Review Vivo Y71: Smartphone Dengan Teknologi FullView Display

Sinyaliti.com – Pasca merilis smartphone Vivo V9 beberapa waktu yang lalu, kini VIVO kembali menghadirkan seri terbaru dengan spesifikasi unggulan di kelasnya. Perangkat baru mereka tersebut diberi nama Vivo Y71.

Vivo Y71 sendiri merupakan sebuah ponsel cerdas penerus keluarga Y Series yang mengusung layar rasio 18:9, atau lebih dikenal dengan sebutan tampilan penuh (FullView).

Konsep FullView yang diusungnya ini tidak lepas dari layar yang saat ini tengah menjadi trend setter. Dimana hampir semua vendor smartphone berlomba-lomba menyuguhkan layar penuh untuk menarik minat para calon pembeli.

Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan beberapa spesifikasi yang mumpuni, berkinerja handal, serta dilengkapi pula dengan beberapa fitur canggih masa kini. Apa saja itu?

Penasaran dengan keunggulan yang dimiliki Vivo Y71 ini? Berikut ulasan singkatnya.

Spesifikasi Detail Vivo Y71

Desain Vivo Y71

Mengusung konsep perangkat modern kekinian, tampilan dari Vivo Y71 menjadi sektor pertama yang menarik untuk dibahas. Dimana untuk menarik minat konsumen, desain bodi dari smartphone ini dibuat lebih elegan dengan konsep desain notch-less klasik serta mengadopsi desain minim bezel yang mengedepankan kesan mewah bagi pemiliknya.

Selain itu, dimensinya sendiri juga sangat ideal dengan ukuran 155.9 x 75.8 x 7.8 mm, sehingga akan nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Sementara itu, bentang layar yang dibawakan oleh Vivo Y71 juga cukup menggoda. Dimana smartphone ini hadir dengan mengusung diagonal layar seluas 5.99 inchi beresolusi HD+ 720 x 1440 pixels dengan kerapatan 269 ppi per inchinya.

Layar super lapang tersebut mengadopsi panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman warna mencapai 16.7 juta warna. Sehingga dapat dipastikan akan sanggup menampilkan kemampuan visual yang begitu jernih dan tajam, serta membuat nyaman dipandang mata.

Tentu saja, layar penuh dalam rasio 18:9 tersebut hadir sebagai layar FullView Display kekinian yang dilengkapi dengan Eye Care mode serta kemampuan multitouch.

Bahkan, permukaan layarnya pun telah dikemas dengan lapisan anti-gores Corning Gorilla Glass serta kaca 2.5D Curved Glass. Dengan keunggulan pada sektor tampilan visualisasi tersebut, maka akan membuatnya semakin memiliki daya tarik tinggi.

Melihat penampilan fisik dari Vivo Y71 memang terlihat cukup stylish dan menawan, meskipun dibanderol dengan harga kompetitif. Bodi smartphone ini hadir dengan material keramik yang mendapatkan finishing bertekstur lembut di bodi belakangnya.

Smartphone yang baru saja diluncurkan ini hadir dengan dua varian warna, yaitu: Gold dan juga Black.

back to menu ↑

Fitur

Beranjak ke segmen berikutnya. Pada sektor konektivitas, Vivo Y71 sudah mendapatkan dukungan jaringan 2G GSM, 3G HSDA, dan juga jaringan 4G LTE, dengan akses internet kencang dan cepat dalam speed HSPA Plus hingga LTE Cat4 150/50 Mbps yang siap mengantarkan pengguna berselancar dunia maya tanpa kendala. Sehingga aktivitas pengguna di dunia maya pun semakin lancar.

Sedangkan untuk aktivitas komunikasi, smartphone ini sudah menyediakan slot Dual SIM Card yang bisa digunakan secara bersamaan.

Vivo Y71

Tak hanya itu saja, bahkan smartphone buatan pabrik asal Negeri Tirai Bambu yang satu ini pun juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih untuk urusan konektivitas jarak dekat. Antara lain seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, Hotspot, VoLTE, GPS navigasi, Browser, hingga koneksi GPRS-EDGE.

Sementara untuk media transfer data mengandalkan fitur Bluetooth, microUSB hingga USB OTG.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan pengguna dalam menentukan titik lokasi pemetaan, maka pada spesifikasinya sudah mengandalkan sistem navigasi canggih berupa A-GPS dan GLONASS. Selain itu sejumlah fitur juga dibenamkan dalam smartphone ini seperti dukungan App Clone (Dual Social Apps), FM Radio, MP3 Player, MP4 player, dan masih banyak lagi.

Kekurangan smartphone ini hanya belum dibekali dengan fingerprint sensor dengan label harga kompetitif yang dibawakan.

back to menu ↑

Performa

Berlanjut ke sektor mesin pacu pada spesifikasi Vivo Y71. Di dalam bodinya telah ditanamkan chipset besutan Qualcomm, yakni Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dengan dukungan processor Quad-Core dalam clock speed mencapai 1.4 GHz Cortex-A53 yang memang mumpuni. Sehingga kinerja operasional yang dihasilkannya pun cukup mumpuni di kelasnya.

