Review Xiaomi Redmi 4A: Varian Termurah dengan Spesifikasi Mumpuni

Sinyaliti.com -Xiaomi nampaknya tidak ingin kehilangan pasar mereka pada sektor smartphone. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya trio Redmi 4 di pasaran, demi bersaing sengit dengan para kompetitornya. Mengandalkan build quality yang apik dengan jeroan yang mumpuni, varian Xiaomi Redmi 4A ini berhasil menarik perhatian para pencari smartphone Android murah, dengan kustomisasi yang beragam. Secara desain memang Redmi 4A ini tidak nampak perubahan yang sangat signifikan dari pendahulunya.

Baik peletakan tombol fisik maupun kamera dan tombol kapasitif yang ditanamkan. Begitu juga dengan tekstur bodi smartphone ini, yang sama licinnya. Namun Meski dibalut dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, Redmi 4A ini telah disokong dengan jeroan yang lebih mumpuni, untuk sebuah smartphone entry level. Di sini chipset Qualcomm Snapdragon 425 berhasil menyuguhkan performa yang menajubkan. Untuk ber-multitasking, bermain game, serta aktifitas harian lainnya bukan masalah untuk Redmi 4A ini. Untuk mengetahui spesifikasinya dengan lebih jauh, yuk simak ulasannya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi 4A

Desain Xiaomi Redmi 4A

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi Redmi 4A memiliki bodi berbalut metal yang tampak elegan dan mewah. Xiaomi tak segan-segan melengkapinya dengan desain premium yang tak dimiliki smartphone sekelasnya. Secara keseluruhan smartphone ini memiliki bodi berukuran panjagn 139.5 mm, lebar 70.4 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Sedangkan bobotnya sekitar 131.5 gram, sehingga nyaman dalam genggaman dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Tak hanya itu, smartphone ini juga memiliki layar berukuran 5 inci.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Layar Redmi 4A telah mengadopsi panel IPS (In-Plane Switching). Namun layar tersebut belum mengadopsi kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen yang sebelumnya digunakan pada Redmi 4 standar dan Redmi 4 Prime. Ketajaman layarnya tak perlu diragukan lagi, meski belum dilapisi kaca 2.5D, namun layar Redmi 4A memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels, sehingga kerapatan pixelnya mencapai 294 ppi.

 

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi Redmi 4A menawarkan fitur sensor sidik jari yang ia tempatkan dibagian cover belakangnya. Sama seperti Xiaomi Redmi 4. Jika dari segi ukuran desainnya.  Pada bagian depan terdapat layar seluas 5 inci, lalu ada sebuah kamera depan dengan kekuatan 5 megapiksel, earpiece, serta tombol kapasitif. Tata letak tombol kapasitift tersebut juga mirip dengan pendahulunya. Hanya saja Xiaomi meletakkan LED notifikasi di bawah tombol kapasitif akses home screen.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Sisi samping kanan berjajar dua tombol fisik yakni tombol power dan pengatur volume. Sedangkan sisi kirinya bersanding sebuah tempat kartu SIM yang dapat dilepas menggunakan SIM ejector. Untuk bagian belakangnya terdapat sebuah sensor kamera 13 megapiksel dengan sebuah lampu kilat, yang pada bagian bawah juga ada speaker. Mengadopsi desain unibodi, baterai pada Xiaomi Redmi 4A ini tidak dapat dilepas dan cover belakangnya juga menjadi satu dengan bagian frame.  Untuk warna, tersedia 2 varian yang dapat sobat Sinyaliti pilih sesuai selera, diantaranya warna Gold dan Rose Gold.

back to menu ↑

FITUR

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Fitur fingerprint sensor bukan hanya milik smartphone kelas atas saja. Karena kini smartphone murah pun telah banyak yang mengaplikasikan fitur ini, salah satunya yakni Redmi 4. Sayangnya, fitur tersebut tidak disematkan pada 4a. Namun demikian Redmi 4A telah dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 16GB yang nantinya bisa diperluas lagi dengan menambahkan microSD berkapasitas hingga 256GB.

