Review Xiaomi Redmi 4X: Meluncur Dengan Baterai 4100 mAh dan Snapdragon 435

Sinyaliti.com – Xiaomi, salah satu vendor smartphone asal Tiongkok, kembali merilis smartphone terbarunya dengan harga yang relatif murah, bernama Xiaomi Redmi 4X. Namun meskipun harganya relatif murah dan diusung untuk meramaikan smartphone kelas menengah ke bawah, vendor Xiaomi telah membeli Redmi 4X ini dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Kabarnya keunggulan smartphone ini terletak pada sektor performa yang menggunakan sistem operasional Android Marshmallow dan ditambah dengan dukungan baterai yang tangguh.

Nah, penasaran kan dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh varian teranyar Redmi 4X ini? Kalau begitu, langsung saja simak ulasan spesifikasi Xiaomi Redmi 4X di bawah ini.

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi 4X

Desain Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X memiliki desain tipe candybar yang elegan dan memiliki tiga pilihan warna yaitu Cherry Pink, Champagne Gold, dan Mate Black. Desainnya terlihat menawan dengan bagian sudut-sudutnya yang melengkung. Xiaomi Redmi 4X sendiri memiliki ukuran panjang 139.2 mm, lebar 70 mm, dan ketebalan 8.7 mm. Sedangkan untuk bobotnya sendiri sekitar 150 gram. Dengan desain dan ukuran bodi yang demikian, membuat ponsel semakin mudah digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Sementara itu, desain pada layar juga terkesan mewah karena diciptakan dengan model 2.5D curved glass screen, sehingga masing-masing ujung layarnya terlihat lebih natural. Jenis layar yang diusung Xiaomi Redmi 4X sendiri adalah IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang 5 inci dan mampu menghasilkan resolusi HD dengan kerapatan layar 294 ppi piksel density, dimana jenis layar tersebut mampu menawarkan tingkat ketajaman warna yang sangat tinggi. Layar tersebut juga sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass, guna meminimalisir terjadinya benturan pada layar.

Masih pada sektor layar, ponsel pintar ini juga telah dilengkapi dengan teknologi fingerprint sensor pada bagian belakangnya. Teknologi fingerprint sensor ini dapat digunakan sebagai “Lock” untuk membuka ponsel canggih ini. Sehingga semua data yang tersimpan pada smartphone akan tetap aman.

Desain Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X juga menyisipkan tampilan antarmuka MIUI 8 yang menawarkan tema menarik dalam hal grafis. MIUI 8 ini membalut sistem operasi Android Marshmellow, yang juga merupakan versi yang cukup baru saat ini. Untuk pembaruan ke versi Android selanjutnya sangat memungkinkan tinggal menunggu update berkala yang dilakukan pihak Xiaomi.

back to menu ↑

Fitur

Pada sektor konektivitas, Xiaomi Redmi 4X dibekali teknologi jaringan yang terbilang cukup lengkap. Dimulai dari teknologi 2G GSM 850/ 900/ 1900/ 2100 – SIM 1 dan SIM 2 untuk berkomunikasi via SMS dan telepon, sehingga aktivitas komunikasi bisa semakin mudah dan lancar dilakukan.

Sedangkan untuk konektivitas internet, ponsel pintar ini dibekali dengan teknologi jaringan internet yang super cepat 4G LTE Cat6 dengan kecepatan LTE 1800/ 2100/ 2600 LTE-TDD 1900/ 2300/ 2500 dan mampu melakukan download data berkecepatan hingga 300 Mbps dan upload data dengan kecepatan 50 Mbps. Sehingga proses downloading dan uploaded streaming mampu dilakukan dengan kecepatan yang powerfull.

Selain itu, smartphone juga mengusung teknologi jaringan tambahan yaitu 3G GSM dengan kecepatan HSDPA 850/ 900/ 1800/ 1900 EDGE GPRS yang mampu melakukan download data berkecepatan hingga 42.2 Mbps Mbps dan upload data dengan kecepatan 5.76 Mbps. Akses jaringan ini bisa digunakan untuk daerah yang belum terjangkau 4G LTE. Sehingga pengguna mampu menjelajah di dunia internet kapanpun dan dimanapun berada.

Fitur Xiaomi Redmi 4X

Tak ketinggalan, Xiaomi Redmi 4X juga dibekali fitur WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, dan WiFi Hotspot untuk menerima dan berbagi data internet kepada perangkat lain. Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sering berada di tempat dengan fasilitas jaringan Hotspot. Karena Anda akan dapat memanfaatkan fitur ini dengan cara mengaktifkan fitur WiFi Hotspot yang tersedia pada ponsel canggih ini.

Sedangkan untuk pengiriman maupun penerimaan file dan aplikasi, ponsel ini telah dibekali dengan fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, Infra Red, USB microUSB v2.0 yang mendukung konektor USB OTG. Menjadikan smartphone ini mampu mengirim file dan aplikasi berukuran besar dengan cepat. Sementara itu untuk sistem navigasinya, Xiaomi Redmi 4X telah menggunakan A-GPS, GLONASS, dan BDS yang bisa mencari sebuah lokasi dengan sangat akurat.

back to menu ↑

Performa

Untuk urusan performa, Xiaomi Redmi 4X juga memiliki dapur pacu yang tidak kalah unggul. Mengandalkan Android Marshmallow v6.0.1, menjadikan ponsel ini mampu mengelola grafis dengan baik dan terlihat lebih fresh. Sementara itu, untuk mendukung kegiatan dalam mengakses semua kelebihan yang ada pada smartphone Xiaomi Redmi 4X ini, vendor Xiaomi telah membekalinya dengan chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435. Meski begitu, sektor ini tetap menambahkan performanya agar lebih maksimal dengan adanya prosesor Octa-Core 1.4 GHz Cortex-A53, yang menjadikan kinerja ponsel semakin cepat.

