Review Xiaomi Redmi 3s Prime: HP Performa Terbaik dengan Budget Irit

Sinyaliti.com – Brand smartphone asal China semakin diminati oleh konsumen Indonesia, karena kualitasnya terbukti sangat baik, dan bisa disejajarkan dengan brand besar sekelas Samsung, LG, ataupun Sony. Nah, salah satu vendor smartphone terbesar dari China adalah Xiaomi. Nama Xiaomi semakin melekat dihati masyarakat Indonesia, pasalnya mereka menawarkan smartphone murah dengan kualitas sangat baik. Selain itu, smartphone buatan Xiaomi juga dibekali spesifikasi sangat tinggi dan membawa beragam fitur canggih yang membuatnya tetap terjangkau. Salah satu Hp Xiaomi yang menarik adalah Xiaomi Redmi 3s Prime.

Smartphone ini memiliki desain premium yang didalamnya telah terpasang komponen dapur pacu powerfull, serta memiliki fitur fingerprint sensor yang ditempatkan pada casing bagian belakang. Tak hanya itu, Xiaomi juga memberikan kamera beresolusi tinggi yang siap memanjakan penggunanya ketika selfie ataupun merekam video. Masih banyak lagi fitur menarik yang ada didalamnya, dan untuk melihat satu persatu fiturnya, silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 3s Prime berikut ini sobat Sinyaliti.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi 3s Prime

Desain Xiaomi Redmi 3s Prime

Desain xiaomi redmi 3s memang tak terlalu mewah, namun terlihat simpel dan nyaman di genggam berkat bobot nya yang ringan. Body Hp Xiaomi Redmi 3S Prime ini lumayan kokoh karena telah menggunakan bahan metal alumunium alloy yang terbukti lebih kuat di bandingkan body berbahan plastik.

Redmi 3s juga mengusung layar 5 inchi yang pas dan nyaman di operasikan dengan satu tangan, tak hanya nyaman, layar Xiaomi Redmi 3S Prime tersebut juga mampu menampilkan gambar yang jernih dan tajam berkat resolusi HD serta teknologi IPS resolusi HD 1280 x 720 pixel. Kepadatan layarnya sendiri mencapai 294 ppi.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Selain itu, smartphone ini juga dibalut bodi full metal dengan ukuran dimensi (PxLxT) berukuran 139.3 x 69.6 x 8.5 mm. Balutan bodi metal yang dimilikinya tetap membuat Redmi 3s Prime nyaman digenggam, karena bobotnya hanya 144 gram saja. Inilah salah satu kelebihan Redmi 3s Prime yang tak dimiliki rival-rivalnya, sehingga smatphone ini bisa menjadi salah satu pilihan utama bagi anda yang mencari smartphone premium dengan harga terjangkau.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Satu hal yang membedakan smartphone ini, secara fisik dengan Redmi 3, selain hilangnya tekstur unik di bagian belakang, adalah sensor fingerprint. Ya, Redmi 3 Prime ini dilengkapi dengan sensor fingerprint berbentuk bulat yang diletakkan di bodi bagian belakang. Sensor di bagian belakang akan memudahkan pengguna melakukan unlock smartphone saat memegangnya.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Namun, saat perangkat tengah berada di atas meja, posisi sensor di belakang membuat pengguna mau tidak mau harus memegang dan mengangkatnya terlebih dahulu sebelum bisa meng-unlock perangkat.

Xiaomi Redmi 3s Prime

back to menu ↑

Fitur

Dengan harga yang cukup menggoda, Xiaomi Redmi 3S Prime termasuk ponsel dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang bersahabat di kantong. Pada sektor konektivitas, Xiaomi Redmi 3s Prime dilengkapi Dual SIM tipe Hybrid (micro + nano/microSD) sehingga kamu dapat menggunakan microSD pada slot SIM keduanya. Jenis konektivitas yang dapat digunakan pada ponsel ini diantaranya 4G w/ VoLTE, 3G HSPA+, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS + GLONASS, dan USB OTG.

Storage yang digunakan juga lebih besar dari Redmi 3, yaitu 32 GB. Kapasitas ini bisa dibilang sudah memadai untuk berbagai kebutuhan umum saat ini, seperti menyimpan file-file multimedia untuk penggunaan sehari-hari. Namun, pengguna yang butuh lebih dari 32 GB harus mengorbankan penggunaan SIM #2, karena slot Micro SD di smartphone ini merupakan slot hybrid dengan SIM #2.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Xiaomi juga menyertakan sensor fingerprint di smartphone ini, yang sayang fungsinya benar-benar terbatas pada keamanan saja. Tidak ada fitur tambahan yang disematkan Xiaomi untuk sensor fingerprintnya. Selain fingerprint, Xiaomi juga melengkapi smartphone Redmi 3 Prime dengan beberapa sensor lain, yaitu accelerometer, gyro, proximity & light, serta orientation/compass.

Satu hal yang cukup disayangkan, Redmi 3 Prime ini pada dasarnya merupakan Redmi 3 Pro tanpa fitur konektivitas 4G. Ya, smartphone ini hanya mendukung jaringan seluler hingga 3G saja. Xiaomi juga melengkapi smartphone ini dengan koneksi WiFi B/G/N, dan Bluetooth 4.1. Terdapat juga infrared untuk mendukung fitur remote, serta fitur Radio FM. Hp ini sudah di lengkapi dengan port infrared yang terletak di bagian atas body, infrared ini dapat di jadikan remot kontrol TV, kipas, AC dan benda elektronik lain nya melalui aplikasi MI Remote yang sudah ter install secara default

back to menu ↑

Performa

Xiaomi Redmi 3s Prime

Xiaomi Redmi 3S Prime menggunakan antarmuka MIUI 7 yang di install pada Android Marshmallow 6.0. Sebelumnya, sebagian fans Xiaomi memperkirakan ponsel ini akan menggunakan MIUI 8 terbaru, namun sayangnya Xiaomi memutuskan untuk menggunakan MIUI 7 terlebih dahulu dan memasang MIUI 8 dengan menggunakan update. Sama seperti smartphone Xiaomi pada umumnya, ponsel ini juga memiliki antarmuka yang terkesan adem, nyaman di mata. Efek transisi dan animasi yang dimuncuklan juga sangat lancar tanpa hambatan.

