Review Samsung Galaxy S8 Plus: Usung Layar dan Baterai Yang Lebih Besar

Sinyaliti.com – Samsung kembali memperkenalkan ponsel baru yang bertajuk Samsung Galaxy S8 Plus. Sekilas mendengar namanya, tentu sebagian besar dari kita sudah tak asing lagi. Sebab perangkat ini merupakan versi upgrade dari Samsung Galaxy S8 yang telah diluncurkan terlebih dahulu. Mengingat Galaxy S8 Plus adalah versi upgrade dari generasi sebelumnya, maka dapat dipastikan handset yang satu ini akan membawa sejumlah peningkatan. Sehingga diharapkan Samsung Galaxy S8 Plus akan memiliki daya tarik tersendiri di mata para konsumen.

So, ingin tahu peningkatan dari smartphone besutan Samsung ini? Yuk, ikuti pembahasan spesifikasi dari Galaxy S8 Plus berikut ini!

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy S8 Plus

Desain Samsung Galaxy S8 Plus

Secara fisik, phablet premium ini masih mengusung desain stylish seperti pendahulunya. Bodinya memanjang, terbuat dari bahan material full metal berkualitas. Paling kentara adalah penggunaan layar lengkung yang dinamakan Infinity Display. Artinya, bezel atas dan bawah serta kanan dan kiri yang begitu tipis, nyaris tanpa bezel, dan diklaim akan menjadi standar baru sebuah smartphone masa depan.

Mungkin Samsung Galaxy S8 Plus adalah ponsel terbesar yang pernah dipertimbangkan untuk dibeli. Pasalnya, dimensinya terdiri dari panjang 159.5 mm, lebar 73.4 mm, dan lebar 8.1 mm. Kendati demikian, bobotnya hanya 173 gram saja. Sehingga walaupun memiliki tubuh yang bongsor, phablet ini begitu elegan dan terasa ringan.

Desain Samsung Galaxy S8 Plus

Sementara pada bagian visualnya, phablet ini menghadirkan panel Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors. Visual ini datang dengan bentang layar melengkung 6.2 inci dengan tampilan bezel yang sangat tipis hampir tak kelihatan. Layar tersebut menghasilkan resolusi Quad HD+ sebesar 1440 x 2960 piksel dengan kerapatan 529 ppi piksel density.

Menariknya, Samsung menciptakan aspek rasio 18.5: 9 yang dianggap “aneh” pada awalnya. Sebab memberikan tampilan layar yang lebih tinggi. Tetapi ternyata rasio itu justru memberikan keuntungan tersendiri saat dicoba digunakan untuk multitasking. Sehingga selain tampak jernih, visualisasi phablet ini juga mampu memperlihatkan tampilan yang lebih tajam dan menawan.

Tak ketinggalan, phablet ini juga membawa kemampuan tahan debu dan tahan air dengan sertifikat IP68. Samsung juga melengkapi Galaxy S8 Plus ini dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 back panel. Yang siap melindungi layar depan maupun bodi belakangnya dari berbagai macam goresan.

back to menu ↑

Fitur

Beranjak pada segmen konektivitas dan akses jaringan internet. Hadir sebagai phablet mewah, pastinya Samsung Galaxy S8 Plus sudah dibekali dengan akses jaringan terbaru 4G LTE. Sehingga pengguna akan dimanjakan dengan koneksi internet yang super cepat. Penggunaan akses jaringan 4G LTE ini bahkan mampu menawarkan aktivitas download data berkecepatan 150 Mbps dan aktivitas upload data berkecepatan 50 Mbps.

Selain 4G LTE, Samsung Galaxy S8 Plus juga masih mendukung jaringan alternatif seperti GSM dan HSPA. Sehingga untuk pengguna yang daerahnya tidak terjangkau sinyal 4G LTE tidak perlu risau.

Fitur Samsung Galaxy S8 Plus

Fitur konektivitas jarak dekat seperti WiFi 802.11, WiFi Direct, dan Hotspot juga turut menghiasi sektor konektivitas pada smartphone ini. Sementara itu, untuk kebutuhan data sharing, bisa memanfaatkan Bluetooth v4.1 dan port USB Type-C 1.0 yang siap mentransfer data dengan kecepatan yang tinggi. Ditambah lagi teknologi navigasi A-GPS, GLONASS dan BDS juga turut disematkan pada spesifikasi Samsung Galaxy S8 Plus ini. Sehingga pencarian suatu lokasi bisa dilakukan dengan sangat akurat.

Disediakan pula beberapa fitur keamanan yang dapat dipilih oleh pengguna. Mulai dari pemindai sidik jari, juga pendeteksi iris dan pemindai wajah. Untuk pemindai sidik jari kini berpindah ke bagian belakang, dari semula menyatu dengan tombol “Home”. Sementara untuk pemindai wajah diklaim mampu mengenali wajah penggunanya. Dan untuk mengakses pemindai wajah ini, bisa dilakukan dengan menghadapkan wajah ke layar untuk membuka fungsi layar.

back to menu ↑

Performa

Kini saatnya beralih ke sektor dapur pacu dari spesifikasi Samsung Galaxy S8 Plus. Sektor inilah yang sepertinya mendapatkan peningkatan cukup menonjol dari Samsung. Mulai dari penggunaan chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang menyuguhkan performa mumpuni. Chip ini kemudian dipadukan bersama dengan prosesor Octa-Core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo). Sehingga bisa dipastikan kinerja operasional yang dihasilkan Samsung Galaxy S8 Plus akan semakin gahar dan tangguh. Selain itu, sektor ini juga ditandem dengan RAM berkapasitas 4 GB untuk mendukung aktivitas multitasking umum agar lancar dan responsif.

