Review Vivo V9: Smartphone Selfie 24 MP Bertenaga Snapdragon 626

Sinyaliti.com – Smartphone Vivo V9 akhirnya resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Kamis (29/3/2018) kemarin. Bertempat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, peluncuran smartphone flagship tersebut disiarkan secara langsung di 12 stasiun televisi nasional dan 10 digital platform.

Smartphone Vivo V9 sendiri merupakan terobosan dan inovasi terbaru dari VIVO untuk mengawali tahun 2018 ini. Berbagai fitur-fitur terdepan berbalut terknologi teranyar lainnya pun siap dihadirkan V9 Series untuk mendukung kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan.

Dari segi desain, smartphone ini memboyong konsep ala iPhone X dengan bezel-less dan notch (poni). Selain itu, smartphone Vivo V9 juga diklaim sebagai produk penerus dari V7 Series yang sudah diluncurkan pada November 2017 lalu.

Dengan demikian, maka sangat wajar jika pada generasi penerusnya ini VIVO mengusung beberapa keunggulan. Salah satunya adalah di lini fotografi, dimana smartphone ini mengusung kamera belakang ganda 16 MP plus LED Flash, yang berjajar vertikal di belakang, mirip gaya iPhone X.

Sementara pada kamera depan, perangkat ini dipersenjatai resolusi 24 MP yang disebut VIVO sebagai “New 24 MP Selfie Camera”. Selain itu, ada pula keunggulan lainnya yang patut untuk kamu ketahui.

Penasaran seperti apa keistimewaan dari smartphone andalan VIVO ini? Yuk. simak selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Vivo V9

Desain Vivo V9

Melihat dari tampilan fisik, smartphone anyar besutan VIVO ini mengusung desain futuristik melalui FullView display dengan rasio screen-to-body hingga 90 persen, yang membenamkan fitur teknologi AI dalam balutan desain ramping dan stylish.

Smartphone premium yang menonjolkan kemampuan selfie ini juga mengusung spesifikasi layar yang mengalami perubahan signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dimana smartphone anyar ini hadir dengan membawa bentang layar sentuh berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (1080×2280 piksel) serta berteknologi panel IPS LCD dengan perbandingan layar 19:9, yang membuatnya kian tampil begitu elegan.

Meskipun layarnya luas, namun smartphone cantik Vivo V9 series ini hadir dalam desain yang solid layaknya smartphone 5,5 inci. Selain itu, layarnya juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

Smartphone Vivo V9 juga tampil dengan desain yang dibekali notch (poni) pada bagian tepi atas layar. Yang mana “poni” di tepi atas layar tersebut juga digunakan sebagai letak kamera depan dan sensor. Sedangkan pada bagian punggung, terdapat sensor sidik jari membulat tepat di atas logo Vivo. Dan untuk tombol Volume serta Power tersemat di samping kiri.

Smartphone Vivo V9 yang baru saja diluncurkan ini pun hadir dengan tiga varian warna, yaitu: Gold, Black, dan juga Rose Gold.

back to menu ↑

Fitur

Beranjak ke sektor berikutnya, pada sektor konektivitas yang diusung smartphone Vivo V9 menyediakan slot Dual SIM Card dengan ukuran Nano-SIM, yang keduanya bisa digunakan secara bersamaan untuk menunjang komunikasi pengguna.

Di samping itu, ada juga beberapa fitur tambahan lain, sebut saja seperti WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, Hotspot, Bluetooth, dan juga microUSB sebagai fitur untuk menunjang aktivitas koneksi jarak dekat.

Di sisi lain, smartphone Vivo V9 sendiri juga sudah mengusung sistem navigasi canggih berupa A-GPS, Glonass, dan BDS yang akan memberikan informasi secara akurat mengenai peta lokasi suatu tempat.

Beberapa sensor juga tersedia di smartphone ini seperti Fingerprint, Kompas, Proximity, Accelerometer, Ambient Light dan tentunya Gyroscope. Bahkan menurut informasi yang beredar, smartphone ini juga memiliki fitur Facial Unlock.

Salah satu hal yang menarik dari ponsel pintar milik VIVO ini adalah bekalan kapasitas ruang simpan yang dirasa sangat besar. Dimana smartphone ini mengusung dua varian memori internal dengan kapasitas masing-masing 32 GB atau 64 GB yang masih dapat diekspansi melalui slot hybrid yang diusungnya. Sehingga kedua memori internal tersebut pun bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

Tak hanya itu saja, bahkan jika sektor ruang simpan internal masih belum mencukupi, jangan khawatir. Sebab, pada ruang simpan internal Vivo V9 masih bisa diperluas dengan menggunakan microSD hingga batas maksimum kapasitas 256 GB. Dengan demikian, pengguna pun bisa menyimpan berbagai jenis file pribadi berukuran besar pada microSD dari spesifikasi Vivo V9 ini.

back to menu ↑

Performa

Berlanjut ke sektor hardware, dimana perusahaan membekali smartphone ini dengan beragam komponen yang canggih dan handal. Pasalnya, performa dari smartphone Vivo V9 sudah mengadopsi Qualcomm Snapdragon 626 yang mengusung prosesor Octa-Core dengan kecepatan 2,2GHz, sehingga dipastikan bakal memberikan hasil kinerja secara maksimal dan optimal.