Xiaomi Redmi 3S Prime ditenagai oleh prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 430 yang mampu mencapai kecepatan 1.4 Ghz Cortex A53 dengan chipset buatan Qualcomm seri MSM8937 Snapdragon 430. Meskipun jenis chipset dan speed clock CPU yang di usung hp ini lebih rendah daripada redmi 3 pro namun performa yang di tawarkan cukup memuaskan dengan kecepatan dan responsivitas yang patut di acungi jempol.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Sedangkan untuk urusan grafis, Xiaomi menggunakan GPU Adreno 505. Xiaomi juga telah menanamkan memory RAM sebesar 3 GB dan memory penyimpanan internal sebesar 32 GB (eMMC 5.0). Kapasitas penyimpanan yang ia miliki masih dapat kamu tambahkan dengan menggunakan microSD.  Selain itu, Xiaomi Redmi 3 Prime juga dibekali dengan fitur tambahan berupa sensor sidik jari.

Berikut Daftar hasil tes Game HD yang di lakukan oleh channel C4ETech melalui video review gaming di youtube.

  • Unkilled, Mortal kombat X dan N.O.V.A 3 berjalan dengan lancar, smooth dan tanpa lag.
  • Modern combat 5 dan Assasins Creed identity dapat dimainkan dengan lancar namun terjadi penurunan frame rate.
back to menu ↑

Kamera

Xiaomi Redmi 3s Prime

Untuk mengabadikan gambar, Xiaomi Redmi 3S Prime membekalinya dengan kamera utama 13 megapiksel dan phase detection auto-focus (PDAF) serta kamera depan 5 megapiksel. Pada sektor fotografi, Redmi 3S Prime dipersenjatai oleh kamera 13 megapixel di bagian belakangnya yang sudah dilengkapi dengan LED flash dan fitur pendukung yang dapat membantu hasil jepretan menjadi lebih bagus, seperti auto fokus yang cepat, mode HDR, pengaturan manual (ISO & WB) dan lain nya.

Dibagian depan, ia memiliki kamera 5 megapixel dengan lensa f/2.2 yang dapat digunakan untuk berselfie ria dan video call. Kedua kamera yang ia miliki mampu merekam video dengan kualitas Full HD 1080p. Pada kamera depan dan belakang hp ini mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dengan resolusi 1080p@30fps (Full HD). Perekam video hp ini juga memiliki mode slow motion dan time lapse, saat merekam video, auto fokus nya berkeja dengan cepat. Namun sayang nya hasil video ini kurang stabil jika terlalu banyak bergerak. Nah, Foto dibawah ini merupakan Hasil Foto Xiaomi Redmi 3s Prime, sobat sinyaliti.

Xiaomi Redmi 3s Prime

Foto dibawah ini juga merupakan Hasil Foto Xiaomi Redmi 3s Prime.

back to menu ↑

Baterai

Salah satu hal yang diunggulkan pada smartphone Redmi generasi ketiga adalah baterainya yang memiliki kapasitas besar mencapai 4.100 mAh. Hal ini membuat Redmi 3s dapat bertahan selama dua hari dengan penggunaan biasa, terutama dengan sistem tingkat optimasi terbaru dari Xiaomi. Sementara itu, daya baterainya dapat diisi dengan cepat berkat adanya fitur Quick Charging. Hmm.. mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi Xiaomi Redmi 3S Prime melalui video, klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

8.5 Total Score
Good!

Redmi 3s Prime merupakan seri smartphone Xiaomi yang memiliki harga terjangkau dengan spesifikasi hardware yang tinggi pada kelasnya. Meskipun Xiaomi Redmi 4 sudah dirilis di Cina, namun popularitas Xiaomi Redmi 3s Prime sangat tinggi di Indonesia. Sejak diperkenalkan pada bulan Agustus 2016 lalu, namanya terus melambung dan masuk dalam daftar smartphone terpopuler. Tertarik memilikiny sobat sinyaliti? 😉

Desain
8
Performa
8
FItur
8
Kamera
8
Baterai
8.5
PROS
  • Harga Xiaomi Redmi 3s Prime dibanderol sangat murah
  • Memiliki bodi metal yang terlihat premium dan berkesan lebih mewah
  • Telah dilengkapi sensor sidik jari pada bodi bagian belakang
  • Dapur pacu powerfull dengan hadirnya Chipset Snapdargon 430, CPU Octa Core, dan GPU Adreno 505
  • Mengusung kamera utama 13 Megapixel dengan fitur PDAF, dan kamera depan 5 Megapixel berkualitas tinggi
  • Memiliki Ram berkapasitas 3GB dan Internal 32GB
  • Baterai berkapasitas besar dengan fitur fast charging
  • Konektivitas cukup lengkap, dan mendukung Dual Sim serta 4G LTE
CONS
  • Baterai tidak bisa di lepas
  • Layarnya belum beresolusi Full HD dan belum dilindungi kaca Corning Gorilla Glass
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0