Sayangnya Redmi 4A mengadopsi slot sim hybrid, jadi sobat sinyaliti tak bisa memakai memori ekternal apabila mengaktifikan fitur Dual Sim. Lalu untuk sistem operasinya mengandalkan Android Marshmallow 6.0.1 yang dipersiapkan untuk mengoptimalkan kestabilan sistem dan meningkatkan performa hardware yang dibawanya. Sesuai tradisi, Xiaomi melengkapinya dengan antarmuka MIUI 8. Nah kekurangan lainnya adalah tidak adanya sensor pemindai sidik jari. Untungnya smartphone ini telah dilengkapi dengan teknologi 4G LTE yang menutupi kekurangan tersebut, sehingga penggunanya tetap bisa mengakses internet secara cepat ketika browsing, streaming, ataupun mengakses video call.

Salah satu fitur andalan yang disematkan Xiaomi pada MIUI adalah banyaknya tema yang dapat digunakan. Pada aplikasi khusus yang disediakan Xiaomi ini kita dapat mengunduh tema yang sangat beragam. Bahkan ada juga tema yang berbayar menggunakan Mi Credits. Namun tak perlu khawatir karena banyak juga tema gratis yang bisa kita dapat, serta tak kalah menarik dengan tema yang berbayar. Berikut dibawah ini merupakan tampilan antarmuka Xiaomi Redmi 4A sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Dari segi konektivitas, Redmi 4A telah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan port MicroUSB 2.0. Walaupun harga Xiaomi Redmi 4A sangat murah, smartphone juga memiliki konektivitas Infrared dan dibekali fitur navigasi A-GPS serta Glonass. Di sisi lain, tersedia pula berbagai sensor yang terdiri dari Accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Jadi bisa dikatakan fiturnya cukup lengkap serta sebanding dengan harga Xiaomi Redmi 4A yang dibanderol kurang dari 1 Juta Rupiah.

back to menu ↑

Performa

Salah satu perbedaan Xiaomi Redmi 4A dengan Xiaomi Redmi 4 terletak dibagian Chipsetnya. Dimana untuk Redmi 4A menggunakan Qualcomm Snapdragon 425 sedangkan Redmi 4 memakai Snapdragon 625. Performanya tentu lebih baik Redmi 4, pasalnya untuk Chipset yang dipakai Redmi 4 memiliki CPU Octa Core berkecepatan 2.0 Ghz. Perbedaan selanjutnya adalah dibagian varian memori internal dan RAM. Kalau di Redmi 4A hanya tersedia 1 varian saja yakni Xiaomi Redmi 4A memori internal 16 GB dan RAM 2 GB. Sedangkan untuk Redmi 4 tersedia 2 varian diantaranya Xiaomi Redmi 4 16 GB RAM 2 GB, Xiaomi Redmi 4 32 GB RAM 3 GB.

Pada sektor dapur pacu, ada perbedaan di antara Redmi 4 dan Redmi 4a. Jika smartphone Redmi 4 dipacu oleh prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, maka Redmi 4a menggunakan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53. Perbedaan juga pada GPU yang digunakan dimana Redmi 4 menggunakan Adreno 505 dan Adreno 308. Berikut dibawah ini hasil uji performa Xiaomi Redmi 4a dengan menggunakan Antutu.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Sebagai smartphone murah, bekalan RAM yang disematkan pada kedua smartphone ini terbilang sudah cukup dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB. RAM sebesar itu menjadi standar minimal RAM smartphone dengan harga ekonomis. Adapun memori internanya berkapasitas sebesar 16 GB. Jika merasa kurang, sobat Sinyaliti dapat menambahkannya dengan microSD berkapasitas maksimal mencapai 256 GB.