Dukungan RAM sebesar 3 GB semakin meningkatkan performa Xiaomi Redmi 4X. Sebab dengan dukungan RAM tersebut, memungkinkan dijalankannya aktivitas multitasking menjadi semakin lancar. Untuk tampilan grafisnya sendiri, sektor ini mengandalkan GPU Adreno 505 yang memang ideal digunakan pada kelas menengah ke bawah, untuk menghasilkan tampilan yang berkualitas.

Performa Xiaomi Redmi 4X

Sementara pada sektor storage, ponsel ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Dijamin, ponsel akan mampu menyimpan semua file. Selain itu, ponsel juga didukung dengan memori eksternal microSD berkapasitas hingga 128 GB, sehingga ponsel tidak akan kekurangan ruang penyimpanan untuk menyimpan semua file dan aplikasi yang dimilikinya.

back to menu ↑

Kamera

Salah satu keunggulan dari spesifikasi Xiaomi Redmi 4X juga bisa ditemukan pada lini kamera. Pasalnya, ponsel yang diusung untuk smartphone kelas menengah ke bawah ini menyediakan kamera dengan resolusi yang cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari kamera utama pada bagian belakang bodi yang beresolusi 13 MP. Menariknya, kamera ini mampu menciptakan gambar sebesar 4160 x 3120 piksel.

Kamera utama ini juga telah dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus dan LED Flash. Jadi tak heran jika lensa pada kamera mampu membidik dan menghasilkan video berkualitas 1080p@30fps dengan resolusi tinggi dan jernih.

Selain itu, ada juga sejumlah fitur pendukung kamera yang dibekalkan pada perangkat ini seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan panorama. Dimana fitur pendukung tersebut semakin menyempurnakan fitur kamera yang ada pada ponsel Xiaomi Redmi 4X ini.

Kamera Xiaomi Redmi 4X

Sementara untuk kamera sekunder pada bagian depan bodi memiliki resolusi sebesar 5 MP. Kamera ini untuk mendukung aktivitas foto selfie dan video call Skype smule. Mungkin resolusinya belum mampu memuaskan hati para pecinta foto selfie. Namun setidaknya kamera ini mampu membidik gambar dengan kualitas yang cukup baik.

back to menu ↑

Baterai

Melihat spesifikasi yang ditawarkan di atas, nampaknya smartphone Xiaomi Redmi 4X wajib memiliki daya suplay yang tinggi. Untungnya ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4100 mAh bertipe Non-removable. Sehingga mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dengan ukuran kapasitas baterai sebesar itu, nampaknya ponsel ini juga sangat cocok untuk para pecinta game. Karena memungkinkan untuk bermain game dalam kurun waktu yang cukup lama.

Lalu berapa ya kira-kira harga Xiaomi Redmi 4X ini? Tentunya sobat sinyaliti.com bisa mengecek harga Redmi 4X ini dengan cara klik di sini.

8 Total Score
Good!

Xiaomi Redmi 4X memiliki desain tipe candybar yang elegan. Dibekali dengan teknologi jaringan internet yang super cepat 4G LTE Cat6, smartphone ini mampu melakukan download data berkecepatan hingga 300 Mbps dan upload data dengan kecepatan 50 Mbps. Ditambah lagi dengan sistem operasional Android Marshmallow dan segudang dukungan dapur pacu yang tangguh, menjadikan ponsel Xiaomi Redmi 4X ini menjadi smartphone yang cukup mumpuni di kelasnya.

Desain
8
Fitur
7
Performa
7.5
Kamera
8
Baterai
8.5
Kelebihan
  • Disuport koneksivitas jaringan tercepat saat ini 4G LTE.
  • Layar seluas 5.0 inchi, yang cocok buat main game.
  • Didukung resolusi full HD, yang memberikan tampilan layar bening.
  • Sistem oprasi berjalan memakai OS Android v 6.0 Marshmallow.
  • Dilengkapi fitur keamanan Fingerprint Scanner.
  • Menggunakan prosesor Snapdragon 435 Octa Core 1,4 GHz dan GPU Adreno 505.
  • RAM dengan pilihan 2/3 GB dan memori internal 16/32 GB.
  • Kamera utama 13MP dilengkapi dengan PDAF dan Autofokus.
  • Kamera depan 5MP yang sangat asyik digunakan untuk foto selfie maupun groovie.
  • Baterai 4100 Ah dilengkapi Fast Charging /pengisian cepat.
Kekurangan
  • Tidak dilpisi anti gores /pelindung layar.
  • Kamera depan tidak ada fitur pendukung LED Flash.
  • Baterai berjenis Non-Removable /baterai tanam.
User Rating: 4 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0