Review Wiko Rainbow Up: Smartphone 3G Dengan Prosesor Quad-Core 1.3 GHz

Sinyaliti.com – Pabrikan smartphone asal Perancis, Wiko Mobile, baru saja memperkenalkan produk smartphone terbaru seri Wiko Rainbow Up yang merupakan seri lanjutan dari Wiko Rainbow Lite. Dan pada seri ponsel pintarnya kali ini, Wiko memang menunjukkan bahwa mereka mampu menghadirkan unit gadget berkualitas, namun tetap dengan banderol harga yang bersahabat.

Sama seperti seri Wiko Rainbow Lite, kali ini Wiko Rainbow Up tetap di plot untuk menempati segmen smartphone kelas pemula. Meski levelnya sama dengan unit pendahulunya, namun seri smartphone terbaru dari Wiko ini tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Nah, agar tidak semakin penasaran dengan kualitas yang ditawarkan oleh Wiko lewat ponsel pintar terbarunya ini, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi Wiko Rainbow Up yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Yuk, langsung saja kita bahas bersama.

Spesifikasi Detail Wiko Rainbow Up

Desain Wiko Rainbow Up

Hadir sebagai smartphone kelas entry-level tidak membuat spesifikasi Wiko Rainbow Up di bagian eksterior hanya didesain dengan ala kadarnya. Justru sebaliknya, konsep desain eksterior Wiko Rainbow Up terlihat tidak se-mainstream smartphone yang banyak beredar di Indonesia. Jika diamati bagian luar bodinya, smartphone ini nampak hadir dengan konsep desain menarik dengan pilihan corak warna yang cerah dan atraktif.

Secara fisik, smartphone yang satu ini memiliki ukuran tubuh 143 x 71.1 x 8.4 mm dengan bobot mencapai 128 gram. Meski tubuhnya cukup bongsor, namun ternyata bobot Wiko Rainbow Up ini termasuk ringan. Dimensi fisik seperti ini menjadikan bodi Wiko Rainbow Up cukup ergonomis atau tidak terlalu ramping, namun tetap nyaman saat dioperasikan dalam genggaman.

Desain Wiko Rainbow Up

Walaupun jenis layarnya masih belum mengusung layar AMOLED, namun layar visualisasi berkualitas dari Wiko Rainbow Up telah dibekali dengan layar IPS LCD Capacitive Touchscreen 16 M colors. Layar tersebut memiliki resolusi 720 x 1280 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 267 ppi piksel density. Jika melihat besaran resolusinya yang berbekal layar 5.0 inci tersebut, tampilan visual pada smartphone ini mampu memberikan efek visual yang cukup enak untuk dinikmati.

Sedikit catatan lain, layar yang ada pada Wiko Rainbow Up ini telah dibekali dengan sistem Multitouch yang sanggup memanjakan mata dengan tampilan visual yang cukup jernih.

back to menu ↑

Fitur

Selain memiliki tampilan eksterior desain yang menarik, Wiko Rainbow Up pun didukung oleh spesifikasi yang cukup mumpuni di bagian sektor konektivitasnya serta fitur internet akses data. Smartphone Wiko Rainbow Up sendiri mengusung fasilitas Dual SIM yang bisa dioperasikan secara bersamaan. Namun sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan support jaringan 4G LTE ditengah teknologi 4G yang sedang merebak di Indonesia saat ini.  Sehingga pengguna harus puas dengan support 3G saja dari smartphone ini.

Kecepatan akses data 3G memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ponsel pintar ini masih bisa berjalan dengan kecepatan download hingga mencapai 21.1 Mbps. Sementara untuk upload, smartphone ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 5.76 Mbps.

Selain mengusung teknologi 3G, Wiko Rainbow Up pun telah dibekali dengan pilihan koneksi lain seperti GSM dan juga HSPA. Dengan bekal fitur dan teknologi yang lengkap pada spesifikasi Wiko Rainbow Up, maka komunikasi pun dijamin akan berjalan secara lancar.

Fitur Wiko Rainbow Up

Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur koneksi jarak dekat seperti WiFi 802.11 b/g/n, Hotspot, serta Bluetooth v4.0, A2DP dan juga port microUSB v2.0. Sementara pada sektor konektivitas juga disempurnakan dengan kehadiran teknologi navigasi A-GPS. Keberadaan navigasi A-GPS ini pastinya sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar bepergian atau travelling.

back to menu ↑

Performa

Pada bagian dapur pacu, Wiko memang hanya membekali smartphone terbarunya dengan komponen-komponen hardware kelas pemula saja. Meski begitu, kemampuan dan kinerja smartphone terbaru ini jelas tak bisa diremehkan. Sebagai komponen inti di ruang kendalinya, Wiko menyematkan chipset Mediatek MT6582 Snapdragon 210 sebagai prosesornya. Ini tentu menjadi kelebihan bagi Wiko Rainbow Up.

Sementara prosesor pada smartphone ini juga ditenagai oleh CPU Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A7. Clock-speed secepat 1.3 GHz memang tak terlalu kencang. Namun hal tersebut sudah mampu menghadirkan kinerja stabil pada handphone Wiko Rainbow Up ini. Dan guna semakin meningkatkan kemampuan olah datanya, Wiko pun membekali ponsel terbarunya ini dengan RAM berkapasitas 1 GB. Kehadiran RAM yang cukup besar itu tentunya mampu untuk menjalankan proses kinerja multitasking yang lancar pada ponsel.

