Review Vivo Y31: Smartphone Entry Level dengan Spesifikasi Mumpuni

Sinyaliti.com – Vivo Y31 merupakan smartphone terbaru dari Vivo yang diposisikan untuk bersaing dikelas entry-level. Tidak seperti kebanyakan ponsel China yang memiliki tampilan biasa-biasa saja, smartphone ini menjadi salah satu smartphone dengan tampilan terbaik dikelasnya. Berbekal layar yang berukuran 4.7 inci, dan telah menggunakan teknologi layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen. Vivo Y31 juga telah di dukung dengan dapur pacu berjenis prosesor bertenaga Quad-core berkecepatan 1,3 GHz dengan chipset Mediatek MT6580 yang di padukan dengan memori RAM berkapasitas 1 GB. Ayo kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya berikut ini sobat Sinyaliti.

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & HargaSpesifikasi Detail Vivo Y31

Desain Vivo Y31

Hadir dengan dukungan layar seluas 4.7 inchi yang memang masih terbilang luas dan lapang. Smartphone ini menawarkan layar dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen dan kedalaman hingga 16 juta warna yang menawan. Layar Vivo Y31 juga mampu menampilkan gambar yang cemerlang dan natural berkat suntikan resolusi HD 720 x 1280 pixels yang dimilikinya.

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & Harga

Layar Vivo Y31 juga memiliki tampilan jernih dalam kepadatan 312 ppi per inchi serta kemampuan multitouch yang cukup responsif. Hanya saja dengan banderolan harga menengah kebawah, Y31 nampaknya belum didukung lapisan anti gores pada layarnya sehingga pengguna perlu melapisinya lagi dengan screen protector. Berikut tampilannya dari beberapa sisi sobat Sinyaliti.

Vivo Y31 usung desain bodi yang cukup sederhana namun masih terlihat elegan. Meskipun secara keseluruhan, bodi pabrikan Vivo tersebut masih terbuat dari bahan material plastik, namun frame bodi terlihat menggunakan bahan metal sehingga terlihat cukup tangguh. Dimensi bodi Vivo Y31 memiliki ukuran 137.2 x 68.8 x 8.4 mm dengan bobot bodi secara keseluruhan 137 gram. .

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & Harga

Y31 memiliki layar yang sudah didukung dengan antarmuka Funtouch OS 2.1 dan juga dijalankan menggunakan sistem operasi Android yang saat ini populer dan banyak disematkan di smartphone baru. Ponsel cerdas Y31 bahkan sudah dibekali dengan sistem operasi Android versi v5.1 (Lollipop). Smartphone Vivo Y31 juga tersedia dalam dua varian warna netral yakni warna hitam dan putih sebagai pilihan warnanya sobat Sinyaliti.

Layar Display Vivo Y31 tersebut menggunakan teknologi dari IPS Capacitive Touchscreen dengan kemampuan multitouch serta mampu menampilkan banyak warna hingga 16 juta warna pada setiap display yang ditampilkan. Resolusi berkualitas HD dengan kejernihan optimal dan sangat jelas untuk setiap gambar walpaper maupun menu yang ditampilkan.

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Salah satu yang paling menarik dar  Y31 ini ialah disematkanya fitur-fitur canggih seperti smart gesture, Air gesture, dan smart mute, layaknya perangkat kelas high-end dari Vivo. Ponsel cerdas Vivo Y31 memiliki layar yang bersifat multitouch dan sudah dilengkapi dengan fitur smart awake sehingga memungkinkan para pengguna mengatur navigasi hanya dengan satu jari untuk menuju ke aplikasi baik kamera, musik, browser dan media sosial,  meskipun ponsel Y31 dalam keadaan mati.

Dengan Android versi 5.1 Lollipop sebagai OSnya yang membawa tampilan baru dengan segudang fitur. Sobat Sinyaliti dapat menikmati berbagai fitur terbaru untuk mengoptimalkan pekerjaan sehari-hari. Kemudian untuk User Interfacenya sendiri Vivo memasangkanya dengan Funtouch OS 2.1. Funtouch OS adalah UI besutan Vivo sendiri dimana menawarkan tampilan yang jauh berbeda dibanding UI lainya. Deteknokers akan dapat menikmati tampilan berbeda dengan kustomisasi baru sehingg tak terasa membosankan.

Jaringan dan konekivitas dalam Y31 dengan banderolan harga menengah bawah ini memiliki beberapa kekurangan. Pasalnya smartphone ini belum didukung jaringan 4G LTE yang kini mulai dikembangkan di Indonesia.

Namun jangan bersedih, karena meskipun begitu Y31 didukung oleh jaringan 3G HSDPA dan speed HSPA+ 42/5.76 Mbps yang masih dapat diandalkan. Selain itu  Y31 juga mendukung fitur Dual SIM yang dapat siaga bersama dengan jaringan 2G GSM. Konektivitasnya juga didukung dengan GPRS-EDGE, Wi-Fi, Hotspot dan GPS navigasi. Sementara untuk fitur transfer data, disematkan fitur Bluetooth dan microUSB.

back to menu ↑

Performa

Sebenarnya android versi terbaru adalah v6.0 marsmallow, meskipun bukan yang terbaru OS Android v5.1 Lollipop juga memiliki kinerja yang hampir sama baiknya dengan Android v6.0 Marsmallow, perbedaan yang mencolok hanya terdapat pada tampilanya saja.