Sementara itu di sisi lain, untuk menunjang aktivitas multitasking maka Vivo V9 pun akan dibekali dengan dua pilihan RAM berkapasitas besar, yaitu 4 GB atau 6 GB. Dengan besarnya kapasitas RAM tersebut, maka kinerja ponsel pun menjadi lebih responsif dan gesit.

Tak hanya itu saja, pihak VIVO pun juga akan mengandalkan kartu grafis berupa Adreno 508 guna menampilkan grafik yang lebih smooth.

Sementara untuk menunjang kinerja dari tiap-tiap komponen, perusahaan pun membekali smartphone ini dengan sistem operasi Funtouch OS 4.0 berbasis Android v8.1 Oreo, yang menjadi Android versi teranyar untuk saat ini.

back to menu ↑

Kamera

Untuk urusan pemotretan, smartphone Vivo V9 sendiri mengusung teknologi kamera yang sangat handal dan canggih. Hal itu tak terlepas dari kebutuhan konsumen di era modern seperti saat ini, yang haus akan sebuah kamera ponsel canggih.

Salah satu yang menarik yaitu bekalan kamera belakang ganda berkekuatan 16 MP + 5 MP, yang menggunakan sensor canggih BSI CMOS serta dukungan fitur phase detection autofocus (PDAF) dan LED Flash, yang siap membidik setiap objek foto secara sempurna. Kamera belakang ganda ini juga dikalim mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps.

Sementara untuk kamera depan berkekuatan 24 MP dengan aperture f/2.0, serta sensor BSI CMOS untuk mengakomodasi kebutuhan foto selfie dan video call. Menariknya, kamera depan ini sudah diperkuat dengan fitur pintar AI Camera.

Selain itu, pada kamera depan ini juga sudah dilengkapi dengan Portrait Mode untuk foto dengan efek bokeh. Tentu saja dengan kehandalan kamera depan ini akan membuat hasil bidikan foto semakin mumpuni dan tampak lebih atraktif.

Dan untuk menunjang aktivitas olah foto, maka spesifikasi Vivo V9 pada lini fotografi ini sudah dilengkapi dengan fitur tambahan berupa Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan juga Panorama.

back to menu ↑

Baterai

Meski memiliki segudang kehandalan, namun tak lengkap rasanya jika tanpa adanya baterai. Sebab, sektor baterai merupakan bagian penting sebagai penyuplai daya. Oleh sebab itu, maka kali ini VIVO pun menghadirkan sebuah baterai dengan jenis Li-Ion yang berkapasitas 3.260mAh untuk mencukupi kebutuhan daya dari smartphone Vivo V9 ini.

Dimana dengan bekalan kapasitas tersebut akan membuat ponsel pintar ini mampu bertahan selama seharian penuh. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki spesifikasi Vivo V9.

Vivo V9

Soal harga, Vivo Mobile Indonesia sudah membuka pre-order sejak 29 Maret 2018 lalu dengan harga Rp 3.999.000. Pre-order ini sudah bisa dilakukan di lima e-commerce official online store Vivo Indonesia, yaitu: Lazada.id, JD.id, Shopee, AkuLaku.com, dan juga Dinomarket.

Selama periode pre-order, calon pembeli akan mendapat paket eksklusif dengan Vivo Bluetooth Stereo Headphone. Selain itu, konsumen juga akan mendapat Joox VIP Code senilai Rp 49.000.

Tak hanya itu saja, akan ada berbagai promo spesial lainnya oleh masing-masing mitra e-commerce untuk memberikan lebih banyak benefit bagi konsumen yang melakukan pre-order.

Dan bagi kamu yang ingin memiliki smartphone anyar ini, kamu bisa langsug pre-order sekarang di sini!

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Vivo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Mengusung jargon “Perfect Selfie”, Vivo kembali merilis ponsel terbarunya bertajuk Vivo V9. Smartphone ini terbilang sangat unik dan menarik. Pasalnya, seri V9 ini akan mengandalkan kamera depan 24 MP dengan layar notch sebagaimana yang diterapkan pada iPhone X milik Apple. Performa smartphone Vivo V9 juga sudah mengadopsi Qualcomm Snapdragon 626 yang mengusung prosesor Octa-Core dengan kecepatan 2,2GHz, sehingga mampu memberikan hasil kinerja secara maksimal.

Desain
8
Performa
8
Fitur
7.5
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Punya desain mewah dengan balutan material Full metal.
  • Layar berukuran 6.3 inchi, resolusi 1080 x 2280 pixels, aspek ratio 19:9.
  • Proteksi layar lebih kuat, menggunakan Cornning Gorilla Glass generasi ke 5.
  • Sudah berjalan memakai OS Android v8.0 Oreo, yang menyuguhkan tampilan lebih fresh.
  • Membawa Dual-Camera fotografie beresolusi 16 MP + 2 MP, f/1.8.
  • Punya kamera depan berkekuatan 24 MP dengan aperture f/2.0.
  • Disokong memori internal lega, yakni 64 GB.
  • Baterai berkapasitas 3260mAh.
CONS
  • Minus sertifikasi tahan air dan debu yaitu IP68, sehingga smartphone tidak cocok saat dioperasikan dalam kondisi cuaca ektrim.
  • Jenis baterai bersifat non-removable, sehingga sedikit merepotkan saat terjadi kendala kerusakan
Add your review

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password