back to menu ↑

Kamera

Beralih ke sektor fotografi, Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan kamera depan beresolusi 5 Megapixel. Kamera tersebut memiliki lebar aperture f/2.2, sehingga lumayan bisa diandalkan ketika berfoto selfie pada kondisi low light. Kemudian untuk bagian belakang, Xiaomi membekalinya dengan kamera 13 Megapixel yang sama-sama memiliki lebar aperture f/2.2. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi fitur Phase Detection Autofocus dan masih memakai satu lampu LED Flash.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

Fitur LED Flash menjadi salah satu fitur penting dalam hal fotografi. Pasalnya fitur tersebut akan mengoptimalkan kejernihan foto yang diambil pada kondisi low light ataupun di malam hari. Sayangnya harga Xiaomi Redmi 4 yang dibanderol murah akan membuatnya belum mampu merekam video beresolusi 4k, dan hanya bisa menghasilkan video Full HD 1080p dengan kecepatan 30fps.

Namun sobat sinyaliti tak perlu meragukan kualitas kameranya, karena tetap mampu mengabadikan semua momen dengan hasil jepretan foto rekamana video beresolusi Full HD 1080p@30fps. Selain itu, tersedia pula fitur Beautify untuk mempercantik wajah ketika berselfie ria. Selain itu terdapat fitur VoLTE yang bisa dimanfaatkan ketika mengakses video call ataupun menelpon dengan konektivitas data seluler. Berikut dibawah ini adalah hasil foto yang diambil dengan Xiaomi 4A sobat Sinyaliti.

Harga, Spesifikasi, Xiaomi Redmi 4A

back to menu ↑

Baterai

Salah satu hal yang dijadikan pertimbangan ketika akan membeli smartphone yaitu kapasitas baterainya. Melihat peluang itu, Xiaomi pun menyematkan baterai berkapasitas 3.150 mAh pada Redmi 4a  yang sayangnya tak bisa kita di lepas dan belum dilengkapi fitur fast charging. Sehingga baiknya sobat sinyaliti tetap rajin membawa power bank kemanapun pergi. Nah, Lebih detail mengenai spesifikasi Redmi 4A, klik disini

8 Total Score
Good!

Setelah mendapat respon positif oleh para konsumen dengan smartphone varian Xiaomi Redmi 3 series, sepertinya Xiaomi ingin mengulang kesuksesannya dipasar global dengan menaikan level Xiaomi Redmi series. Pasalnya Xiaomi telah resmi merilis Xiaomi Redmi 4 series yang terdiri dari 3 perangkat smartphone sekaligus yakni Xiaomi Redmi 4, Redmi 4 Pro dan yang paling kece dan harganya paling murah Xiaomi Redmi 4A.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8.5
Kamera
8
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Desain premium, berkat seluruh permukaaan casing dilapisi bahan metal allumunium
  • Layar seluas 5.0 inchi, resolusi HD, yang nyaman dioprasikan dan memberiakn tampilan cukup bening
  • Disuport koneksi jaringan 4G LTE, menjadikan akses internet super cepat
  • Memiliki dual-SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan
  • Sistem opasi OS Android v 6.0 Marshmallow, yang menawarkan ribuan aplikasi dan fitur baru
  • Prosesor menggunakan Snapdragon 425, Quad Core 1.4 GHz, menjadikan lajukinerja powerFull
  • RAM 2 GB, momory Internal 16 GB, yang melancarkan saat multitasking dan dapat menyimpan banyak berkas
  • Masih diengkapi slot microSD 128 GB, sebagai ruang pendukungnya
  • Kamera utama 13 MP, PDAF, LED flash, yang didukung perekam video 1080p
  • Kamera depan 5 MP, cocok untuk selfie maupun video chat
  • Baterai berkapasitas 3120 mAh yang cukup awet digunakan
Kekurangan
  • Tidak dilengkapi perangkat keamanan layar semacam Gorilla Glass
  • Tidak dilengkapi fingerprint sensor
  • Kamera depan belum disuport fitur pendukung LED flash / Screnn flash
  • Slot SIM 2 menyatu dengan slot microSD
  • Baterai berjenis Non-Removable / Tidak dapat dicopot
  • Belumdilengkapi fast Charging
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0