Review Vivo Y55s: Smartphone Kelas Menengah Dengan Body Tipis

Sinyaliti.com – Vendor asal Tiongkok, Vivo Mobile, kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan smartphone barunya, yaitu Vivo Y55s. Smartphone ini dibuat untuk menyasar di kelas mid-range. Namun jangan berharap jika smartphone ini fitur dan spesifikasinya tergolong pas-pasan, atau kurang mumpuni ketika dipakai bermain game ataupun menjalankan banyak aplikasi. Justru sebaliknya, smartphone ini diyakini akan mampu bersaing dengan smartphone kelas mid-range milik vendor lainnya. Karena Vivo Y55s ini dilengkapi dengan desain premium dan dapur pacu yang powerfull.

Kira-kira apa ya kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini? Untuk mengetahui selengkapnya, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Vivo Y55s

Desain Vivo Y55s

Membahas spesifikasi dari Vivo Y55s tentu kurang lengkap jika tidak diawali dengan mengulas mengenai tampilan terluarnya. Vivo Y55s menyuguhkan desain yang mewah, karena bodinya dibalut dengan pilihan warna menarik. Sementara untuk ukuran bodinya sendiri adalah 147.9 × 72.9 mm, dengan ketebalan 7.5 mm dan berat 142 gram. Walaupun bodinya tebal, namun ponsel ini terasa ringan dan sangat nyaman untuk dibawa pergi menemani aktivitas Anda seharian.

Detail dimensi layar dari perangkat ini mampu menyuguhkan tampilan yang halus dan cemerlang berkat digunakannya panel layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang 5.2 inci. Layar tersebut mampu menghasilkan resolusi Full HD 720 x 1280 pixels piksel dengan kerapatan 282 ppi. Sehingga mampu menawarkan tingkat ketajaman warna yang sangat tinggi dan tajam.

Desain Vivo Y55s

Menariknya lagi, tampilan visual pada layar pun semakin menawan dengan digunakannya antarmuka Funtouch OS 2.6. Sehingga mampu memanjakan setiap mata yang memandang layarnya.

back to menu ↑

Fitur

Beranjak pada segmen selanjutnya, yaitu sisi konektivitas dan jaringan internet pada spesifikasi Vivo Y55s. Tak berbeda jauh dengan beberapa produk di segmen kelas mid-range lainnya, tentu untuk urusan jaringan dan konektivitas smartphone ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

Seperti pada akses internetnya, di mana perangkat pintar buatan Vivo ini sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat4 yang siap memanjakan setiap konsumen untuk berselancar ria di dunia maya. Aktivitas download pada jaringan ini pun bisa dilakukan pada kecepatan 150 Mbps dan upload pada 50 Mbps. Bahkan untuk memback-up koneksi 4G, ponsel pun sudah dibekali dengan koneksi 3G dengan memanfaatkan kecepatan HSPA. Yang memiliki kecepatan download speed dan upload speed cukup stabil, yakni 42,2/5.76 Mbps.

Sementara itu, untuk urusan komunikasi maka Vivo Y55s ini menyediakan Dual SIM Card. Dimana kedua slot tersebut dapat digunakan secara bersamaan.

Fitur Vivo Y55s

Selain itu, pada sisi konektivitas nirkabel, ponsel pintar besutan Vivo ini dilengkapi dengan kehadiran WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, dan Hotspot, guna menikmati akses internet secara gratis. Sementara untuk kebutuhan berbagi file, bisa dengan fitur koneksi berupa Bluetooth v4.2, dan port microUSB sebagai fitur untuk menunjang aktivitas dalam urusan transfer data antar perangkat.

Nah, sementara itu di sisi lain, pada sistem navigasi yang diusung, Vivo Y55s akan mengandalkan sistem navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS sebagai media dalam menunjang pemetaan lokasi dengan cukup akurat.

back to menu ↑

Performa

Di sisi lain, pada sektor dapur pacu atau permesinan pun mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, di segmen ruang pacu pada perangkat cerdas buatan Vivo ini diketahui dibekali dengan berragam macam komponen canggih yang siap memberikan performa terbaik. Hal itu bisa dilihat dari beberapa komponen yang dibenamkan pada perangkat ini, Antara lain seperti chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425. Kemudian dikombinasikan dengan prosesor canggih Quad-Core yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 1.4 GHz.

Prosesor yang tersemat pada perangkat ini pun didukung dengan varian RAM yang memiliki kapasitas cukup besar, yakni 3 GB. Dengan begitu aktivitas operasional pada sektor dapur pacu dari Vivo Y55s ini akan mampu menghasilkan performa yang begitu handal dan responsif.

Selain itu, untuk menunjang tampilan grafisnya, maka ponsel mengandalkan GPU Adreno 306. Yang mana dengan penggunaan kartu grafis tersebut, dipastikan akan membuat tampilan grafisnya kian menawan dan tampak tajam. Nah, di sisi lain ponsel ini akan mengandalkan sistem operasi OS Android Marshmallow v6.0. Sebuah sistem operasi pada ponsel yang dikenal memiliki banyak fitur terbaru dan berkualitas serta mampu membantu kinerja permesinannya lebih ringan.

