Review Wiko Robby: Anti Terbalik dengan Teknologi 360

Sinyaliti.com – Produsen smartphone Wiko yang berbasis di Prancis kembali memperkenalkan ponsel terbaru besutannya yakni Wiko Robby. Smartphone android ini hadir sebagai phabet dengan layar yang cukup lapang dan luas serta didukung dengan bekalan kamera berkualitas. Harga Wiko Robby sendiri dilepas terjangkau untuk menyasak kalangan menengah kebawah dimana juga dibekali dengan performa yang mampu diandalkan. Bahkan Wiko Robby ini memiliki kelebihan dengan bekalan dua buah speaker menghadap depan yang memanjakan penggunanya saat mendengarkan musik.

Smartphone Wiko Robby ini sendiri diperkenalkan dan dirilis pada Mei 2016 sebagai phablet kelas menengah bawah. Banderolan harga Wiko Robby memang cukup terjangkau hanya saja belum didukung dengan koneksi 4G LTE yang menjadi kekurangan utamanya. Namun sistem pengoperasian yang berjalan dalam ponsel ini sendiri mengusung Android terbaru. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Wiko Robby

Desain Wiko Robby

Smartphone ini mempunyai banyak pilihan warna seperti space grey, gold, bleen, lime dan rose gold. Untuk proporsi smartphone tersebut, dimensi 155 x 79.1 x 100mm dengan berat 185 gram sebagai suatu keputusan yang aman untuk Robby. Meskipun smartphone tersebut termasuk tebal untuk layar 5.5 inci dan juga bezel (bingkai) yang tebal, Wiko Robby ini memang smartphone tersebut mengincar segmen kelas bawah dan kami tidak bisa mengharapkan semua yang serba tipis dan premium.

Selain itu, tombol power dan volume terletak di bagian kanan smartphone, sedangkan di bagian atas terdapat headphone jack 35mm. Hal menarik dari design Wiko Wobby adalah penggunaan double front-facing speaker seperti halnya HTC One M8. Wiko mengadopsi teknologi Aurora 3D Sound sehingga dipercayai suara yang dihasilkan akan lebih surround dan keras.

Harga, Spesifikasi, Wiko Robby

Satu lagi inovasi menarik adalah penggunaan dua microphone di bagian atas dan bawah smartphone tersebut. Jadi, sobat sinyaliti tidak perlu khawatir sisi mana yang sobat pakai untuk mendengarkan telepon. UI akan otomatis berputar menurut posisi genggaman dan alhasil suara yang dihasilkan juga akan lebih jelas dan mengurangi bising di sekitar.

Wiko Robby menggunakan layar berukuran 5.5 inci dengan teknologi IPS untuk memudahkan angle viewing dari beberapa sisi. IPS diklaim bisa mempertahankan warna yang cerah dan kontras yang tinggi dalam sudut 178 derajat. Dan juga, Wiko Robby dipersenjatai dengan tekenology Full Lamination Display seperti iPhone 6s.

Hal tersebut akan membuat warna layar yang akan semakin cerah dan terasa sangat nyata. Resolusi yang didapatkan juga tergolong standar yakni 1280 x 720 pixel dengan pixel density 267 ppi. Kami melihat keterangan yang dihasilkan cukup terang, meskipun kami tidak mendapatkan informasi seberapa besar nits.

Harga, Spesifikasi, Wiko Robby

back to menu ↑

Fitur

Tak banyak smartphone yang punya dua speaker saling berhadapan. Mayoritas smartphone hanya punya satu speaker yang digunakan untuk segala macam kegiatan multimedia. Dengan audio yang dipunyai Wiko Robby, pengalaman memutar musik maupun menonton video jadi lebih menarik, karena suaranya mampu dimaksimalkan tanpa harus menambahkan speaker ekstra.

Layar besar dan metal body merupakan suatu nilai lebih yang dicari calon pembeli dan Wiko Robby memberikan suatu opsi yang bagus. Selain itu, fungsi reversible yang unik membuat pengguna tidak usah terlalu peduli dengan posisi layar. Karena akan diubah otomatis dan juga kehadiran mic di dua posisi yang akan semakin memudahkan pengguna.Harga, Spesifikasi, Wiko Robby

Namun keluhan terbesar adalah absen-nya fitur 4G LTE di smartphone tersebut. Dewasa ini, operator dan pabrikan smartphone berlomba mensosialisasikan fitur dan kecepatan 4G LTE, jadi alangkah sayang-nya bila smartphone keluaran tahun 2016 masih belum mendukung koneksi super cepat ini.

