Review ZTE Nubia M2: Phablet Metal Nougat Tawarkan Kamera Depan 16 MP

Sinyaliti.com – Vendor ternama ZTE kembali meluncurkan sebuah smartphone andalannya yang secara segmentasi lebih menyasar ke segmen kelas menengah atau flagship. Jagoan baru ZTE kali ini adalah seri smartphone Nubia M2, yang akan menggempur pasar gadget di Tanah Air. Kehadiran Nubia M2 ini sekaligus menunjukkan bahwa vendor ZTE mulai memiliki porsi pasar yang cukup bagus di pasar smartphone Indonesia. Strategi jitu yang diterapkan ZTE membuatnya terus memperoleh respon positif dari publik pecinta gadget.

Nah, kini dengan hadirnya Nubia M2 diharapkan mampu mengulang kesuksesan beberapa seri smartphone lansiran ZTE sebelumnya. Lantas fitur-fitur menarik apa saja yang diberikan ZTE pada smartphone barunya ini? Berikut ini ulasan selengkapnya tentang spesifikasi Nubia M2.

Spesifikasi Detail ZTE Nubia M2

Desain ZTE Nubia M2

Bila diamati, konsep desain dan bentuk fisik dari Nubia M2 terlihat cukup stylish. Tampilannya lebih terlihat premium dan elegan dengan frame metal. Untuk dimensinya sendiri, Nubia M2 terlihat tidak terlalu bongsor, walaupun juga tidak terlalu slim dengan ukuran bodi yang panjangnya 154 mm, lebar 76 mm, ketebalan 7 mm, dan berbobot 168 gram. Dengan ukuran bodi tersebut, membuatnya terlihat solid serta mampu memberikan kenyamanan maksimal saat berada dalam genggaman.

Sementara itu untuk menunjang tampilan visualnya, smartphone ini mengadopsi layar AMOLED capacitive touchscreen. Dengan ukuran 5.5 inci serta memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel, layar tersebut lebih populer dengan sebutan resolusi FHD. Selain resolusi layar yang sanggup menyuguhkan kualitas visual yang tajam, layar pada Nubia M2 juga mampu menghasilkan kepadatan gambar hingga mencapai 401 ppi.

Desain Nubia M2

Sebagai smartphone yang menyasar ke segmen kelas menengah, Nubia M2 juga dilengkapi dengan sensor Fingerprint yang berada pada tombol “Home” di bagian depannya. Pihak Nubia mengklaim bahwa sensor Fingerprint yang ditanamkan pada ponsel ini mampu merespon sidik jari hanya dalam waktu 0,1 detik saja.

Selain itu, layar juga mendapatkan proteksi cukup lengkap. Dengan dilapisi oleh pelindung anti gores berupa Corning Gorilla Glass 3 untuk membuatnya lebih tahan terhadap debu dan goresan. Sehingga pengguna tak perlu repot-repot lagi memasang screen guard secara terpisah demi melindungi layar dari resiko goresan. Tak ketinggalan, lapisan kaca 2.5D Curved Screen juga tersedia agar ponsel ini semakin menarik.

Secara umum, spesifikasi Nubia M2 pada bagian fisik dan visualnya memiliki kualitas terbaik di antara seri smartphone lansiran ZTE lainnya.

back to menu ↑

Fitur

Layaknya smartphone modern, pastinya spesifikasi ZTE Nubia M2 juga harus sudah didukung dengan teknologi konektivitas yang cukup baik. Mengingat untuk saat ini lini konektivitas turut menjadi bagian penting bagi calon konsumen sebelum memutuskan membeli sebuah gadget. Maka tak heran bila smartphone ini ternyata sudah didukung oleh jaringan 4G LTE Cat6 sebagai jalur utama ke internet. Dan dengan adanya jaringan 4G LTE Cat6, ponsel pintar ini dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 300 Mbps.

Sementara untuk mengakomodasi fungsi komunikasi, ponsel telah disupport dengan jaringan seluler 3G dan juga EDGE. Dimana dengan adanya jaringan 3G yang dimilikinya ini sebenarnya sudah cukup layak untuk menunjang kebutuhan internet. Meskipun tidak sekencang jaringan 4G LTE.

Fitur Nubia M2

Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, dan juga Hotspot. Lalu untuk mendukung kebutuhan transfer data, ponsel telah dibekali dengan fitur Bluetooth 4.0 dan juga USB Typer-C yang sudah support dengan fitur USB On The Go atau OTG.

Sementara untuk keperluan navigasi, ZTE Nubia M2 dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS sebagai media navigasi ketika berpegian ataupun mencari lokasi.

back to menu ↑

Performa

Beralih ke bagian ruang mesin atau dapur pacunya. Pada bagian mesinnya sendiri ternyata smartphone ZTE dengan seri Nubia M2 ini juga dibekali dengan dukungan komponen yang berkualitas. Untuk bagian inti mesin, ponsel pintar ini telah disokong chipset anyar Qualcomm MSM8953 berkekuatan CPU Octa-Core dengan clock speed sebesar 2.0 GHz dengan struktur 64-Bit. Jadi secara teknis, spesifikasi mesin yang ada pada smartphone ini akan menawarkan kinerja yang cukup responsif layaknya smartphone premium.

Kemudian guna mendukung kinerja sistem pada mesinnya, ponsel pun dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 4 GB. Pastinya sangat cukup untuk mengakomodasi kinerja operasional secara keseluruhan. Sedangkan untuk urusan grafis, ZTE mempercayakannya pada GPU Adreno 506. Kehadiran GPU Adreno 506 ini tentunya akan membuat tampilan grafisnya menjadi lebih realistis, terutama saat digunakan untuk menonton film atau bermain game.

