Review Xiaomi Redmi 5A: Ponsel Full-Screen Dengan Harga 1 Jutaan

Sinyaliti.com – Baru-baru ini raksasa smartphone asal Negeri Tirai Bambu, Xiaomi resmi memperkenalkan produk terbaru miliknya. Smartphone penerus Redmi 4A ini di klaim memiliki harga yang sangat murah, namun dengan spesifikasi yang mumpuni. Ya, Xiaomi memang terkenal dengan produknya yang “ramah di kantong”, namun tetap memberikan spesifikasi yang mumpuni.

Adalah Xiaomi Redmi 5A, perangkat yang memiliki bodi lebar itu bersiap untuk menandingi lawan-lawannya besutan vendor lain seperti Samsung ataupun Smartfren, dengan mengusung berbagai hardware maupun fitur yang gahar.

Xiaomi Redmi 5A ini hadir dengan sistem operasi Android dan chipset yang tinggi di kelasnya. Meski berada di segmen low-end, namun perangkat ini juga dibekali dengan lini kamera yang mumpuni dan akan membuat decak kagum penggunanya. Pasalnya, kamera yang dibawa Xiaomi Redmi 5A ini hampir sama dengan smartphone di jajaran kelas menengah, ditambah dengan berbagai fitur pendukung.

Tak hanya itu saja, ponsel pintar ini juga telah dibekali resolusi video full HD, jaringan 4G LTE, dan juga baterai berkapasitas besar, yang menjadikan keunggulan tersendiri bagi perangkat ini.

Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi dari smartphone ini, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi 5A

Desain Xiaomi Redmi 5A

Smartphone besutan Xiaomi ini memiliki dimensi yang cukup lebar dengan panjang 140.4 mm, lebar 70.1 mm, dan tinggi 8,4 mm, dengan berat mencapai 137 gram. Dimensi yang lebar tersebut tampaknya tidak terlalu berpengaruh pada beratnya, sehingga ponsel ini cukup nyaman untuk digenggam.

Mengusung ukuran layar 5.0 inchi (68,9 cm²) dengan rasio 70 %, tipe layar yang digunakan Redmi 5A adalah IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors, yang biasanya juga digunakan untuk jajaran smartphone kelas menengah.

Layar tersebut memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan aspek rasio 16 : 9 dan kerapatan 294 ppi, sehingga layarnya terlihat cukup jernih di mata. Tak hanya itu saja, layar tersebut juga dapat di setting dengan adanya MIUI terbaru, yaitu MIUI 9 yang akan membuat tampilan fitur-fitur di layar dapat di setting sedemikian rupa.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint accelerometer dan proximity untuk memberikan keamanan bagi penggunanya. Namun sayangnya, layarnya belum dibekali dengan proteksi, sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah jika ingin layar tersebut terlindungi dari benturan dan goresan.

back to menu ↑

Fitur

Selanjutnya, kita akan mengupas mengenai sektor konektivitas dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A ini. Untuk konektivitas internetnya, smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini dibekali dengan jaringan cepat 4G LTE Cat 12 yang dapat menghasilkan kecepatan download 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps. Sehingga pengguna dapat berselancar di internet dengan cepat.

Untuk kartu yang digunakannya, Xiaomi Redmi 5A menggunakan Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), dimana dapat diisi dengan dua kartu SIM sekaligus. Tetapi jika ingin memasukkan miscroSD, maka harus menanggalkan salah satu slot SIM untuk digunakan oleh microSD tersebut.

Memang dengan jenis kartu Hybrid Dual SIM tersebut, pastinya cukup merepotkan. Namun jika tidak berniat memasukkan files besar ke dalam ponsel ini, maka tidak perlu menanggalkan salah slot kartu SIM untuk diganti dengan microSD.

Untuk konektivitas lainnya, smartphone ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth 4.1 A2DP, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, BDS, port infrared, FM Radio, dan juga port USB microUSB 2.0 yang semakin menyempurnakan spesifikasi dari Xiaomi Redmi 5A ini.

back to menu ↑

Performa

Terkait dengan dapur pacu yang dibawa oleh Xiaomi Redmi 5A, untuk perangkat kelas low-end pastinya jangan berharap untuk mendapatkan sistem operasi Android terbaru seperti OS Android v8.0 Oreo.

Akan tetapi, meski tidak dibekali dengan sistem operasi Android terbaru, Xiaomi Redmi 5A juga telah dibekali dengan sistem operasi Android v7.1 Nougat yang juga merupakan OS Android berkecepatan tinggi. Bahkan, perangkat kelas menengah ke atas pun juga masih sering dibekali dengan OS Android ini. Jadi ini merupakan keunggulan tersendiri bagi Xiaomi Redmi 5A.

Chipset handal Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang merupakan chipset tinggi di kelasnya dikolaborasikan dengan yang cukup tinggi, yaitu processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53. Bahkan untuk perangkat di tingkat yang lebih tinggi di jajaran kelas low-end pun terkadang masih menggunakan processor Quad-Core 1.2 GHz. Sehingga hardware dari perangkat ini lebih unggul dari jajaran kelas low-end lainnya.

Dengan adanya kolaborasi hardware pada Xiaomi Redmi 5A tersebut, ditambah RAM 2 GB, tak dapat dipungkiri bila kinerja dapur pacunya sangat responsif dan dapat melakukan aktivitas multitasking dengan baik. Apalagi ditambah dengan GPU Adreno 308, maka membuat tampilan grafis dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A juga semakin menawan.