Untuk urusan gaming, Samsung Galaxy S8 Plus mengandalkan kartu grafis GPU Adreno 540 yang mampu menyuguhkan konten visual dengan tampilan optimal dan lebih nyata. Menariknya lagi, sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan antar-muka terbaru TouchWiz yang telah disempurnakan akan menopang segala komponen yang tersemat pada spesifikasi phablet ini.

Performa Samsung Galaxy S8 Plus

Sementara untuk urusan ruang penyimpanan, perangkat terbaru dari Samsung ini telah dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB. Kapasitas memori dari Samsung Galaxy S8 Plus ini tentu saja menyediakan ruangan yang lebih dari cukup jika digunakan untuk menyimpan file sistem serta file koleksi seperti lagu dan foto.

Namun jika dipakai untuk menyimpan game atau file multimedia berukuran besar, tentu kapasitas memori internal tersebut masih kurang memadai. Nah, jika merasa bahwa kapasitas memori yang disediakan phablet ini masih kurang luas. Maka kapasitas ruang penyimpanannya masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD Card berkapasitas maksimal hingga 256 GB. Sayangnya, teknologi SIM Card hybrid, yang apabila diinsertkan dengan microSD, maka SIM 2 tidak bisa digunakan.

back to menu ↑

Kamera

Beralih ke lini kamera. Tampaknya Samsung siap untuk melanjutkan tradisi ponsel kamera terbaik. Untuk itu, smartphone ini menghadirkan kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/ 1.7 dan fitur OIS masih sama seperti tahun lalu. Tampaknya pihak produsen lebih berfokus meng-upgrade kemampuan pengolahan gambar setelah foto diambil. Itu berarti pengguna akan mendapatkan hasil foto yang sempurna meski diambil dengan cahaya rendah dalam mode burst.

Kamera ini juga sudah hadir dengan fitur Phase Detection Autofocus dan OIS yang bisa mengurangi goncangan ketika pengambilan foto.

Kamera Samsung Galaxy S8 Plus

Selain itu, pengguna pun akan mendapatkan pengalaman selfie lebih baik berkat kehadiran kamera 8 MP. Kamera depan ini masih membawa fitur Smart Autofocus untuk menghasilkan foto narsis yang hebat untuk menunjang aktivitas video call. Ditambah lagi fitur pendukung kamera seperti Geo-tagging, Simultaneous 4K video and 9MP image recording, Touch focus, Face/smile detection, Auto HDR, dan Panorama. Fitur-fitur tersebut turut melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy S8 Plus untuk menunjang kebutuhan dokumentasi.

back to menu ↑

Baterai

Untuk urusan baterai, Samsung mengandalkan jenis baterai Li-Ion (Lithium Ion) berkapasitas 3500 yang bisa dicopot. Baterai ini tentu sudah sanggup menunjang segala opearsionalnya. Bahkan baterai yang tersemat pada Samsung Galaxy S8 Plus ini diklaim mampu bertahan selama 14 jam untuk kebutuhan telepon atau talk time.

Sementara itu, jika digunakan untuk mendengarkan musik maka baterai bisa bertahan hingga 59 jam. Namun, jika Anda adalah pengguna smartphone yang hobi berselancar di dunia maya atau bermain game, maka sebaiknya membawa suplay daya cadangan seperti powerbank.

Nah, setelah membaca keseluruhan dari spesifikasi Samsung Galaxy S8 Plus ini, kira-kira berapa yah harganya? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, sobat Sinyaliti bisa simak di sini.

8 Total Score
Good!

Samsung Galaxy S8 Plus merupakan versi upgrade dari Samsung Galaxy S8 yang telah diluncurkan terlebih dahulu. Memiliki bodi memanjang, terbuat dari bahan material full metal berkualitas. Samsung Galaxy S8 Plus sudah dibekali dengan akses jaringan terbaru 4G LTEm sehingga pengguna akan dimanjakan dengan koneksi internet yang super cepat. Secara keseluruhan, dari spesifikasi Samsung Galaxy S8 Plus ini menyuguhkan performa yang mumpuni.

Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8.5
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Design yang super mewah, dengan layar yang lebar di bandingkan seri sebelumnya.
  • Menggunakan layar lengkung baik versi standart dan plus.
  • Memori RAM 4GB.
  • Kamera utama 12 MP dan Depan 8 MP.
  • Daya baterai 3000mAh untuk standart dan 3500 mAh untuk S8 Plus.
  • Teknologi sensor keamanan semakin di tingkatakan dengan adanya iris sensor.
  • Sudah dilenngkapi fitur fast charging dan wirelless Charging.
  • IP68 (tahan air) apabila jatuh ke air tetap aman.
  • Fitur kamera lebih professional.
CONS
  • Harga yang mahal.
  • Teknologi SIM Card hybrid, yang apabila di insert kan microSD maka SIM 2 tidak bisa digunakan.
  • Kamera depan belum ada LED Flash.
Add your review

We will be happy to hear your thoughts

      Leave a reply

      Your total score

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password