Review Xiaomi Mi 6: Hadir Dengan Desain Premium dan Bezer Tipis

Sinyaliti.com – Tak bisa dipungkiri, Xiaomi memang pantas dibilang sebagai produsen yang paling rajin menciptakan smartphone dengan performa mumpuni. Namun ditawarkan dengan harga yang terjangakau. Bahkan produk-produknya selalu ditunggu-tunggu inovasinya untuk setiap smartphone terbarunya. Ya, sepak terjang Xiaomi dalam industri smartphone di Indonesia memang tak bisa dibilang “anak baru” lagi. Karena sebelumnya mereka sudah banyak meluncurkan jajaran smartphone flagsip-nya ke Indonesia. Dan banyak tanggapan positif yang didapat. Dan untuk semakin meningkatkan kualitas produknya, kini Xiaomi kembali menghadirkan jajaran smartphone-nya ke Indonesia. Yang tentunya dengan spesifikasi cukup menggoda bernama Xiaomi Mi 6.

Hadir dengan banyak pilihan warna seperti hitam, putih, silver, abu-abu, gold, dan biru. Nah, bagi kamu sobat sinyaliti yang penasaran dengan smartphone windows ini, berikut ini kami akan memberikan referensi beserta spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Xiaomi Mi 6

Desain Xiaomi Mi 6

Kabar mengenai desain Mi 6 garapan Xiaomi itu tampaknya mulai mencuat setelah untuk pertama kalinya muncul di salah satu platform sosial media terkemuka di Weibo. Di dalam unggahan tersebut tampak bagaimana desain dari Xiaomi Mi 6. Penampilan Xiaomi Mi 6 terlihat sangat premium. Dengan balutan material stainless steel, desain Mi 6 terlihat semakin mewah. Satu hal yang menarik dari desain Mi 6 adalah, kedua pinggirnya didesain dengan bezel yang sangat tipis. Namun cukup nyaman ketika dalam genggaman dan terasa lebih ramping berkat adanya desain bodi belakangnya yang melengkung di keempat sisinya.

Pada bagian bawah layar terdapat tombol “Home”. Tombol “Home” ini memiliki peran ganda sebagai sensor pemindai sidik jari dan tombol menu utama. Sementara pada bagian belakang bodi hanya ada logo Xiaomi dengan dual-tone LED flash.

Desain Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi6 sendiri memiliki layar berukuran 5.15 inci dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel dan kerapatan layar 570 ppi. Layar ini juga menggabungkan teknologi yang memungkinkan rentang kecerahan dimulai dari tingkatan yang jauh lebih rendah. Hal ini dikarenakan layar Mi 6 memiliki 4096 rentang kecerahan yang dapat disesuaikan pada 0.15nit per level, dibandingkan dengan perangkat yang memiliki 256 rentang kecerahan yang hanya berubah 2,3nit per level. Berbekal layar besar ini tentunya semakin mengasyikan ketika dipakai untuk bermain game, menonton film, browsing, ataupun kebutuhan mobile lainnya. Tak hanya itu, terdapat juga pelindung layar Corning Gorilla Glass 4 serta fitur 3D Touch Display.

Perubahan yang sangat dirasakan dari sektor desain adalah dengan dihilangkannya lubang jack audio 3,5 mm pada bodi. Dan sebagai penggantinya, Mi 6 menyediakan earphone bawaan berbasis USB Type-C.

back to menu ↑

Fitur

Sebagai smartphone masa kini, kehadiran Xiaomi Mi 6 memang sengaja didesain untuk menyasar para konsumen di kelas atas, sehingga spesifikasi yang dibawanya pun memang tidak main-main. Tak hanya mengusung desain yang mewah, perangkat ini pun dilengkapi dengan komponen-komponen yang canggih.

Hal ini karena ponsel sudah didukung dengan teknologi jaringan terbaik saat ini, yaitu 4G LTE yang mampu mendownload data berkecepatan 150 Mbps dan upload data berkecepatan 600 Mbps. Selain 4G LTE, pengguna pun masih bisa menggunakan beberapa jaringan lainnya seperti GSM, CDMA, HSPA, dan EVDO. Ada juga fitur konektivitas jarak dekat seperti fitur NFC serta Bluetooth v5.0 yang melengkapi konektivitas nirkabel Mi 6, WiFi direct, A2DP, LE, Type-C 1.0 reversible connector, DLNA, serta Hotspot yang bermanfaat untuk mendukung internet sharing. Smartphone ini juga mengadopsi teknologi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band serta navigasi GPS (A-GPS, Glonass, Beidou). Dengan kata lain, fitur konektivitasnya termasuk lengkap serta bisa diandalkan untuk memenuhi semua keperluan mobile.

Fitur Xiaomi Mi 6

Pada sistem navigasinya, spesifikasi Xiaomi Mi 6 dibekali dengan teknologi A-GPS, GLONASS, dan BDS. Sehingga penguncian lokasi bisa dilakukan dengan akurasi tinggi. Tak sampai disitu saja, ponsel juga sudah dilengkapi dengan Fingerprint sensor atau sensor sidik jari untuk lebih menjaga keamanannya, jadi kamu akan dapat membuka kunci smartphone dengan sekali sentuhan saja.

back to menu ↑

Performa

Untuk sektor dapur pacu, Xiaomi Mi 6 ini dibekali dengan komponen gahar yang hanya dipakai oleh beberapa smartphone berkelas saja seperti perangkat terbaru Samsung Galaxy S8. Xiaomi Mi 6 mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.1.1 yang kaya akan ketersediaan fitur baru serta interface MIUI 8. Fitur canggih ini akan meningkatkan performa Xiaomi Mi6 menjadi lebih stabil dan lebih cepat.

