Review Xiaomi Redmi Note 5 Pro: Usung Layar 18:9 dan Kamera Selfie 20 MP

Sinyaliti.com – Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan perangkat terbarunya yang bertajuk Redmi Note 5 Pro untuk pasar India. Penjualan perdanana pun sudah digelar. Seperti biasa, smartphone canggih Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini mengusung kamera ganda.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro sendiri bisa dikatakan sebagai versi upgrade dari Redmi Note 5, dengan peningkatan yang terbilang cukup signifikan. Maka tak heran jika smartphone ini tampil dengan memberikan hasil performa yang lebih handal dan canggih dari Redmi Note 5 Series.

Tak hanya itu saja, smartphone kelas premium yang satu ini pun juga sudah membawa sejumlah fitur menarik dan canggih, salah satunnya pada lini fotografi. Dimana pada sektor ini, Redmi Note 5 Pro akan mengusung kamera utama ganda sebesar 12 MP dan kamera selfie 20 MP.

Dengan demikian, tak heran jika nantinya Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini menjadi ponsel yang cukup dinantikan oleh para konsumennya.

Ingin tahu secara lebih detail tentang spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Mengulas tampilan fisik dan visual yang dibawa Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Smartphone ini hadir dengan mengusung desain bodi yang memiliki panjang 158.6 mm, lebar 75.4 mm, ketebalan 8.05 mm dan memiliki bobot 181 gram, yang membuatnya mudah dioperasikan hanya dengan satu genggaman tangan saja.

Bodinya sendiri terbuat dari bahan metal aluminium untuk bagian rangkanya dan plastik di bagian belakang serta kaca di bagian depan, yang membuatnya tampak menarik. Smartphone ini juga hadir dengan empat varian warna berbeda seperti: Black, Rose, Rose Gold, dan Blue.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini bisa dikatakan cukup bersaing di kelasnya dengan mengandalkan layar sentuh kekinian dengan aspek rasio 18:9 berukuran 5,99 inci dengan resolusi full HD+ (1080 x 2160 pixels), yang akan membuat tampilannya layarnya semakin lebih tajam.

Apalagi visual layarnya juga menggunakan teknologi panel IPS LCD yang mampu memanjakan mata bagi setiap yang memadangnya.

back to menu ↑

Fitur

Untuk sektor konektivitas, smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini pun sudah didukung oleh koneksi internet yang handal. Dimana Xiaomi telah menjadikan ponsel pintar ini support pada jaringan 4G LTE, guna memberikan akses internet yang lebih cepat dan gesit.

Sedangkan untuk konektivitas dalam soal komunikasi, smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini sudah menyediakan Hybrid Dual SIM Card yang dipastikan bakal membuat komunikasi menjadi lebih lancar.

Sementara itu, ponsel cerdas besutan pabrikan asal Tiongkok ini juga telah dipersenjatai dengan fitur konektivitas jarak dekat berupa WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, dan Hotspot. Bahkan, untuk memberikan kemudahan dalam mentransfer data antar perangkat, smartphone ini pun telah menyediakan fitur Bluetooth dan micro USB serta Infra Red.

Di samping itu, tak lupa juga sistem navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS menjadi fitur yang turut disematkan pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro untuk memberikan informasi terkait pemetaan lokasi.

Di sisi lain, sektor yang cukup penting adalah bagian ruang penyimpanannya. Dimana pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro kali ini telah disediakan dua varian memori internal, yaitu 32 GB dan 64 GB, yang sanggup menampung banyak file.

Jika dirasa masih dirasa kurang, jangan khawatir. Pasalnya, ruang penyimpanan internal pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini masih bisa diperluas hingga 256 GB dengan menggunakan kartu SD. Tentu saja, hal ini menjadi nilai tambah yang dimiliki smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

back to menu ↑

Performa

Untuk bersaing dengan smartphone “jaman now”, Xiaomi pun membekali Redmi Note 5 Pro dengan beberapa komponen mesin pacu, seperti kolaborasi antara chipset Qualcomm SDM636 Snapdragon 636.

Tak tanggung-tanggung, CPU Snapdragon yang tertanam di dalam bodi Redmi Note 5 Pro ini memiliki 8 inti atau prosesor Octa Core berkecepatan hingga 1.8 GHz, sehingga performa ponsel pun menjadi lebih handal dan gahar.

Bahkan, kehandalan performanya pun semakin menjadi-jadi berkat bekalan 3 varian RAM yang berkapasitas jumbo, yaitu 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Dengan begitu, maka dipastikan bakal memberikan kinerja yang lebih efektif, optimal, dan responsif.

Di samping itu, kartu grafis GPU Adreno 509 pun juga siap menjadi penunjang untuk memberikan grafik tampilannya semakin tajam dan smooth.

Tak hanya itu saja, untuk sistem operasinya sendiri, sektor dapur pacu pada smarphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini juga telah didukung oleh MIUI generasi 9 berbasis Android Nougat versi 7.0, lengkap dengan berbagai fitur aplikasi penunjang.

back to menu ↑

Kamera

Untuk sektor fotografi, tampaknya menjadi andalan dari smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini. Pasalnya, smartphone ini membawa fitur fotografi handal dan canggih. Dimana smartphone telah mengusung fitur dual-camera beresolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/2.2, ukuran piksel 1,25 μm, serta kamera 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0, ukuran piksel 1,12 μm.