Sedangkan pada kartu pengolah grafis, Wiko mempercayakan pengolahan grafis pada GPU Mali-400 MP2. Kehadiran kartu pengolah grafis tersebut mampu menghasilkan display atau tampilan grafis lebih menarik. Juga yang akan disuguhkan oleh smartphone Wiko Rainbow Up agar lebih lengkap dan menarik adalah dukungan platform OS Android Lollipop v.5.0 yang berjalan sempurna sebagai sistem operasi dari spesifikasi ponsel pintar ini.

Performa Wiko Rainbow Up

Sementara untuk bagian ruang penyimpanan data atau storage, Wiko Rainbow Up menawarkan dua mode penyimpanan file, yakni internal dan eksternal. Ponsel pintar seri ini dibekali dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, tentu saja kebutuhan ruang simpan untuk file-file sistem juga file-file pribadi akan sanggup terakomodasi secara baik.

Bila memori internal atau ROM seluas 8 GB itu belum cukup, smartphone ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 64 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada smartphone Wiko ini pastinya sangat berguna bagi yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Dengan tambahan eksternal memori berupa microSD, pastinya bisa lebih memaksimalkan penggunaan ruang penyimpanan file pada smartphone Wiko Rainbow Up ini.

back to menu ↑

Kamera

Walaupun tampil di jajaran smartphone kelas pemula, namun spesifikasi Wiko Rainbow Up ini tetap mendapat jatah komponen berkualitas pada lini kameranya. Kehadiran perangkat kamera modern ini pastinya akan sangat membantu penggunanya yang memang gemar memotret obyek. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, smartphone ini pun dibekali dengan sepasang kamera yang meski minimalis. Namun tetap mampu menghasilkan jepretan foto yang optimal.

Sebagai andalan utama, smartphone terbaru dari Wiko ini dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 8 MP. Kamera belakang Wiko Rainbow Up ini mampu menghasilkan jepretan foto yang cukup baik, meskipun resolusi lensanya tidak terlalu tinggi. Apalagi kamera tersebut juga didukung oleh fitur LED Flash dan juga fitur Autofocus. Selain itu, kamera tersebut juga telah dibekali dengan fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, pendeteksi wajah, panorama dan juga fungsi HDR.

Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Wiko Rainbow Up juga bisa untuk merekam video berukuran 720p@30fps. Kualitas rekaman video ini sudah cukup bagus untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah.

Kamera Wiko Rainbow Up

Kemudian kemampuan smartphone ini pada sektor fotografi juga disempurnakan dengan penggunaan kamera depan berukuran 5 MP. Dengan adanya kamera depan berukuran 5 MP tersebut, pastinya juga akan memudahkan bagi yang memiliki hobi foto selfie atau sering melakukan panggilan video call.

Jadi, meski kedua kamera yang melengkapi spesifikasi Wiko Rainbow Up pada lini kamera ini tak secanggih kamera pada ponsel premium. Namun kehadirannya sudah cukup membantu keperluan dokumentasi.

back to menu ↑

Baterai

Bagian yang tak kalah penting dari spesifikasi Wiko Rainbow Up adalah pada bagian pemasok daya atau baterai. Untuk memastikan pasokan daya berjalan lancar, Wiko pun menyematkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 2.800 mAh.

Dengan bekal baterai berkapasitas 2.800 mAh tersebut, Wiko Rainbow Up akan mampu bertahan hidup selama kurang lebih 230 jam saat digunakan stand-by di jaringan 3G. Sedangkan untuk waktu bicara atau talk time, smartphone ini bisa bertahan hingga kurang lebih 20 jam 30 menit.

Baterai Wiko Rainbow Up

Selain kapasitas baterai yang cukup besar, ternyata spesifikasi Wiko Rainbow Up pada ruang pemasok daya juga didukung oleh penggunaan baterai jenis baru, yakni baterai jenis Lithium-Polymer. Baterai jenis Li-Po ini dikenal memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion.

Nah, dengan bekal spesifikasi seperti di atas, berapa ya kisaran harga Wiko Rainbow Up di pasar smarthone Tanah Air? Silahkan kamu klik di sini untuk melihatnya.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Review HP untuk semua handphone yang ditawarkan. Klik di sini.
7 Total Score
Good!

Smartphone Wiko Rainbow Up mengusung fasilitas Dual-SIM yang bisa dioperasikan secara bersamaan. Namun sayangnya, ponsel ini hanya dilengkapi dengan support jaringan 3G saja. Kendati demikian, Kecepatan akses data 3G memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ponsel pintar ini bisa berjalan dengan kecepatan download hingga mencapai 21.1 Mbps. Sementara untuk upload, smartphone ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 5.76 Mbps. Selain itu, ponsel pintar ini juga ditenagai oleh CPU Quad-Core Cortex-A7 dengan clock-speed secepat 1.3 GHz dan fitur multimedia lainnya.

Desain
8
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
7
Kelebihan
  • Layar 5 inci.
  • Dual SIM Card.
  • Sistem operasi Android Lollipop v5.0
  • Memori internal 8 GB.
  • Slot memori eksternal 64 GB.
  • Kamera 8 MP dan 5 MP.
  • Baterai berkapasitas kuat 2.500 mAh.
  • Baterai jenis Li-Po.
  • Pilihan warna bervariasi.
  • Bobot ringan.
  • Harga terjangkau.
Kekurangan
  • Belum memiliki proteksi layar.
  • Resolusi layar standar.
  • Kecepatan CPU tak terlalu istimewa, hanya 1.1 GHz.
User Rating: 3 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0