Softlight Function, yang secara otomatis dapat menyesuaikan pencahayaan saat mengambil gambar.

back to menu ↑

Baterai

Di sesi terakhir, kita akan mengulas mengenai sisi daya atau baterai. Dimana baterai smartphone ini telah disemati oleh baterai Non-removable Li-ion berkapasitas besar, yakni 3.000 mAh. Namun sayangnya, perangkat ini belum didukung oleh fitur fast charging, sehingga waktu pengisian baterai membutuhkan waktu yang cukup lama.

Smartphone Vivo V7 sendiri kini sudah tersedia untuk pembelian di gerai resmi Vivo di seluruh Indonesia dan di Grapari tertentu sejak tanggal 16 November 2017 lalu. Dan dijual dengan harga Rp 4,699.000.

Nah, demikian beberapa ulasan yang dapat kami berikan mengenai spesifikasi dan harga dari smartphone anyar Vivo V7.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Vivo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Vivo V7 telah disemati dengan OS Android 7.1.2 Nougat, yang bisa di upgrade ke OS Android Oreo, dan dikombinasikan dengan chipset Qualcomm Snapdargon 450 dan prosessor Octa-Core 1.8 GHz Cortex-A53 yang dapat menghasilkan kinerja smartphone yang cepat dan responsif. Ber-tagline “FullView™ Display”, layar ponsel Vivo V7 memiliki layar penuh dengan ukuran 5.7 inchi, yang hampir sama seperti ukuran sebuah phablet. Layar tersebut tampak jernih dan menawan, serta minim bezel sehingga pengguna dapat melakukan selfie dalam berbagai sudut dengan sempurna. Sementara di sektor kamera, terdapat resolusi 24 MP dan 16 MP. Berbagai fitur canggih juga disematkan dalam ponsel ini.

Desain
8
Performa
8
Fitur
7.5
Kamera
8.5
Baterai
7
Kelebihan
  • Tampilan sangat menarik dengan konsep layar FullView yang dibalut dengan material full metal aluminium.
  • Koneksi internetnya sudah didukung 4G LTE.
  • Dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk keamanan data.
  • Membawa type SIM Dedicated slot.
  • Layar dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 4.
  • Didukung oleh Operasi Sistem v7.0 Nougat yang bisa di upgrade ke OS Android Oreo.
  • Dukungan prosesor Snapdragon 450 berkecepatan Octa-Core 1.8 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506 sebagai pengolah grafisnya.
  • Memiliki RAM 4 GB.
  • Memori internal 64 GB, masih bisa diperluas menggunakan slot micro SD atau penyimpanan luar 256 GB.
  • Kamera belakang 16 MP, didukung Phase detection Autofocus dan LED flash.
  • Kamera depan 24 MP, yang telah dilengkapi dengan fitur Pro selfie yang menghasilkan foto lebih berkualitas.
Kekurangan
  • Resolusi layar hanya 720 x 1440 pixels.
  • Belum dilengkapi dengan fitur IP67 Certified.
  • Baterai yang digunakan Non-Removable atau cukup sulit untuk dilepas.
  • Belum suport fast charging, sehingga pengisian baterai butuh waktu yang cukup lama
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0