Selanjutnya, Mi 6 ditenagai chipset flagship terbaru, yaitu Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. Sementara itu, Chip yang tersemat pada Xiaomi Mi 6 ini juga akan dipadukan dengan processor Octa-Core dengan konfigurasi (Quad Core 2.45 Ghz Kryo dan Quad Core 1.9 Ghz Kryo). Jadi kita tak perlu lagi meragukan performa multitasking dan mobile gaming dari smartphone ini. Tak ketinggalan untuk urusan pengolahan grafis, perangkat ini disemati dengan kartu grafis GPU Adreno 540 yang selain untuk mendukung konten visual 3D juga lebih efisien dalam penggunaan energi.

Performa Xiaomi Mi 6

Sektor ini juga didukung dengan dua opsi memori internal, yaitu versi 64 GB dan 128 GB. Lalu ada pula dua varian RAM berukuran besar, yaitu 4 GB dan 6 GB, yang membuat performa smatphone ini semakin power full. Sehingga bisa menjalankan berbagai macam aplikasi dan game dengan lancar.

Semua komponen dapur pacu tersebut telah terpasang pada Xiaomi Mi 6. Sayangnya, smartphone ini belum dilengkapi slot memori eksternal, sehingga semua file harus disimpan ke dalam memori internal ataupun memakai media penyimpanan portable, seperti flash disk yang nantinya terhubung ke konektor USB Type-C.

back to menu ↑

Kamera

Salah satu hal yang paling mengejutkan dari Xiaomi Mi 6 adalah adanya fitur setup Dual Kamera yang ada pada kamera bagian belakang. Pada piranti kamera ini, Xiaomi Mi 6 menghadirkan kamera beresolusi 12 MP yang juga memiliki aperture f/1.8. Konfigurasi ini berguna untuk mengambil gambar dengan efek depth of field (blur pada background) dan juga memberikan perspektif yang lebih luas. Dan tentunya akan sanggup memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone ini yang suka sekali dengan aktivitas fotografi.

Kamera Xiaomi Mi 6

Kecanggihan lain dari sektor kamera Xiaomi Mi 6 adalah adanya 2x Optical Zoom Lossless dan 10x Digital Zoom, sehingga kamu bisa mengambil gambar lebih jelas meski dari kejauhan. Kehadiran fitur OIS 4-axis, Built-in Accelerometer serta Giroskop juga sangat membantu dalam memberikan kualitas video yang lebih stabil.

back to menu ↑

Baterai

Pada urusan sektor daya, Xiaomi Mi 6 dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar di dalamnya, yakni 3.350 mAh, untuk menopang segala spesifikasinya yang dipenuhi dengan komponen-kompen canggih. Lengkap dengan fitur berteknologi Quick Charge 3.0 untuk mempercepat proses pengisiannya. Meski cukup besar, namun perlu diingat bahwa chipset yang digunakan termasuk hemat daya, sehingga ketahanan baterai menjadi semakin lama. Namun khusus untuk pengisian daya baterai ini, Xiaomi juga menyediakan port USB Type-C yang bisa dipakai bolak balik, karena memiliki sisi yang sama.

Belum diketahui secara pasti berapa harga Xiaomi Mi 6 ini. Namun berdasarkan info yang beredar, ponsel ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 5 jutaan. Sementara untuk harga-harga handphone Xiaomi lainnya, bisa klik di sini.

8 Total Score
Good!

Smartphone Xiaomi Mi 6 baru saja hadir di Indonesia dengan balutan material stainless steel yang mewah. Memiliki layar berukuran 5.15 inci, ponsel ini sudah didukung dengan teknologi jaringan terbaik kelas atas seperti sistem operasi Android Nougat 7.1.1 yang kaya akan ketersediaan fitur baru.

Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Penampilan mewah,berkat seluruh body dibalut bahan metal allumunium.
  • Mendukung kemampuan dual-SIM stanby, yang dapat dioprasikan secara bersamaan.
  • Didukung akses internet super ngebut, dengan koneksi jaringan 4G LTE.
  • Dilengkapi Fingerprint Scanner, untuk keamanan data sipengguna.
  • Layar IPS LCD seluas 5.5 inchi, yang cocok buat main game maupun nonton youtube.
  • Didukung resolusi layar Quad HD ( 1440p ), yang memberikan tampilan jernih.
  • Dilengkapi Cornning Gorilla Glass 4 sebagai pelindung layar.
  • Sistem oprasi OS Android v 6.0 Marshmallow, yang menawarkan ribuan aplikasi dan fitur-fitur baru.
  • Didukung prosesor Snapdragon, CPU Quad Core, yang memiliki kinerja powerfull.
  • RAM 6 GB, yang melancarkan multitasking.
  • Memory Internal 64 GB, dilengkapi microSD 256 GB, yang dapat menyimpan banyak aplikasi.
  • Kamera utama 16 MP, PDAF, Dual-LED flash, yang didukung perekam video 1080p (full HD).
  • Kamera depan 8 MP, cocok untuk selfie.
  • Dilengkapi fitur Fast Charging / Pengisian kilat.
CONS
  • Kamera depan minim LED flash / Scren flash, kurang mendukung selfie di tempat gelap.
  • Baterai Non Removable / Tidak bisa dilepas, yang merepotkan bila HP Eror.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0