Perform Vivo Y55s

Tak ketinggalan, sektor ruang penyimpanan yang diusung perangkat ini pun memiliki kapasitas memory internal yang cukup besar, yakni sebesar 16 GB. Pihak Vivo pun menyediakan slot memory eksternal berupa microSB sebesar 256 GB. Pastinya dengan berbekal kapasitas memory internal sekaligus memory eksternal, maka aktivitas simpan menyimpan data pun akan kian tercukupi. Pasalnya, dengan keberadaan kapasitas penyimpanan internal maupun eksternal yang cukup lega tersebut, pengguna bisa menyimpan beberapa file pribadi seperti aplikasi maupun foto.

Jadi tak perlu khawatir dengan ketersediaan memory internal maupun eksternal tersebut. Karena ponsel Vivo Y55s sudah cukup memadai untuk menunjang kebutuhan dalam menyimpan file pribadi.

back to menu ↑

Kamera

Di sektor kamera pada perangkat ini, tampaknya menjadi salah satu sektor yang cukup menarik. Sebab lini kamera pada ponsel buatan vendor Vivo ini dikabarkan mengusung dual kamera dengan kemampuan resolusi cukup tinggi.

Dimana untuk kamera belakang Vivo Y55s menggunakan kamera beresolusi 13 MP yang juga dilengkapi beberapa fitur pendukung seperti Autofocus, dan LED Flash. Sehingga, kamera belakang yang dibawa ponsel ini pun diyakini bakal mampu mengambil gambar atau foto dengan hasil bidikan yang jelas, tajam, dan sangat memukau.

Kamera Vivo Y55s

Di sisi lain, kamera depannya justru mengusung resolusi yang lebih kecil dari kamera belakang, yakni sebsar 5 MP. Di sisi lain, sektor dokumentasi atau lini kamera ini pun dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Dimana fitur-fitur tersebut siap menjadi fitur pendukung olah foto. Perlu diketahui, bahwa lini kamera pada ponsel ini bisa digunakan untuk merekam.

Namun sayangnya, kualitas hasil dari rekaman videonya bisa dibilang kurang tinggi, yaitu berkemampuan 720p@30fps.

back to menu ↑

Baterai

Berada pada segmen selanjutnya, kali ini sektor baterai dari spesifikasi Vivo Y55s. Sebagai salah satu sektor penting yang memiliki fungsi sebagai sumber daya, maka tak heran jika baterai yang digunakannya pun harus memadai. Hal itu juga dilakukan oleh Vivo dimana dalam hal ini, Vivo Y55s diketahui dibekali dengan sebuah baterai Non-removable Li-Ion yang memiliki kapasitas daya 2730 mAh.

Namun apabila membandingkan antara kapasitas baterai dengan komponen yang dibawanya, nampaknya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan ponsel. Selain itu, dengan berbekal baterai yang berkapasitas cukup besar itu, maka Vivo Y55s pun bisa digunakan seharian penuh secara normal.

Nah, demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y55s. Akan tetapi, semuanya tetap tergantung dengan pilihan atau selera masing-masing konsumen. So, dengan dipakainya komponen-komponen tersebut, berapa ya kira-kira harga Vivo Y55s ini? Untuk mengetahuinya lebih lengkap tentang harga, silahkan sobat sinyaliti cek di sini.

7 Total Score
Good!

Vivo Y55s merupakan perangkat cerdas yang dibekali dengan beragam macam komponen canggih yang siap memberikan performa terbaik. seperti chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang kemudian dikombinasikan dengan prosesor canggih Quad-Core yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 1.4 GHz.

Desain
7
Fitur
7
Performa
7.5
Kamera
7.5
Baterai
7
Kelebihan
  • Membawa desain mewah, berkat balutan bahan metal pada seluruh bodinya.
  • Layar IPS LCD seluas 5.2 inchi, yang dimodifikasi dengan 2.5 D Curved Arc.
  • Didukung resolusi 720p ( HD ), yang memberikan tampilan layar cukup bening.
  • Beroprasi menggunakan OS Android v 6.0 Mrashmallow, yang memiliki kinerja smooth.
  • Didukung prosesor Snapdragon 425, CPU Quad Core 1.4 GHz.
  • RAM 3 GB yang menunjang kinerja multitasking menjadi cepat dan responsive.
  • Disokong ruang penyimpanan memory Internal 16 GB, dilengkapi microSD 256 GB.
  • Kamera utama 13 MP, Autofocus, LED flash, untuk berfotografi ditemani kamera depan 5 MP, Screen flash untuk selfie maupun chat video.
  • Baterai berkapasitas 2730 mAh, disuport Fast Charging.
Kekurangan
  • Tidak dilapisi perangkat keamanan layar.
  • Belum dilengkapi fitur keamanan Fingerprint.
  • Baterai berjenis Non-Removable /bersifat tanam.
User Rating: Be the first one!

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0