Sementara itu, guna mendukung kinerja antar komponen di sektor dapur pacu. ZTE Nubia M2 juga telah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru OS Android Nougat v7.0 yang kaya akan fitur menarik.

ZTE sendiri telah menyematkan internal memory sebesar 64 GB pada Nubia M2. Untuk ukuran smartphone level kelas menengah, pilihan kapasitas sebesar 64 GB memang sudah cukup memadai. Pasalnya, kapasitas memory sebesar itu berukuran sangat luas untuk menyimpan semua jenis file pada ponsel. Baik itu untuk menyimpan file audio, video, aplikasi, maupun file-file lainnya.

Performa Nubia M2

Sementara untuk mengakomodir kebutuhan penyimpanan yang lebih kompleks, ponsel juga telah dilengkapi dengan slot microSD. Dimana slot microSD ini bisa digunakan untuk menyimpan semua jenis file hingga 128 GB. Jadi dengan adanya slot memori eksternal yang ada, pastinya tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan daya simpan.

Jadi, jika melihat kualitas komponen mesin yang dibawa ZTE Nubia M2 kali ini, maka bisa dipastikan bahwa untuk sektor dapu pacunya, ponsel ini mampu menghadirkan performa olah data yang terbaik.

back to menu ↑

Kamera    

Mengulas sektor unggulan pada ZTE Nubia M2, yang tidak lain adalah di bagian kamera. Guna memenuhi kebutuhan pengguna, maka ponsel dibekali dengan kamera utama berkekuatan 13 MP dengan aperture f/2.0 di bagian belakang bodinya. Kamera belakang tersebut diklaim mampu menghasilkan jepretan foto layaknya kamera saku digital.

Tak hanya memiliki kekuatan lensa yang besar, namun kamera tersebut juga sudah dibekali dengan beragam fitur foto canggih lainnya. Seperti misalnya Phase Detection Autofocus dan Dual LED Flash. Terlebih lagi, kamera primer ini juga memiliki fitur fotografi masa kini seperti panorama, geo-tagging, touch Focus, face detetion, dan HDR. Sementara untuk perekam video, kamera tersebut mampu memberikan rekaman video berkualitas tinggi dengan resolusi 2160p@30fps.

Kamera Nubia M2

Lantas untuk kamera sekundernya, ZTE Nubia M2 juga tampil sangat baik dengan dibekali kamera yang resolusinya lebih besar dari kamera utama, yakni 16 MP. Dan tentunya saja akan sanggup memenuhi kebutuhan selfie atau video call dengan sangat baik.

Dengan bekal kualitas kamera yang benar-benar oke punya, tak salah memang bila spesifikasi ZTE Nubia M2 pada lini kamera menjadi unggulan utamanya.

back to menu ↑

Baterai

Jika menyimak spesifikasi dari ZTE Nubia M2 di semua segmen di atas. Smartphone ini memang menawarkan spesifikasi cukup maksimal untuk kategori handphone kelas menegah. Namun memiliki komponen hardware tangguh dan piranti yang lengkap, rasanya tak lengkap bila tidak diikuti dengan besaran suplai daya yang maksimal. Maka pada segmen ini ZTE menyematkan baterai berjenis Non-Removable Li-Ion dengan kapasitas 3600 mAh.

Perlu diketahui, bahwa pada sektor ini juga telah ditanamkan pengisian daya super cepat lewat fitur Quick Charging. Jadi, sebagai perangkat pintar kelas menengah, tentunya dengan adanya fitur serta kapasitas baterai tersebut merupakan suatu kelebihan tersendiri.

Sementara untuk keperluan normal, baterai yang ada pada ZTE Nubia M2 ini mampu menopang waktu hidup sampai 487 jam. Sementara waktu untuk bicara bisa mencapai hingga 11 jam. Namun jika digunakan secara kontinyu, ada baiknya menyiapkan powerbank atau pemasok daya cadangan. Meskipun sebenarnya sudah dibekali dengan baterai berkapasitas ideal.

Sementara itu, jika sobat Sinyaliti ingin mengetahui Panduan Harga dari berbagai tipe Handphone yang tengah populer di Indonesia saat ini, silahkan klik di sini.

7.5 Total Score
Good!

Layaknya smartphone modern, Nubia M2 didukung dengan teknologi konektivitas yang cukup baik. Dengan adanya jaringan 4G LTE Cat6, ponsel pintar ini bahkan mampu mengakses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 300 Mbps. Nubia M2 juga tampil sangat baik dengan kamera yang resolusinya lebih besar dari kamera utama, yakni 16 MP.

Desain
7
Fitur
7.5
Performa
7.5
Kamera
8
Baterai
7.5
PROS
  • Desain sangat mewah dan premium terbuat dari material metal.
  • Layar jernih beresolusi Full HD, menggunakan kaca 2.5D dan dilapisi Gorilla Glass 3.
  • Kemampuan gaming dan multitasking sangat lancar.
  • Membawa teknologi dual kamera utama beresolusi 13 MP.
  • Kamera depan sangat memuaskan untuk selfie dengan lensa 16 MP.
  • Sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat6.
  • Mendukung sensor Fingerprint/ sidik jari.
  • Kapasitas memory internal sangat lega mencapai 64 GB.
  • Kapasotas baterai sangat besar yakni 3600 mAh.
CONS
  • Harga ZTE Nubia M2 cukup mahal.
  • Baterai tidak dapat dilepas.
User Rating: 4.5 (2 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0