Terimakasih untuk UI Wiko, Robby karena sobat sinyaliti akan mendapatkan fitur mode super power, sehingga sobat dapat menggunakan smartphone dengan lebih lama. Fungsi dasar seperti melakukan panggilan atau mengirim pesan akan tetap bisa dipakai walaupun baterai sudah akan habis, dan semua elemen pada background yang memakan daya baterai akan secara otomatis dimatikan. Tips dan widget akan membantumu mengerti cara untuk mengoptimisasi konsumsi baterai, kamu bahkan dapat membuat mode hemat baterai Anda sendiri.

back to menu ↑

Performa

Wiko Robby sendiri telah menggunakan OS Android versi terbaru, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Untuk kemudahan pengguna, pada smartphone ini kamu bisa memutar layar UI tidak hanya secara landscape (horisontal) tetapi juga secara 180 derajat (vertikal). Hal ini tentunya akan mempermudah, misalnya, ketika smartphone tengah di-charge tetapi kabel berada di bawah smartphone terasa kurang nyaman apalagi ketika smartphone masih digunakan. Dibawah ini merupakan tampilan antarmukanya sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Wiko Robby

Sobat sinyaliti bisa memutar secara vertikal, dan layar UI akan langsung berputar otomatis mengikuti gerakan penggunanya. Uniknya, pengguna juga tetap bisa menerima telepon walau dalam kondisi “terbalik” karena Wiko Robby ini memiliki Dual Mic untuk menanggulangi terjadinya “salah posisi” telepon.

Wiko Robby mengandalkan prosesor Quadcore besutan Mediatek dengan seri MT6580 dan mempunyai kecepatan 1.3Ghz. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 2GB dan 16GB ROM (yang bisa diexpand sampai dengan 64GB melalui SD card). Meskipun spesifikasi yang disajikan memang untuk segmen menengah ke bawah, experience smartphone tersebut terasa mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dan tidak memainkan game berat.

back to menu ↑

Kamera

Wiko Robby membekali kemampuan kamera belakang beresolusi 8MP dengan sensor CMOS yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung semacam LED flash, autofocus, touch focus, HDR, Panorama, dan Geotagging sehingga foto yang dihasilkan akan tetap maksimal jernih dan tajam, kemampuan kamera utamanya tersebut juga mampu merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps.

Harga, Spesifikasi, Wiko Robby

Namun pada jepretan foto di siang hari, kualitas yang dihasilkan cukup mumpuni karena detil objek bisa dihasilkan dengen cukup baik dan tingkat noise yang dihasilkan juga sangat sedikit. Namun, untuk pemotretan malam hari, Wiko Robby menemui kewalahan yang sering dihadapi smarpthone Android pada umumnya. Noise level yang dihasilkan lumayan cukup tinggi sehingga sedikit banyak menggangu ketajaman foto. Namun untuk kamera depan, terdapat fitur beautification yang bisa membuat senang fans sosial media.

Nah ini lah salah satu kunggulan Wiko Robby walaupun harga Wiko Robby ini terjangkau pada sisi depannya sudah tersemat kamera selfie berkekuatan 5 megapixel yang dilengkapi dengan LED Flash, sehingga berfoto selfie malam hari akan tetap terang berkat cahaya dari LED Flash.

back to menu ↑

Baterai

Salah satu fitur yang akan sangat membantu kita saat baterai nya lowbet yakni adanya fitur mode super power dimana fitur tersebut memungkinkan baterai mampu bertahan lebih lama sehingga kita masih dapat menggunakan smartphone tersebut untuk kebutuhan standar seperti mengirim pesan ataupun telepon. Wiko menyematkan baterai berkapasitas 2500 mAh berjenis Li-Polymer yang dikalim mampu bertahan selama 15 jam waktu bicara pada jaringan 3G dan 11 hari standby pada jaringan 3G.  Tertarik memilikinya sobat Sinyaliti? Klik disini untuk review yang lebih jelas dalam bentuk video. Baca Juga: Review Osmo S50F: Fitur Canggih Harga Terjangkau, klik disini

8 Total Score
Good!

Smartphone yang hadir dengan membawa layar seluas 5,5 inch ini memiliki performa yang cukup mumpuni dimana terdapat processor berkekuatan Quad Core yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 2 GB sobat Sinyaliti.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Harga Wiko Robby sangat terjangkau
  • Desain mewah dengan body metal dan nyaman dioperasikan
  • Layar jerih beresolusi HD
  • Multitasking lancar dan responsif
  • Kamera utama berkekuatan 8 MP memuaskan
  • Sangat cocok untuk selfie dengan kamera depan 5 MP+LED Flash
  • Adanya fitur Auro 3D dual speaker sangat memuaskan suaranya
  • Terdapat fitur menarik seperti Upsidedown dan mode super oiwer untuk hemat daya
CONS
  • Belum mendukung jaringan 4G LTE
  • Baterai tidak dapat dilepas
  • Layar belum dilapisi kaca Gorilla Glass
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0