Review Xiaomi Mi 5c: Tampil Premium Andalkan CPU Surge S1 Buatan Sendiri

Sinyaliti.com – Vendor asal Tiongkok, Xiaomi, disebut-sebut akan memproduksi seri terbarunya dari serie Mi 5 yang bernama Xiaomi Mi 5c. Beberapa bocoran terkait ponsel yang satu ini pun sudah tersebar luas di internet tentang spesifikasinya yang mumpuni dan berkualitas. Yang mana dalam penggunaan hardware-nya akan cukup membuat kinerja dari ponsel ini begitu sempurna. Meskipun bocoran tersebut belum lengkap, namun cukup menarik perhatian publik. Sehingga banyak penggemar produk-produk murah Xiaomi tak sabar menantikan kehadiran Xiaomi Mi 5c ini. Terlebih lagi, ada juga beberpa fitur dan juga kemampuan lain yang siap membuat ponsel ini semakin terlihat gahar.

Selain itu, smartphone Xiaomi Mi 5c ini juga kabarnya mengusung spesifikasi yang menarik pada bagian kamera yang mampu menghasilkan jepretan foto berkulitas. Kehadiran piranti kamera itu tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang hobi mengabadikan momen.

Nah, sobat sinyaliti.com, seperti apa kelebihan ponsel ini? Berikut ulasan spesifikasi Xiaomi Mi 5c di bawah ini.

Spesifikasi Detail Xiaomi Mi 5c

Desain Xiaomi Mi 5c

Melihat bagian depan body, Xiaomi Mi 5C menggunakan layar JDI dengan bezel yang utra tipis, ukurannya hanya 1.66 mm saja. Namun sayangnya, layar tersebut belum berkapasitas Quad HD. Meski demikian, tak perlu khawatir soal ketajaman layar tersebut. Karena kerapatan piksel layarnya beresolusi Full HD 1080 x 1920 piksel yang dilengkapi dengan teknologi In Plane Switching dengan kerapatan 424 ppi. Kemudian dioptimalkan oleh teknologi layar terbaru LED Technology capacitive touchscreen seluas 5.2 inci dengan kekayaan 16 juta warna dan 2048 tingkat penyesuaian kecerahan layar. Alhasil, tampilan gambarnya terlihat sangat bening dan juga jernih walaupun di bawah terik matahari.

Tak ketinggalan, tersedia pula lapisan scratch resistant Corning Gorilla Glass 4, sehingga layar lebih aman terhadap berbagai goresan dan benturan. Kehadiran antarmuka MIUI8 pun semakin membuat tampilan Xiaomi Mi 5c menjadi lebih menarik.

Desain Xiaomi Mi 5c

Di sisi lain, terdapat sensor pemindai sidik jari yang responsif dan sangat akurat, yang disematkan pada tombol “Home”. Namun menariknya, smartphone Xiaomi Mi 5 ini tetap didesain premium dengan mengadopsi frame berbahan metal yang didesain kokoh dan sangat tipis. Tebalnya hanya 7.3 mm saja, sedangkan untuk bobotnya mencapai 129 gram. Sementara bodinya berdimensi 144.6 x 69.2 x 7.3 mm. Sehingga memberikan tampilan yang besar dan pegangan tangan yang lebih nyaman.

Kemudian pada bagian belakangnya juga dihiasi lapisan material ceramic bertipe Nano-Ceramic Zirconia yang berbentuk melengkung. Material tersebut bukanlah ceramic yang sering kita jumpai pada perabotan rumah tangga. Namun cermin khusus yang memiliki tekstur layaknya marmer, dan memiliki ketahanan lebih baik terhadap goresan ataupun benturan. Sementara kehadiran antarmuka MIUI8 juga semakin membuat tampilan Xiaomi Mi 5c menjadi lebih menarik.

back to menu ↑

Fitur

Dari sisi konektivitas, Xiaomi Mi 5c sudah dibekali dengan fitur-fitur yang lumayan lengkap. Misalnya saja kehadiran dua slot kartu SIM yang akan membuat aktivitas komunikasi menjadi lebih mudah. Dukungan slot Dual SIM ini menawarkan akses jaringan internet 3G, yaitu GSM dan HSPA.

Selain itu, Xiaomi Mi 5c juga menawarkan teknologi akses internet 4G LTE terbaik saat ini, yaitu teknologi LTE Category 12 yang mampu mendownload hingga 150 Mbps dan mengunduh sebuah file hingga 50 Mbps.

Fitur Xiaomi Mi 5c

Xiaomi Mi 5c juga menghadirkan fitur-fitur konektivitas jarak dekat seperti WiFi 802.11, Dual-Band, WiFi Direct, dan Hostpot. Tak ketinggalan, teknologi A-GPS, GLONASS, dan BDS juga turut disematkan untuk navigasinya, karena memiliki akurasi yang tinggi.

Sedangkan bagi yang ingin bertukar data, bisa menggunakan Bluetooth v4.2, A2DP, LE, dan port USB Type-C 1.0 reversible connector sebagai media konektivitasnya. Menariknya lagi, sudah ada teknlologi VoLTE serta NFC untuk melengkapi kehebatan ponsel flagship ini. Namun hal tersebut tidaklah mengapa, karena pada dasarnya fungsi dari NFC sendiri belumlah terlalu efektif pada masa sekarang ini.

back to menu ↑

Performa

Mengenai dapur pacunya, Xiaomi Mi 5c terlihat cukup tangguh dengan performanya. Karena ditenagai oleh sebuah chipset dimana di dalamnya mengusung 2 prosessor Quad Core 2.2 Ghz dan Quad Core 1.4 Ghz yang dijalankan pada arsitektur 64Bit sepaket dengan GPU Mali T860MP4. Terlebih lagi RAM sebesar 3 GB turut serta melengkapi dapur pacu. Dengan ketiga hardware tersebut dijamin membuat multitasking bakal berjalan lancar dan responsive.

