Review Smartfren Andromax E2+: Pas Dalam Genggaman, Performa Maksimal

Sinyaliti.com – Bukan sekadar operator seluler, karena hampir seluruh smartphone yang dijual Smartfren dibanderol dengan sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 1 jutaan. Salah satu yang terbaru diantaranya adalah Smartfren Andromax E2+ yang dibandrol dengan harga Rp.1,2 juta saja. Yuk Simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Smartfren Andromax E2+:

Desain Smartfren Andromax E2+:

Bicara soal layar, Andromax E2+ ini masih sama dengan pendahulunya, mengusung luas 4,5 inci. Sayangnya ukuran VGAnya masih tergolong kecil, yakni FWVGA alias 854×480. Bagi sobat sinyaliti yang biasa melihat layar dengan resolusi diatas FWVGA, pasti akan merasakan perbedaan yang cukup mencolok saat menatap spesifikasi layarnya.

Kekurangan lain terdapat pada layar yang belum dilapisi pelindung seperti Corning Gorilla Glass dan semacamnya. Ketika Melihat desain antarmukanya akan langsung mengingatkan kita pada tampilan bawaan Google Stock.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Kesan pertama kali saat menggenggam smartphone ini adalah terasa sangat pas di tangan. Smartfren Andromax E2+ ini telah menggunakan rangka alias frame dengan bahan metal.

Lalu pada layar depan terdapat kamera sebesar 5 megapiksel serta tombol kapasitif di bagian bawah yang terpisah dengan layar. Beralih ke bagian belakang, kita akan menjumpai sensor kamera dengan spesifikasi 5 megapiksel dan sebuah flash LED pada sisi lainnya. Serta tak ketinggalan terdapat speaker yang letaknya berada di tengah dekat dengan logo Hisense.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Pada tampilan menu utama, kita akan menemukan tombol App Drawer yang dapat digunakan untuk mengakses menu-menu aplikasi pada smartphone ini.  Berikut ini beberapa tampak tampilannya dari berbagai sudut sobat Sinyaliti

Tampak Belakang

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Tampak Bawah

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Tersedia tiga pilihan warna yang dapat dipilih, diantaranya Hitam, Putih, dan Gold.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Bicara soal fitur dan spesifikasi, Smartfren Andromax E2+ ini mengandalkan jaringan VoLTE atau Voice over LTE yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih jernih saat sedang bertelepon. Menariknya lagi Smartfren merupakan operator pertama Indonesia yang telah menerapkan fitur VoLTE ini. Dengan adanya fitur ini, saat ada panggilan masuk, jaringan yang digunakan akan tetap 4G LTE, serta mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Selain itu dengan adanya fitur VoLTE, penggunaan video call lebih maksimal karena mampu menghasilkan kualitas yang lebih jernih dan tidak patah-patah. Bahkan pihak smartfren mengatakan bahwa harga yang dikenakan mirip seperti pada saat melakukan panggilan telepon biasa, jadi tidak akan memakan kuota paket data.

Smartfren Andromax E2+ juga dibekali dengan aplikasi bawaan yang memudahkan kita dalam mengakses dunia Smartfren. Misal saja ada aplikasi My Smartfren yang berguna untuk mengetahui informasi detail dari kartu yang kita gunakan, mulai dari sisa pulsa, mengetahui masa aktif, jenis paket yang sedang berlangganan, atau mencari konten-konten yang disediakan oleh Smartfren.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Selain itu juga ada aplikasi Smart Play yang merupakan toko aplikasi digital milik Smartfren yang mirip dengan Google Play Store. Untuk multimedia, seperti smartphone entry level lainnya, pada Smartfren Andromax E2+ juga terdapat aplikasi bawaan dari Google Stock untuk menikmati video ataupun lagu. Tapi yang menarik adalah, adanya satu aplikasi bawaan Smartfren yakni Smart Music, yang mana aplikasi ini agak mirip dengan JOOX Music ataupun Spotify.

Aplikasi Smart Music ini juga ada fitur berbayarnya, seperti fitur dapat mengunduh lagu ke perangkat smartphone. Kita juga bisa memilih ingin berlangganan mulai dari harian, mingguan, hingga 6 bulan. Namun yang cukup disayangkan adalah untuk versi gratis ini hanya dapat mendengarkan lagu selama 1 menit pertama saja.

back to menu ↑

Performa

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

 

Mengusung chipset quad core dari Qualcomm Snapdragon 212 dan RAM sebesar 2GB, smartphone ini sudah sangat pas untuk sekelas smartphone entry level dikisaran harga sejutaan. jSisa dari RAM pada Smartfren Andomax E2+ ini juga terbilang cukup banyak, yakni sekitar 1,3GB hingga 1,4GB, yang mana dalam kondisi ini kami hanya memasang beberapa aplikasi media sosial saja. Lalu untuk memori internalnya sebesar 16GB dengan sisa yang dapat digunakan sekitar 10GB.