Untuk ruang penyimpanan, ponsel low-end ini memiliki memori internal yang hanya 16 GB. Akan tetapi, dengan ruang penyimpanan internal tersebut, kamu dapat menyimpan berbagai files, gambar, musik, video, dengan ukuran yang cukup besar.

Jika menginginkan kapasitas yang lebih, pengguna dapat menyematkan microSD dengan kapasitas hingga 256 GB ke dalam perangkat ini. Sayangnya, slot dari perangkat ini berjenis hybrid dual SIM, sehingga jika ingin menyematkan micro SD, maka harus mengorbankan salah satu slot kartu SIM.

back to menu ↑

Kamera

Untuk urusan fotografi, perangkat besutan Oppo ini terbilang ingin memanjakan pecinta fotografi maupun selfie, dimana ponsel ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP f/2.2 yang dilengkapi dengan autofokus dan LED Flash. Sehingga ponsel ini dapat menghasilkan bidikan fotografi yang sempurna.

Tak hanya itu, jika kamu menggemari foto selfie, smartphone ini telah dibekali dengan resolusi kamera 5 MP yang akan membuat foto selfie kamu semakin menawan.

Smartphone Xiaomi Redmi 5A ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti geo-tagging, touch fokus, face/smile detection, HDR, dan panorama. Yang tentunya akan membuat foto-fotomu semakin menarik.

Sementara itu untuk kemampuan videonya, Xiaomi Redmi 5A telah dibekali dengan video beresolusi full HD 1080p@30fps, yang mampu menghasilkan video yang jernih dan memukau.

back to menu ↑

Baterai

Mengulas sektor daya, ponsel pintar ini telah dibekali dengan baterai berjenis Non-removable Li-ion, yang tentunya tidak dapat dicopot atau dilepas sewaktu-waktu. Sementara baterainya berkapasitas besar, yaitu 3000 mAh, sehingga merupakan keunggulan tersendiri bagi Xiaomi Redmi 5A ini.

Bagaimana tidak, bahkan untuk smartphone jajaran kelas menengah pun banyak yang masih dibekali dengan kapasitas di bawah 3000 mAh. Sehingga dengan baterai berkapasitas besar tersebut, pengguna dapat menggunakan ponsel ini tanpa harus men-charge berulang-ulang. Selain itu, tentunya pengguna juga tak perlu membawa charger atau power bank setiap kali bepergian seharian.

Namun sayangnya, baterai berkapasitas besar ini tidak didukung dengan fast charging. Meski demikian, hal tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja dari ponsel ini secara keseluruhan.

Bicara soal harga, ponsel ini di India dibanderol dengan harga 4,999 INR, atau setara dengan Rp 1 juta untuk varian RAM 2 GB dan 16 GB. Sementara untuk  RAM 3 GB dan 32 GB, dijual dengan harga 6,999 INR atau setara dengan  Rp 1,4 jutaan.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP Xiaomi yang populer di Indonesia. Klik di sini.
7.5 Total Score
Good!

Jika kita melihat hardware yang dibawa Xiaomi Redmi 5A, ponsel ini telah menggunakan sistem operasi Androit 7.1 Nougat. Selain itu, perangkat ini juga dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang dikolaborasikan dengan processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 dan dengan RAM 2 GB, sehingga membuat dapur pacunya optimal. Membawa panel lebar 5.0 inchi, Xiaomi Redmi 5A juga telah menggunakan layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors, dan dibekali pula dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Keunggulan lainnya, Xiaomi Redmi 5A juga telah dibekali dengan baterai 3000 mAh, cukup besar bagi jajaran smartphone di kelasnya.

Desain
7.5
Performa
7.5
Fitur
8
Kamera
8.5
Baterai
7.5
Kelebihan
  • Layar ideal 5.0 inci resolusi 720 x 1280 pixels yang mampu memberikan kualitas gambar jernih.
  • Teknologi layar IPS LCD yang mampu memberikan kualitas warna layar cerah dan lembut di mata.
  • Konsep layar 2.5D, yang artinya sangat nyaman saat dioperasikan.
  • Dual SIM, yang keduanya telah mendukung jaringan super cepat 4G LTE.
  • Berjalan pada sistem operasi Android v7.0 Nougat + MIUI 9 yang memiliki banyak fitur menarik.
  • Prosesor Snapdragon 425 yang didalamnya terdapat CPU Octa Core 1.4 GHz yang dapat memberikan performa cukup responsif.
  • RAM 2 GB yang sangat mulus saat digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
  • Internal 16 GB lengkap dengan media slot microSD mencapai 256 GB dapat menyimpan banyak file.
  • Hasil foto akan sangat jernih dengan kamera belakang 13 MP apeture f/2.2 + fitur autofocus dan LED Flash.
  • Selfie akan cantik dan terlihat natural dengan adanya kamera depan 5 MP dengan apeture f/2.0.
  • Baterai 3000 mAh yang diklaim dapat bertahan selama satu hari dalam pengunaan normal.
Kekurangan
  • Kamera depan minus fitur LED Flash, tentunya kurang maksimal untuk selfie malam hari.
  • Baterai tidak dilengkapi teknologi Fast Charging.
  • Baterai tanam alias menyatu pada bodi dan tidak dapat dilepas secara manual.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0