Cara Mengatasi SIM Card Error atau Tidak Terbaca di iPhone

SINYALITI.com – Smartphone tanpa SIM Card akan sangat tidak berguna. Karena fungsi SIM Card dalam perangkat mobile sangatlah penting sekali. Setiap smartphone pasti sudah mendukung SIM Card, dan SIM Card akan otomatis berfungsi ketika digunakan.

Sayangnya, ada saja permasalahan yang bisa muncul yang berkaitan dengan SIM Card. Permasalahan ini sering muncul bukan hanya di perangkat dengan sistem operasi Android saja, namun perangkat iPhone pun bisa mengalami masalah terkait error SIM Card.

Salah satu masalah error pada SIM Card yang terkadang bisa dialami oleh pengguna iPhone adalah SIM Card tidak terbaca. Di mana SIM Card seolah tidak didukung, padahal sudah terpasang dengan baik.

Ada banyak sekali penyebab kenapa iPhone tidak bisa membaca keberadaan SIM Card ini. Padahal kartu sudah terpasang di slot yang tersedia.

Beberapa penyebabnya bisa saja karena ukuran kartu yang tidak cocok dengan slot, kartu sudah rusak, atau slot SIM Card-nya yang justru mengalami kerusakan.

Ketika SIM Card tidak terbaca, biasanya akan muncul pesan peringatan yang “SIM Card tidak valid atau tidak sah”, atau pesan “tidak ada SIM Card yang terpasang”.

Itu artinya, SIM Card tidak bisa dikenali oleh perangkat.

Untuk mengetahui permasalahan sebenarnya, kita harus tahu apa penyebab sebenarnya. Sehingga SIM Card yang tidak terbaca oleh perangkat iPhone, jika penyebab masalahnya sudah dikenali, maka kita akan lebih mudah mencari solusinya.

Tips Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di iPhone

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang mengalami masalah pada SIM Card di iPhone, mungkin Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini :

Menemukan SIM Card

Untuk memperbaiki masalah SIM Card, Anda harus tahu di mana lokasi menemukan kartu. Lokasinya tergantung pada model iPhone milik Anda.

1. iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS: Carilah tombol Hold dan jack headphone di bagian atas telepon. Anda akan menemukan slot dengan lubang kecil di dalamnya. Ini adalah nampan yang menyimpan kartu SIM.

2. iPhone 4 dan yang lebih baru: Pada iPhone 4 dan yang lebih baru, baki SIM ada di sisi kanan smartphone. iPhone 4 dan iPhone 4S menggunakan microSIM.

Sementara model iPhone 5 dan yang lebih baru menggunakan nanoSIM, yakni kartu SIM yang sedikit lebih kecil dan lebih modern.

Memasang Kembali SIM Card

Perbaikan pertama yang harus Anda coba adalah, memastikan kalau SIM Card tidak longgar dengan mencopot dan memasang kembali SIM Card ke tempatnya.

Untuk memasang kembali SIM Card ke slot-nya, gunakan “SIM Ejector”, tekan salah satu ujungnya ke lubang di baki kartu SIM. Ini akan mengeluarkan baki dari slot. Dorong kembali dan pastikan sudah terpasang dengan benar.

Setelah itu, tunggu hingga satu menit, kesalahan “No SIM Card Installed” ini akan hilang dan indikator sinyal dan nama operator seluler yang Anda gunakan akan muncul kembali di sudut kiri atas layar iPhone.

Jika tidak berhasil, lepaskan kembali SIM Card sepenuhnya. Lalu periksa SIM dan slot untuk memastikan tidak ada kotoran. Kalau kotor, maka SIM Card Anda harus dibersihkan, cukup dengan meniup ke lubang slot sampai benar-benar bersih.

Jika lubang SIM dan SIM Card tidak kotor, maka coba bandingkan ketebalan SIM Card lama Anda dengan yang baru. Jika ketebalannya berbeda, Anda bisa mengakalinya dengan modal selotip atau lakban untuk mengganjal bagian belakangnya.

Langkah 1: Update iOS

Jika memasang kembali kartu SIM yang tidak berfungsi, cek apakah ada update untuk iOS, sistem operasi yang berjalan di iPhone.