Selain itu, Y31 juga hadir dengan UI Funtouch OS 2.1 yang memiliki tampilan dan UI yang lebih fresh, simple dan mudah pengoperasianya serta tidak terlalu banyak memakan RAM. Jadi kinerja hardware dari Vivo Y31 menjadi lebih ringan dan responsif.

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & Harga

Satu lagi keuggulan dari Vivo Y31, dibekali dengan CPU Mediatek MT6580 Quad Core 1.3 GHz yang merupakan CPU Kelas low-end terbaru dari Mediatek dan mendukung arsitektur 32 bit. Perpaduan dari CPU Mediatek MT6580 dan GPU Mali – 400 MP1 mampu menghasilkan kinerja yang cukup baik dan stabil. Meski hanya dibekali dengan RAM berkapastas 1GB saja, performa dari Vivo Y31 juga tidak mengecewakan ketika digunakan untuk multitasking.

Vivo Y31 juga menawarkan multitasking dan komputasi tanpa lag yang berarti berkat RAM 1 GB yang memperkuat kinerjanya. Sementara untuk kebutuhan grafis dan tampilan ketika bermain game, pengguna akan dimanjakan dalam tampilan grafis menawan dari GPU Mali-400 MP1.

Kelebihan Vivo Y31 dengan banderolan harga menengah ke bawah di Indonesia ini ada pada sistem operasi yang dijalankan dimana telah menggunakan sistem operasi yang lumayan baru yakni Android OS v5.1 Lollipop dalam dukungan antarmuka Funtouch OS 2.1 yang menawan. Sementara untuk ruang penyimpanan Vivo Y31 didukung kapasitas internal sebesar 8 GB. Jika pengguna masih kurang leluasa dapat memperluas penyimpanan dengan kartu microSD hingga kapasitas 128 GB yang lebih besar dan leluasa.

back to menu ↑

Kamera

Pada sektor kamera, hp vivo terbaru memiliki resolusi yang cukup besar dan bagus. Ponsel ini memiliki kamera depan dengan resolusi sebesar 2 MP. Sedangkan untuk kamera belakang sudah dibekali dengan kamera beresolusi 8 MP. Pada kamera belakangnya, ponsel ini sudah dibekali dengan LED Flash sehingga dapat membantu jika kamu mengambil foto dengan pencahayaan yang kurang.

Vivo Y31: Detail Spesifikasi & Harga

Untuk mengoptimalkan fungsi kamera utama soat Sinyaliti dapat menggunakan Autofocus dan juga LED Flash. Namun kualitas rekaman video yang dihasilkan sangat baik karena dapat mencapi resolusi 1080p@30Fps. Sedangkan untuk kamera depan nampaknya sobat Sinyaliti harus puas dengan kemampuan kamera 2 Megapixel.

Setidaknya kamera depan dapat digunakan untuk selfie ataupun video call dengan baik karena kualitas rekaman video yang dihasilkan dapat mencapai 1600 x 1200 pixels. Fitur dalam kamera Vivo Y31 juga lengkap. Meliputi Touch Focus, Face detection, White balance setting, ISO setting, Exposure compensation, Scene Mode, Continious shooting, Geotagging, Panorama, HDR, DIgital Zoom dan Digital Image stabilization. Berikut dibawah ini contoh beberapa foto yang diambil dengan Vivo Y31.

back to menu ↑

Baterai

Vivo Y31 dibekali dengan baterai berkapasitas 2100 mAh, memang tidak terlalu besar namun cukup mumpuni untuk menyokong kinerja dari smartphone ini. Selain itu, baterainya juga bersifat Removable alias bisa dilepas. Lebih lengkap mengenai detail spesifikasi Vivo Y31, Klik disini

Jika dilihat dari Spesifikasi Vivo Y31 diatas dapat disimpulkan bahawa memang produk Vivo ini pantas berada di kelas menengah kebawah dengan rentan Harga Vivo 1 Jutaan. Apabila sobat Sinyaliti hanya memiliki budget minim dan menginginkan produk smartphone berkualitas serta memiliki spek yang cukup mumpuni untuk beberapa aktifitas mobile seperti multitasking, dapat memilih Vivo Y31 sebagai pegangan gadgetmu.

Sumber: dari berbagai sumber

PROS
  • Di bekali layar berukuran 4.7 inci serta memiliki resolusi 720 x 1280 pixel sehingga nyaman di gunakan untuk bermain game dan menonton video.
  • Mengusung sistem operasi versi Android OS. v5.1 Lollipop yang menawarkan tampilan aplikasi yang menarik di dalamnya
  • Prosesor bertenaga Quad-core berkecepatan 1.3 GHz sehingga kinerjanya sangat maksimal dan responsip
  • Kapasitas memori Internal sebesar 8 GB dan masih ada slot memori eksternal microSD up to 128 GB pengguna bisa menyimpan berbagai video, foto, dan file dengan leluasa.
  • Adanya dua buah kamera yaitu 8 MP untuk kamera utama dan 2 MP kamera depan yang cocok untuk berfoto selfie bersama sahabat.
CONS
  • Memori RAM hanya berkapasitas 1 GB saja.
  • Tidak adanya lapisan pelindung untuk layarnya
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0