Review Vivo Y55: Smartphone Kelas Menengah versi Vivo

Sinyaliti.com – Jangan remehkan smartphone asal Cina. Makin dipandang sebelah mata, maka tak terasa semakin cepat perkembangannya. Sebut saja OPPO atau Vivo, dua produsen smartphone dari Cina yang begitu sukses merangsek naik ke posisi lima besar merek smartphone terlaris di Cina, bahkan dunia. Apakah kesuksesan tersebut diraih karena mereka piawai menciptakan produk berkualitas? Ya, begitulah kenyataannya. Contohnya adalah Vivo Y55, smartphone untuk entry-level yang punya potensi besar. Semenarik apa smartphone ini? Berikut ulasannya! Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi Vivo Y55 dan harga nya sobat Sinyaliti.

Vivo Y55: Spesifikasi Lengkap & Harga

Spesifikasi Detail Vivo Y55

Desain Vivo Y55

Vivo Y55 baru saja dirilis di Indonesia. Smartphone ini menawarkan desain elegan yang dibalut bodi bermaterialkan metal dengan ukuran panjang 147.9 mm, lebar 72.9 mm, dan ketebalan 7.5 mm. Bodinya tampak sangat tipis, sehingga memberikan kesan mewah layaknya smartphone flagship. Selain itu, smartphone ini juga memiliki bodi sangat ringan dengan bobot seberat 142 gram. Sayangnya sobat hariangadget tak akan menjumpai fitu fingerprint sensor pada bagian depan atau belakang smartphone ini, karena Vivo tak melengkapinya agar harga Vivo Y55 tetap terjangkau.

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Smartphone ini memiliki layar beresolusi tinggi yang dibentangkan pada panel IPS Display seluas 5.2 inci. Layar tersebut memiliki kerapatan pixel mencapai 282 ppi, karena mengadopsi panel IPS beresolusi HD 720 x 1280 pixels. Selain itu, Vivo juga melapisinya dengan kaca 2.5D Curved Glass Screen.

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Viewing angle layarnya juga sangat luas sehingga kualitasnya tidak menurun saat dilihat dari sudut miring. Oh ya, yang perlu diketahui juga bahwa layar Vivo Y55 sudah ditunjang teknologi eye protection. Saat diaktifkan, temperatur layar akan menurun ditandai dengan warna layar yang agak menguning. Eye protection sejatinya sangat cocok digunakan untuk penggunaan malam hari, terutama untuk membaca sehingga mata kita tidak akan cepat kelelahan.

Vivo Y55: Spesifikasi Lengkap & Harga

back to menu ↑

Fitur

OS hemat kaya fitur. Vivo Y55 datang dengan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. OS ini dipoles dengan beragam fitur menarik yang memudahkan penggunaan. Diberi nama Funtouch OS (versi 2.6). Fitur-fitur yang dimaksud antara lain Smart Motion atau gesture, Smart Multi-screen, One-handed, Smart click, hingga Super screenshot untuk menciptakan screenshot panjang hingga lebih dari sepuluh halaman!

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Menariknya, bukan cuma dijejali banyak fitur OS Funtouch nyatanya juga terbilang hemat. Saat idle, OS ini mengonsumsi 50 persen dari total kapasitas RAM yang dimiliki Vivo Y55. Lalu saat menjalankan tiga hingga lima aplikasi bersamaan, konsumsi RAM-nya meningkat hingga 70 persen namun tetap masih tergolong irit. Berikut dibawah ini tampilan antarmukanya.

vivo-y55-droidlime-11

Ketika banyak produsen menciptakan smartphone dengan slot SIM card dan microSD yang menyatu, lain halnya dengan Vivo. Merek satu ini tidak pelit slot dengan memisahkan slot SIM card (di sisi kiri) dan slot microSD (di sisi atas). Vivo Y55 sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia dengan sempurna, baik secara hardware, software, maupun aturan pemerintah.

Smartphone ini juga telah mendukung layanan Smart Multi-screen. Seperti pada smartphone kebanyakan, fitur ini memungkinkan kita untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus.

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Lalu ada fitur Smart click yang merupakan tombol pintas untuk mengakses aplikasi, dengan menahan tombol volume (-) saat layar sedang posisi mati dan terkunci. Seperti contohnya saat menyalakan senter, atau membuka media sosial seperti Facebook dan WhatsApp. Bahkan juga dapat digunakan sebagai pintas membuka aplikasi lainnya, sesuai dengan keinginan pengguna.

back to menu ↑

Performa

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Tata letak speaker dari Vivo Y55 berada pada bagian bawah. Sehinngga ketika menonton video dan memainkan lagu akan menghasilkan keluaran suara yang cukup memuaskan. Hanya saja letaknya ini terkadang tertutup dengan jari, terutama saat digunakan untuk bermain game pada posisi mendatar atau landscape.

Chipset yang digunakan oleh Vivo Y55 adalah Qualcomm Snapdragon 430, yang merupakan chipset terbaru untuk jajaran entry level dari Qualcomm. Lalu RAM ada ukuran 2GB yang disandingkan dengan memori internal berkapasitas 16GB.

Tentunya sobat Sinyaliti masih dapat menambahkan kartu memori micro SD, dengan memasukkannya melalui slot bagian atas, dekat dengan jack audio 3,5mm. Oh ya, untuk sisa RAM penggunaan Funtouch OS dengan beberapa aplikasi yang telah terpasang sekitar 900MB. Bicara performa dari Vivo Y55 ini tidak mengecewakan karena dibekali dengan komponen yang memadai, untuk berbagai aktifitas sehari-hari.