Pengujian pun dilakukan untuk game yang cukup berat, yakni Asphalt 8: Airborne dan Assassin’s Creed Identity. Saat menguji game Asphalt 8: Airborne, mengejutkan karena Smartfren Andromax E2+ ini mampu berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis yang high. Meskipun resolusi layarnya masih FWVGA.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Sedangkan untuk game Assassin’s Creed Identity, smartphone ini dapat memainkan dengan lancar, hanya saja kualitas grafisnya agak kurang nyaman untuk dilihat. Hal ini dikarenakan resolusi dari smartphone ini tergolong kecil, sehingga kurang maksimal dalam menampilkan detail gambar.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Selain itu, berikut hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu, Geekbench 3, dan 3DMark, untuk mendeteksi sensor yang ada pada smartphone ini melalui aplikasi Sensor Box. Berikut hasilnya.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Kamera

Membahas kamera pada Smartfren Andromax E2+, ada sensor 5 megapiksel pada bagian belakang yang berjajar dengan sebuah flash LED. Sedangkan pada kamera depannya terdapat sebuah flash LED dan sensor kamera yang sama besarnya, yakni sebesar 5 megapiksel.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Hanya saja yang membedakan kamera depan dengan kamera belakang Andromax E2+ ini adalah, fokus pada kamera depan sudah paten alias fixed focus, berbeda dengan kamera belakang yang auto focus sobat Sinyaliti.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Aplikasi pengambilan foto pada Smartfren Andromax E2+ ini masih menggunakan bawaan dari Google Camera. Bahkan untuk pilihan mode bisa dikatakan terbatas, mulai dari auto, potrait, candlelight, night, serta panorama mode. Tidak ketinggalan ada mode HDR untuk menghasilkan foto yang lebih kaya warna lagi. Sedangkan untuk pengaturan manual yang bisa ditelusuri, ada pilihan pengaturan ISO, eksposure, white balance, saturasi, kontras, dan ketajaman gambar.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Lalu untuk merekam video, resolusi yang ditawarkan yakni HD alias 720×1280. Yang menarik adalah, kita dapat mengatur encoder yang akan digunakan pada saat merekam, seperti pilihan encoder video dari H264, H263 dan MP4. Sedangkan untuk encoder audio ada AMRNB dan AAC. Kualitas foto yang dihasilkan dari Smartfren Andromax E2+ ini, tidak dapat diharapkan karena memang smartphone ini ditujukan untuk pengguna harian yang tidak mengutamakan kamera pada sebuah smartphone. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Andromax E2+.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

Yang cukup mengganggu dari kualitas videonya adalah fokus dari kamera ini agak lari kemana-mana sehingga lebih sering mencari fokus saat merekam. Berikut dibawah ini hasil foto yang diambil dengan Andromax E2+.

Smartfren Andromax E2+: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Urusan asupan daya, Smartfren Andromax E2+ ini disuplai oleh baterai berkapasitas 1900mAh. Untuk penggunaan aktifitas sehari-hari seperti berkirim pesan, browsing dan mengakses media sosial, smartphone ini masih dapat bertahan sekitar 5 hingga 6 jam pemakaian. Lama pengisian baterai sendiri dari posisi 0% ke 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam kurang, karena memang tidak dilengkapi dengan fitur fast charging pada Smartfren Andromax E2+ ini sobat Sinyaliti. Lebih detail mengenai smartphone ini, klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

[/wpsm_numbox]

7 Total Score
Good!

Murah tapi dahsyat!Smartphone 4G-LTE Dengan RAM 2 GB yang dibandrol dengan harga Rp. 1 Jutaan Smartfren Andromax E2+ jawabannya!

Design
7
Fitur
7
Performa
7
Kamera
7
Baterai
7
Kelebihan
  • Smartfren telah menjadi salah satu penyedia layanan 4G-LTE, bahkan perusahaan ini telah menghadirkan layanan VoLTE pertama di Indonesia, semuanya pada Smartfren Andromax E2+, ponsel pintar baru dengan harga terjangkau!
Kekurangan
  • Lama pengisian baterai dari posisi 0% ke 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam kurang, karena memang tidak dilengkapi dengan fitur fast charging pada Smartfren Andromax E2+ ini sobat Sinyaliti!
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0