Apalagi prosessor 4 inti tersebut bahkan telah diperkuat oleh RAM berkapasitas 3 GB, guna membuat performanya semakin gesit dan responsif. Terutama ketika digunakan untuk menunjang aktivitas multitasking dan komputasi berbagai macam aplikasi serta game secara lancar tanpa lag.

Sementara untuk kualitas grafis yang dibawakan Y71 sendiri didukung oleh GPU Adreno 308 dalam suguhan grafis yang memang cukup halus dan menawan. Sehingga sangat cocok untuk melihat video berkualitas tinggi maupun game bergrafik tinggi.

Vivo Y71

Sementara itu, untuk sistem operasi yang digunakan, smartphone ini sudah mengandalkan OS Android Oreo terbaru yang kaya akan fitur modern. Dengan dipermanis antarmuka Funtouch OS.

Vivo Y71 juga menawarkan ruang penyimpanan internal dengan kapasitas 32 GB, yang bisa dikatakan sudah cukup memadai dan mencukupi kebutuhan pengguna untuk menyimpan file pribadi, baik aplikasi, game, maupun file sistem.

Tak sampai di situ saja, bahkan sektor penyimpanan pada smartphone ini masih bisa diperluas dengan microSD hingga 256 GB. Tentu saja, para pengguna bisa menyimpan beberapa aplikasi maupun game berkapasitas besar ke microSD ini tanpa memenuhi ruang simpan internalnya.

back to menu ↑

Kamera

Untuk urusan pemotretan, Vivo Y71 sudah dibekali dengan kamera belakang 13 MP yang dilengkapi dengan fitur pendukung seperti Autofocus, LED Flash, phase detection autofocus (PDAF) Sensor, Low Light mode, hingga bokeh mode.

Selain itu, kamera belakangnya juga sudah mendukung kemampuan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p@30fps dengan kemampuan Slow Motion Video yang menawan dan cemerlang.

Vivo Y71

Sementara untuk kamera depannya hanya mengusung kamera bersolusi 5 MP, yang juga telah dilengkapi dengan fitur Flash kamera. Meski tak setinggi kamera utama, namun dengan adanya kamera selfie ini pengguna masih tetap bisa mendapatkan hasil bidikan selfie yang cukup atraktif.

Apalagi dengan hadirnya lampu kilat tersebut, pengguna tentunya dapat lebih nyaman saat berswa-foto di tempat minim cahaya atau saat malam hari.

Tak hanya itu saja, beberapa fitur olah fotografi pun juga turut serta disematkan pada sektor ini. Antara lain seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, dan HDR. Selain itu, kamera depan Y71 ini juga sudah mendukung aktivitas video call, video chatt, hingga perekaman video selfie.

back to menu ↑

Baterai

Semua kinerja dan operasional yang ditanamkan pada perangkat ini ditenagai oleh baterai Li-Ion dengan tipe Non-removable yang memang tidak dapat dilepas. Dimana, baterai tersebut memiliki kapasitas daya yang cukup besar, yaitu 3.285mAh. Yang mana baterai ini juga sudah dilenglapi dengan fitur Quick charge serta mampu siaga mencapai 290 jam lamanya.

Tentu saja, dengan keunggulan pada sektor baterai dari spesifikasi Vivo Y71 tersebut akan membuatnya semakin dinantikan oleh para calon konsumen.

Soal harga, smartphone Android ini telah resmi dirilis oleh Vivo dengan banderol sebesar Rp 2,3 jutaan per unitnya, dimana smartphone ini juga tersedia dalam warna Gold dan Black.

 

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Vivo yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Dilepas dengan harga sekitar Rp 2 jtaan, Vivo Y71 bisa jadi alternatif menarik ponsel murah dengan layar jaman now. Konsep FullView yang diusungnya ini tidak lepas dari layar yang saat ini tengah menjadi trend setter. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan beberapa spesifikasi yang mumpuni, berkinerja handal, serta dilengkapi pula dengan beberapa fitur canggih masa kini.

Desain
7.5
Performa
7
Fitur
7
Kamera
7
Baterai
7.5
PROS
  • Harga murah dengan tampilan layar FullView.
  • Terdapat kemampuan untuk menggunakan 2 kartu SIM sekaligus.
  • Sudah support koneksi 4G LTE.
  • Sistem operasi Android v 8,0 Oreo dengan customisasi Funtouch OS 4.0.
  • Kapasitas RAM 3GB yang membuat kinerja multitasking ataupun gaming menjadi lancar.
  • Menggunakan prosesor Snapdragon 425 yang kinerjanya mumpuni dan irit daya.
  • Terdapat fitur pengamanan berupa pemidai wajah/ face recognition.
  • Kamera belakang 13 MP + Phase detection autofous dan LED Flash.
  • Meski cuma 5 MP , kamera depan Vivo Y71 mampu hailkan foto yang berkualitas.
  • Terdapat baterai 3360 mAh yang membuat ponsel tahan seharian.
CONS
  • Body dari plastik, kurang terlihat mewah.
  • Meskipun sudah ada Face Unlock , akan lebih lengkap jika ada opsi fingerprint sensor.
  • Baterainya belum dilengkapi dengan fast charging.
Add your review

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password