Di sini, Anda harus tersambung ke jaringan Wi-Fi dan memiliki masa pakai baterai yang cukup sebelum Anda melakukan ini.

Install update apa pun yang tersedia, dan lihat apakah itu memecahkan masalah. Untuk mengupdate iOS, ketuk Settings > General > Software Update.

Jika versi baru tersedia, ikuti petunjuk di layar atas untuk menginstalnya.

Langkah 2: Hidupkan Airplane Mode dan Matikan Kembali

Jika SIM Card masih error, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Airplane Mode, lalu matikan lagi.

Melakukan hal ini dapat mengatur ulang koneksi iPhone ke jaringan seluler, dan dapat menyelesaikan masalah.

Untuk melakukan ini :

1. Gesek ke atas dari bagian bawah layar (atau kanan atas, di iPhone X) untuk menampilkan Control Center.

2. Ketuk ikon “Pesawat” di ujung paling kiri, sehingga disorot.

3. Tunggu satu atau dua detik, lalu ketuk lagi. Sehingga ikon tidak disorot.

4. Gesek “Control Center” untuk menyembunyikannya.

5. Tunggu beberapa detik untuk melihat apakah kesalahan sudah diperbaiki atau belum.

Langkah 3: Restart iPhone

Jika iPhone Anda masih tidak mengenali SIM Card, cobalah perbaiki dengan restart. Untuk me-restart iPhone :

1. Tekan tombol Hold yang berada di kanan atas model awal (di sisi kanan untuk model yang lebih baru).

2. Terus tekan sampai Slider muncul di layar yang meminta iPhone dimatikan.

3. Lepaskan tombol penahan, dan geser Slider ke kiri ke kanan.

4. Tunggu sampai iPhone dimatikan.

5. Tekan lagi tombol Hold sampai logo Apple muncul.

6. Lepaskan tombol Hold, dan tunggu iPhone restart.

Langkah 4: Periksa Update Pengaturan Carrier

Penyebab lain di balik SIM Card yang error adalah perusahaan operator seluler yang Anda gunakan telah mengubah pengaturan untuk bagaimana perangkat Anda terhubung ke jaringannya, dan Anda perlu menginstalnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengaturan Carrier. Proses ini juga mudah, ketuk Settings > General > About.

Jika update tersedia, maka jendela akan muncul. Ketuk dan ikuti petunjuk di layar.

Langkah 5: Uji SIM Card Yang Tidak Berfungsi

Jika iPhone Anda tetap menampilkan pesan No SIM Card, mungkin hardware SIM Card Anda kemungkinan besar mengalami kerusakan.

Salah satu cara untuk mengetesnya adalah dengan menggunakan SIM Card dari smartphone lain, dan melihat apa yang terjadi.

Pastikan pula Anda menggunakan ukuran standar, baik microSIM maupun nanoSIM, untuk iPhone Anda.

Jika peringatan “No SIM Card Installed” yang tertera tidak hilang juga, maka bisa dipastikan kalau SIM iPhone milik Anda rusak.

Langkah 6: Pastikan SIM Sudah Registrasi

Pada 2017 lalu, pemerintah telah mewajibkan registrasi kartu SIM pra-bayar menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga.

Hal ini dilakukan agar pelanggan seluler tidak menyalahgunakan nomor prabayar dan juga agar smartphone Anda dapat terhubung ke jaringan operator telepon.

Jika akun Anda belum di-registrasi, maka kemungkinan Anda akan melihat kesalahan SIM. Jika tidak ada solusi lain yang berfungsi sejauh ini, coba tanyakan pada pusat layanan operator seluler yang ada di daerah Anda.

Langkah 7: Jika Tidak Ada Solusi Yang Memecahkan Masalah

Jika semua langkah ini tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan besar iPhone Anda mengalami masalah yang tidak dapat Anda perbaiki sendiri.

Saatnya bagi Anda untuk melakukan perjalanan ke Apple Center atau Services Center Apple terdekat. Atau bisa juga ke toko reparasi iPhone yang terpercaya seperti SINYALITI Apple Service maupun WEFIXIT Apple Service. Selamat mencoba!

 

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Semua Type iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?‚Äč

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

      Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat