Review Samsung Galaxy V2: Pilihan Hp Android 1 Jutaan

Sinyaliti.com – Bisa dikatakan Samsung merupakan rajanya smartphone tanah air. Beragam produknya dari kelas entry-level sampai kelas premium selalu diminati dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Kualitas yang mereka tawarkan memang tak perlu diragukan lagi, sehingga menjadi jaminan masyarakat Indonesia untuk membelinya. Nah, untuk mengisi segmen entry level, ialah Samsung Galaxy V2.

Smartphone ini dipasarkan dengan harga dibawah 1 Juta Rupiah, namun sayangnya memiliki layar berukuran kecil dan belum support 4G LTE. Meski memiliki kekurangan, namun smartphone ini menawarkan desain simple yang mudah dioperasikan dengan satu tangan. Tak hanya itu, tersedia pula Ram berkapasitas 1GB yang menjadi jaminan performa smartphone berlayar 4 inci ini. Di sisi lain, Samsung juga membekalinya dengan Processor Quad Core 32-Bit. Yuk simak detailnya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy V2SPESIFIKASI DETAIL Samsung Galaxy V2

DESAIN Samsung Galaxy V2

Bersaing dipasar smartphone kelas bawah. Samsung Galaxy V2 hadir dengan membawa layar 4.0 inci dengan resolusi yang dipadukan dengan teknologi layar TFT LCD yang pastinya sangat nyaman saat dioperasikan. Samsung Galaxy V2 mengusung layar mungil 4,0 inci yang memberikan kemudahan untuk dibawa kemana-mana, kameranya sangat pas bila dimasukan disaku celana atau kemeja. 

Samsung dengan harga satu jutaan ini datang dengan layar 4 inci nyaman digenggaman. Casing belakang Samsung Galaxy V2 bisa dibilang cukup berbeda dengan desain patern yang membuat rasa keset atau tidak licin saat memegang hp samsung terbaru ini. Memiliki kedalaman warna 262k beresolusi 480×800 (WVGA) sehingga membuat tampilan layar cukup jernih.

Smartphone ini sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan, karena ukuran layarnya hanya 4 inci dan bagian belakangnya dibuat bertexture. Alhasil Galaxy V2 tidak akan licin ketika digenggam dan mempermudah pengoperasian dengan satu tangan. Tak hanya itu, setiap sudut Galaxy V2 dibuat melengkung yang memberikan kesan lebih menawan pada setiap sisinya. Sedangkan untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 121.6 mm, lebar 63.1 mm, ketebalan 10.8 mm dan berat bodinya mencapai 123 gram.

 

back to menu ↑

FITUR

Kelebihan dari Samsung Galaxy V2 sudah disediakannya fitur radio sehingga dapat menemanimu dimanapun berada. Disektor jaringan dan konektivitas juga cukup lengkap yang mendukung jaringan Dual SIM (Micro SIM), 2G, 3G, 3,5G-HSDPA. Wifi, Bluetooth v4.0, USB v2.0, GPS. Terdapat 3 pilihan warna yakni, hitam, putih dan gold serta dukungan baterai Li-Ion berkapasitas 1500 mAh.

Korea Selatan ini menyediakan memori internal sebesar 8 GB. Kapasitas ini meski tak terlalu besar namun dirasa cukup untuk menampung berbagai macam file, baik itu file sistem dari perangkat sendiri maupun file hiburan yang biasanya dikoleksi oleh pengguna.

Fitur-fitur lain yang ada pada sektor ini pun tergolong lengkap seperti dengan adanya fitur dual-SIM yang akan memudahkan aktivitas komunikasi para penggunanya. Kemudian, Samsung Galaxy V2 ini juga telah membawa teknologi jaringan terbaik saat ini yaitu 4G LTE yang memungkinkan pengguna untuk melakulan download data berkecepatan 150 Mbps dan upload data berkecepatan 50 Mbps.

Selain 4G LTE, masih ada jaringan alternatif GSM dan HSPA yang bisa digunakan untuk menyediakan koneksi internet. Untuk kebutuhan internet sharing, Samsung Galaxy V2 juga menyediakan fitur-fitur seperti Wi-fi 802.11, Wi-fi direct, dan hostspot. Lalu, untuk kebutuhan berbagi data, pengguna bisa memanfaatkan Bluetooth v4.2, A2Dp, dan microUSB v2.0. Terkahir, teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS nampaknya juga ikut melengkapi sektor konektivitas dari spesifikasi Samsung Galaxy V2.

back to menu ↑

PERFORMA

Yang menarik smartphone ini juga sudah menjalankan OS Android Lollipop yang dikenal dengan tampilannya yang cantik serta diperkaya akan fitur dan aplikasi menarik. Untuk performanya, Spek Samsung Galaxy V2 cukup bagus dikelasnya dengan disematkan prosesor quad-core berkecepatan 1,2 Ghz dipadukan dengan GPU Mali-400MP2 yang memberikan tampilan gambar optimal untuk game-game simpel dan multimedia yang umum

Samsung Galaxy V2 mengandalkan chipset Spreadtrum SC9830.Sedangkan untuk sistem operasinya mengadopsi OS Android Kitkat 4.4.2 membuat kinerja Samsung Galaxy V2 sangat optimal untuk browsing, bermain game serta melihat video HD sekalipun. Tak ketinggalan fitur Ultra Power Saving Mode telah dipersiapkan untuk mengoptimalkan daya tahan baterai Galaxy V.

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy V2

Tersedia memori internal 8GB yang nantinya bisa diperluas dengan menambahkan microSD. Sisa memori internalnya cuma 3.8GB, jadi sobat sinyaliti wajib menambahkan microSD untuk menambah ruang penyimpanan smartphone ini.

Meski spesifikasinya tergolong standar, namun Samsung Galaxy V2 menawarkan beragam fitur yang dianggap cukup untuk mendukung kinerja multitasking dan komunikasi. Mungkin smartphone ini kurang memuaskan ketika dipakai bermain game HD, karena ukuran layarnya tergolong sangat kecil dan resolusinya sangat rendah.

back to menu ↑

KAMERA

Pada bagian depan telah terpasang tombol fisik home bebarengan dengan tombol capacitive yang menjadi ciri khas smartphone Samsung. Sedangkan untuk bagian belakang, Samsung melengkapinya dengan kamera 5 Megapixel dan LED Flash  yang akan memaksimalkan pengambilan foto pada kondisi minim cahaya serta mampu mengurangi terjadinya goncangan. Kamera dari Galaxy V2 ini juga sanggup menghasilkan video dengan kualitas 720p@30fps. Kualitasnya tentu pas-pasan, namun tak jadi masalah selama kita bisa mengabadikan semua momen dalam bentuk foto ataupun video.

Sementara itu, pada bagian mukanya tersemat kamera sekunder VGA beresolusi 0,3 MP yang tentu tidak bisa menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang diinginkan. Akan tetapi, kamera yang tersemat pada spesifikasi Samsung Galaxy V2 ini masih mendukung untuk aktivitas video call dan video chat.

Spesifikasi, Harga, Samsung Galaxy V2

 

Rata-rata smartphone Android yang dibanderol setara harga Samsung Galaxy V2 memiliki kamera beresolusi 2 Megapixel keatas. Namun smartphone ini hanya memiliki kamera beresolusi 0.3 Megapixel atau kamera VGA. Bisa dikatakan kamera depan Galaxy V2 lebih cocok dipakai video call dibandingkan selfie, karena resolusi kameranya tergolong sangat rendah. Hasil selfienya tentu banyak noise dan kurang tajam.

back to menu ↑

BATERAI

Membekalkan baterai removable Lithium Ion dengan kapasitas 1.500 mAH pada Galaxy V2 ini. Kapasitas baterai ini tentu mendukung segala operasional yang dijalankannya dalam waktu seharian. Baterai yang ada pada Samsung Galaxy V2 juga diklaim mampu bertahan selama 8 jam untuk kebutuhan waktu bicara. Selain itu, baterai juga mampu bertahan dalam waktu 7 jam jika digunakan untuk menikmati akses internet. Fitur Ultra Saving mode yang berguna pada saat baterai low-bat juga turut menghiasi spesifikasi Samsung Galaxy V2 pada sektor ini. Lebih detail mengenai spesifikasinya, klik disini sobat sinyaliti.

Harga Samsung Galaxy V2 memang murah, namun sayangnya smartphone ini memiliki layar beresolusi rendah dan belum mengadopsi teknologi 4G LTE. Spesifikasi smartphone ini dibawah Samsung Galaxy J3 Emerge yang menawarkan layar beresolusi HD dan teknologi 4G LTE. Yah, harga Samsung Galaxy V2 yang murah telah membatasi spesifikasi smartphone ini. Namun Galaxy V2 bisa menjadi alternatif bagi sobat sinyaliti yang baru pertama kali memakai smartphone berbasis Android. Lebih lengkap mengenai spesifikasi handphone ini, klik disini sobat Sinyaliti.

Sumber: dari berbagai sumber

7 Total Score
Good!

Samsung Galaxy V2 sangat pas bila dimasukan disaku celana atau kemeja. Ponsel terbaru dari Samsung ini juga memiliki kinerja komputasi cukup responsif berkat dukungan prosesor Quad-core 1,2 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 1 GB, ROM 8 GB dan Slot MicroSD 256 GB. Beralih kesektor kameranya, Samsung Galaxy V2 dilengkapi dengan kamera utama 5 MP yang sudah dilengkapi dengan aotofocus dan LED Flash. Smartphone ini juga sudah menjalankan OS Android Marsmallow yang dikenal dengan tampilannya yang cantik serta diperkaya akan fitur dan aplikasi menarik.

Desain
7
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
7
PROS
  • Mengadopsi layar dengan diagonal 4.0 Inchi sangat responsif saat dioperasikan dengan satu tangan.
  • Mendukung konektifitas DualSIM yang memudahkan pengguna untuk tidak gonta ganti kartu perdana.
  • OS Android v5.0 Lollipop terbilang sudah cukup bagus karena masuk harga 1 Jutaan.
  • Dukungan dari prosessor Quad core 1,2Ghz dengan 1GB RAM cukup mumpuni untuk Multitasking meskipun hanya terbatas untu menjalankannya.
  • Kamera belakang sedikit lebih baik ketimbang seri sebelumnya yaitu dengan 5MP lengkap LED Flash.
  • Untuk Penyimpanan internal storage juga ditingkatkan menjadi 8GB plus MicroSD Upto 64GB.
  • Daya mengkomsumsi baterai yang lumayan awet berbekal kapasitas 1500 mAh +Ultra Data Saving & Ultra Power Saving.
CONS
  • Kontras warna yang dihasilkan sangat kurang karena hanya sebatas TFT.
  • Tidak didukung 4G LTE, padahal diluar sana harga 1 Jutaan sudah banyak yang memakai 4G LTE.
  • Kamera depan hanya sebatas VGA, Jadi kurang cocok untuk selfie & video call.
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0