Tak hanya itu saja, pada kamera ganda belakang ini juga sudah dilengkapi dengan Dual LED dan efek “focused foreground and creamy blurred backgrounds”. Sehingga akan mendukung aktivitas fotografi di segala kondisi dengan hasil jepretan yang sangat jernih dan tajam.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Begitu juga dengan kamera depannya yang memiliki kemampuan resolusi lebih tinggi sebesar 20 MP, dengan sensor Sony IMX376 yang digabungkan dengan lampu LED. Sehingga akan mendukung aktivitas foto selfie maupun video call yang lebih jelas dan smooth.

Tak hanya itu saja, lini fotografi pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini pun juga sudah dibekali beberapa fitur pendukung seperti efek bokeh, beauty 4.0, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga HDR sebagai fitur tambahan. Dan juga dapat dimanfaatkan pengguna untuk memberikan berbagai efek menarik, natural, dan juga mempercantik hasil jepretan maupun video.

Selain itu, sektor kamera pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

back to menu ↑

Baterai

Dari segi kapastitas baterai untuk menyuplai kebutuhan daya dari pada perangkat ini, Xiaomi membenamkan sebuah baterai handal dari jenis Li-Po (Lithium Polymer) yang notabene lebih berkualitas dari tipe Li-Ion.

Kapasitas daya yang ditawarkannya pun sangat besar hingga 4.000 mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Sehingga ponsel ini sanggup bertahan selama seharian penuh. Belum lagi dengan adanya fitur Fast Battery Charging 5V/2A, yang dipastikan bakal membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

Belum ada informasi resmi kapan smartphone ini akan dijajakan di pasar Tanah Air. Hanya saja, penjualan Xiaomi Redmi Note 5 Pro berjalan sangat sukses di India. Pasalnya, tak kurang dari 300 ribu unit Xiaomi Redmi Note 5 Pro telah ludes terjual hanya dalam waktu 10 detik saja saja!

Juga berdasarkan keterangan dari salah satu akun Twitter yang turut mengikuti acara flash sale tersebut, Redmi Note 5 Pro sudah ludes terjual hanya dalam waktu 10 detik. Hebat bukan?

Smartphone canggih Redmi Note 5 Pro ini juga telah dijual secara eksklusif melalui toko online Flipkart dengan harga mulai dari Rp 2,9 juta. Dan berdasarkan rilis resmi, smartphone ini telah terjual kurang dari 3 menit di toko tersebut.

 

*Sinyaliti.com juga menyajikan Panduan Harga dan Review berbagai tipe HP yang populer di Indonesia. Klik di sini.
8 Total Score
Good!

Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir membawa sejumlah keunggulan. Salah satunya dari sisi desain bodi yang terkesan lebih modern dan elegan dengan layar 5.99 inci. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan sektor mesin pacu pada smartphone ini pun mengandalkan komponen canggih. Sebut saja seperti prosesor Octa Core 1.8 GHz dengan 3 pilihan varian RAM berkapasitas besar 3 GB/4 GB/6 GB. Tentu saja hal tersebut membuat performa maupun kinerja ponsel bakal semakin handal. Sementara kamera utama ganda 12 MP dan kamera selfie 20 MP juga menjadi fitur utama yang diusung ponsel ini untuk memikat para konsumen, terutama para pecinta selfie.

Desain
7.5
Performa
7.5
Fitur
7.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Desain elegan dengan bahan metal + Full Screen rasio 18 : 9.
  • Sudah mendukung konektifitas 4G LTE untuk akses internet.
  • Dibekali dual SIM standby untuk penggunaan SIM card.
  • Layar berbentang seluas 5,99 inchi, berteknologi IPS LCD.
  • Dukungan resolusi 1080 x 1920 pixels, membuat layar lebih jernih.
  • Adanya proteksi Gorilla Glass 4 untuk melindungi layar.
  • Dilengkapi sensor Fingerprint.
  • Beroperasi dengan OS Android v7.0 Nougat dengan MiUi 9.0.
  • Ditenagai prosesor Snapdragon 636 Octa-Core 1.8 GHz Kryo 260 dan GPU Adreno 509.
  • Ditunjang RAM 3/4/6 GB untuk melancarkan kinerja.
  • Memori internal 32/64 GB, cukup lega menampung data dan aplikasi.
  • Dilengkapi slot microSD hingga 256 GB untuk memperluas ruang penyimpanan.
  • Kamera utama Dual 12 MP (f/2.2) + 5 MP (f/2.0), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash.
  • Dilengkapi kamera depan 20 MP (f/2.0 ) + LED Selfie Light.
  • Baterai 4000 mAh yang mampu menopang kebutuhan daya.
  • Sudah disupport Fast Charging yang membantu pengisian daya berjalan lebih cepat.
CONS
  • Menggunakan slot SIM 2 yang bertipe Hybrid.
  • Tidak dilengkapi USB Type-C untuk fitur terbaru saat ini.
  • Baterai berjenis Non-Removable / tanam.
Add your review
We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password