Sementara untuk mengoptimalisasi performa yang ada, Xiaomi menjalankan smartphone Mi 5c ini pada chipset CPU buatan perdana Xiaomi sendiri, yaitu Surge S1 yang dibalut antarmuka MIUI 8. Dijamin, ponsel mampu melibas semua game yang diinstal ke dalamnya. Bahkan sekalipun yang dijalankannya adalah game berbobot.

Performa Xiaomi Mi 5c

Sementara untuk memenuhi kebutuhan ruang simpan data, Xiaomi Mi 5c dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal ini tentunya sudah lumayan besar dan mampu menyediakan ruangan yang leluasa untuk menyimpan file sistem dan file pribadi koleksi.

Sayangnya, Xiaomi tidak menyediakan slot microSD, sehingga ruang penyimpanannya tidak bisa diperluas lagi. Absennya slot microSD tentu menjadi nilai minus bagi Xiaomi Mi 5c ini, karena kebutuhan untuk menyimpan file-file berukuran besar pun menjadi terbatas.

back to menu ↑

Kamera

Untuk kebutuhan foto, Xiaomi Mi 5c akan menghadirkan kamera depan 5 MP dengan lebar aperture f/2.2 dan lensa wide angle 27 mm yang sangat optimal ketika dipakai berfoto selfie. Tak hanya itu, kamera depan ini juga didukung dengan fitur-fitur kamera modern seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama untuk menunjang kebutuhan dokumentasi. Hadirnya fitur-fitur kamera modern ini tentu akan dapat memberikan pengalaman yang mengesankan saat menggunakannya sebagai media foto selfie atau video call. Walau pada kondisi ruangan rendah cahaya ataupun di malam hari sekalipun.

Selain itu, ponsel pintar ini juga menyertakan fitur Beautify dan kemampuan merekam video hingga resolusi Full HD 1080p@30fps, yang akan membuat hasil video semakin menarik.

Kamera Xiaomi Mi 5c

Sementara pada kamera bagian belakangnya, Xiaomi Mi 5c menawarkan dukungan kamera yang berkualitas dengan lensa beresolusi 12 MP dan memakai lensa Wide Angle 27 mm. Selain itu, kameranya juga memiliki lebar aperture f/2.2 dan diperkuat dengan berbagai macam fitur mempuni. Mulai dari adanya fitur Phase Detection Autofocus dan LED Flash yang akan menjadikan hasil foto menjadi semakin jelas dan jernih. Sayangnya, kamera tersebut hanya mampu merekam video Full HD.

back to menu ↑

Baterai

Kemudian untuk urusan suplai daya, telah terpasang baterai berkapasitas 2.860 mAh yang mendukung fitur Fast Charging dengan output charger 9V/2A. Sehingga pengisian daya baterai dari Xiaomi Mi 5c ini bisa dilakukan dengan cepat.

Baterai Xiaomi Mi 5c

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dicatat dari Xiaomi Mi 5c. Xiaomi memang sudah terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas, tak terkecuali produk smartphone Xiaomi Mi 5c ini.

Lalu berapa kira-kira harga dari smartphone Xiaomi Mi 5c ini? Menjelang peluncurannya, bocoran harga untuk Xiaomi Mi 5C telah beredar secara online malalui sebuah screenshot. Namun karena ini masih berupa bocoran, belum dapat dipastikan kebenaran dari bocoran harga tersebut. Nah, untuk mengetahuinya, sobat sinyaliti.com bisa klik di sini.

8 Total Score
Good!

Xiaomi Mi 5c merupakan seri terbaru dari serie Mi 5. Hardware Xiaomi menggunakan CPU Surge S1, yaitu merupakan buatan perdana Xiaomi sendiri. Surge S1 sendiri mempunyai konstruksi Quad-Core 4×2.2 GHz & 4×1.4GHz dan GPU Mali T860MP4. Terlebih lagi, ada beberpa fitur dan juga kemampuan lain yang siap membuat ponsel ini semakin terlihat gahar.

Desain
7
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Smartphone mengadopsi chipset buatan Xiaomi yang memiliki performa powerfull dan konsumsi daya sangat rendah.
  • Kinerja chipset Xiaomi Surge S1 telah dioptimalkan oleh RAM 3 GB dan memori internal 64 GB.
  • Tersedia sistem operasi Android v6.0 (Marshmallow) dengan antarmuka MIUI 8.
  • Memiliki layar beresolusi Full HD yang dibentangkan seluas 5.15 inci dengan lapisan kaca 2.5D Curved Glass Screen.
  • Dirancang dengan desain sangat tipis dan bodinya terbuat dari material metal yang ringan.
  • Memiliki kamera belakang 12 Megapixel dengan kemampuan low light sangat baik.
  • Untuk selfie, tersedia kamera depan 8 Megapixel dengan fitur Beauty.
  • Mendukung fitur Fast Charging dengan baterai berkapasitas cukup besar.
  • Tersedia fitur fingeprint sensor dan beragam sensor lainnya yang tergolong sangat lengkap.
  • Harga Xiaomi Mi5c dibanderol sangat terjangkau.
CONS
  • Smartphone ini belum dilengkapi slot memor eksternal.
  • Layarnya belum dilindungi Corning Gorilla Glass.
  • Baterainya tidak bisa dilepas.
  • Smartphone ini belum bisa merekam video 4K.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0