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Dengan ukuran RAM 2GB pun smartphone ini masih dapat membuka beberapa aplikasi, bahkan untuk menjalankan beberapa game sekaligus dan aplikasi secara bergantian tanpa menutup masing-masing game. Setelah dilakukan uji coba pada tiga game HD yang cukup berat, yakni Apshalt 8: Airborne, Vainglory dan Walking Dead dan ketiganya berjalan dengan mulus tanpa lagging. Tak lupa kami juga menyertakan pengujian sintetis menggunakan aplikasi seperti 3DMark, AnTuTu, GeekBench 4 dan Sensor Box.

Pada aplikasi pengujian AnTuTu Vivo Y55 menorehkan angka hingga sekitar 45 ribu poin. Lalu pada aplikasi pengujian GeekBench, mendapati skor sebesar 616 poin untuk single core dan 1.805 poin untuk multi core. Dari pengujian di atas, terbukti smartphone ini dilengkapi dengan sensor yang lengkap, seperti adanya sensor gyroscope yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk menjalankan program atau game virtual reality, serta sensor magnetik. Yang absen hanya sensor pembaca suhu dan tekanan.

back to menu ↑

Kamera

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Dengan kamera utama 8 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP.  Pasalnya, dalam penggunaan kamera ini tidak akan terasa lag saat membidik objek di dalam ruangan dengan cahaya tidak berlimpah. Selain itu, hasil jepretannya juga memuaskan dengan warna dan tingkat ketajaman yang sangat baik.

Sementara kamera depannya juga tak kalah menarik. Dilengkapi fitur beautify dan One-tap makeover untuk membuat wajahmu terlihat bersih dan kinclong. Jika masih kurang, masih ada fitur lainnya, yakni screen flash yang bisa menyulap cahaya pada layar smartphone menjadi lampu flash untuk menerangi wajah.

Dilengkapi casing dan screenguard. Ketika membeli Vivo Y55, tak perlu lagi repot-repot membeli aksesori wajib yang biasa digunakan untuk melindungi smartphone. Ya, Vivo menyertakan screenguard (sudah terpasang) serta jelly case yang bisa ditemui dalam paket penjualannya. Berikur dibawah ini salah satu contoh hasil foto yang diambil dengan Vivo Y55 Sobat Sinyaliti.

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Urusan baterai, VIvo Y55 ini dibekali dengan kapasitas sebesar 2650mAh. Ukuran ini pun tergolong standar, untuk smartphone mainstream sekarang. Digunakan untuk beraktifitas sehari-hari masih mumpuni, dapat bertahan sekitar 7 jam penggunaan aktif dari posisi baterai 100%. Oh ya, baterai yang terpasang pada smartphone ini tidak dapat dilepas karena bagian belakangnya mengadopsi desain unibody. Sayangnya adalah chipset ini masih belum mendukung penggunaan fitur pengisian cepat dari Qualcomm, Quick Charge. Selain itu juga kepala charger bawaan dari Vivo juga memiliki output 1 Ampere saja. Untuk lama waktunya pengisian baterai dari 0% ke 100% setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Info lengkap mengenai Vivo, klik disini

Vivo Y55: Spesifikasi & Harga

Sumber: dari berbagai sumber

8 Total Score
Good!

Salah satu perusahaan yang cukup terkenal yakni Vivo mobile, baru-baru in meluncurkan perangkat terbarunya yang bernama “Vivo Y55”. Perangkat android yang akan hadir dengan performa cukup tangguh ini didukung oleh prosesor Snapdragon 430 octa core berkecepatan 1,4 GHz serta ditunjang RAM sebesar 2 GB. Untuk bagian sektor pengolah gambarnya sendiri sangat bagus dengan GPU Adreno 505.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Bentang layar luas 5.2 inchi IPS LCD beresolusi 720 x 1280 pixels yang akan emnyuguhkan kenyamanan saat didepan layar
  • Sistem operasi yang dijalankan Marshmallow yang memberikan eksan menarik saat user melihat mengotak ngatik menu berfitur menarik
  • Jaringan yang digunakan sudah 4G LTE, sehingga aktivitas bersosial media akan lebih lancar
  • Support fitur Dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan dengan Tipe Slot Dedicated
  • Kamera depan berlensa 5 MP yang akan mendukung sekali untuk aktvitas selfie sehari-harinya
  • Kamera belakang berlensa 8 MP yang dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash, sehingga akan dimanjakan dengan hasil gambar yang didapatkan
  • Prosesor tangguh dengan Snapdragon 430 octa core 1,4 GHz dan pengolah gambar bagus GPU Adreno 505
  • Kualitas perekam videonya sudah full HD, jadi dengan ini akan memberikan pemutaran video bergambar jernih & juga tajam
  • Pendukung perfromanya ada RAM 2 GB, sehingga perfromanya akan berjalan lebih optimal
CONS
  • Untuk keamanannya layarnya belum ada pelindung layar, sehingga layar akan mudah lecet
  • Kamera depan belum dilengkapi dengan fitur apapun seperti halnya LED flash ataupun screen flash
  • Untuk harga 2 Jutaan belumlah dibekali fingerprint scanner
  • Baterai bersifat Non-removeable atau tidak dapat dilepas
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0