Review Smartfren Andromax E2: Jaringan Tercepat 4G-LTE ala Smartfren

Sinyaliti.com –  Kini Smartfren telah menjadi salah satu penyedia layanan 4G-LTE, bahkan perusahaan ini telah menghadirkan layanan VoLTE pertama di Indonesia. VoLTE sendiri merupakan layanan yang memungkinkan pengguna smartphone bisa melakukan telepon atau video call melalui jaringan 4G-LTE. Menariknya, ponsel pintar 4G-LTE yang ditawarkan oleh Smartfren memiliki harga yang terjangkau pada jajaran keluarga Andromax. Beberapa waktu lalu Smartfren merilis ponsel pintar baru di keluarga tersebut dengan harga terjangkau, yakni Smartfren Andromax E2. Simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya berikut ini sobat Sinyaliti.

Spesifikasi Detail Smartfren Andromax E2

Desain Smartfren Andromax E2

Dengan harga di bawah Rp. 1 juta, ponsel ini dibalut material plastik dan tersedia dalam tiga pilihan warna yakni hitam, abu-abu, dan putih. Layarnya berukuran 4,5 inci dengan resolusi 480×854 piksel dan kerapatan 218 piksel per inci. Ukuran itu membuatnya nyaman digenggam dengan satu tangan. Tentu saja, dengan harga semurah itu, layar ini tak dilapisi pelindung Gorilla Glass. Namun Smartfren telah menyediakan antigores bawaan yang sudah tertempel di layar.

Di bagian depan, ponsel ini dibekali dengan kamera depan berlensa 5MP dengan tambahan LED flash yang berguna untuk berfoto pada kondisi minim cahaya. Ada juga earpiece yang terletak di antara kamera dan flash. Cover belakang Andromax E2 terbuat dari bahan plastik doff. Bahan ini terkenal licin sehingga baiknya sobat Sinyaliti berhati-hati saat menggunakan dan meletakkannya. Berbeda dengan Andromax R2, cover belakang E2 bisa dibuka dan baterainya bisa dilepas sendiri oleh pengguna sehingga dapat membawa baterai cadangan.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

Tempat memasukkan dua buah kartu SIM dan slot microSD pada smartphone ini mampu menampung maksimal 32GB. Penempatan speaker utama berada di bagian bawah baterai. Dua slot kartu SIM yang diberikan bisa dinyalakan secara bersamaan.

Di bagian sampingnya tidak ada hal yang spesial, hanya ada penempatan tombol volume di sisi kiri dan tombol daya di sisi kanan. Begitu juga dengan sisi atas bawah. Di sisi atas hanya terdapat lubang headset 3,5mm, sedangkan di bagian bawah hanya terdapat lubang microUSB dan mic.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

Smartfren Andromax E2 memang tak hadir dengan sistem operasi khusus maupun antarmuka khusus. Semuanya murni menggunakan sistem operasi Android versi 5.1.1 atau Android Lollipop. Hal tersebut membuat ponsel ini tidak memiliki hal yang istimewa pada sisi antarmuka dan fiturnya.

Andromax E2 juga hadir dengan beberapa fitur yang sudah terpasang di ponsel ini seperti fitur gestur dan fitur ketuk layar dua kali untuk menyalakannya. Selain itu pengguna dapat mengatur gestur-gestur tertentu untuk membuka aplikasi bahkan dari kondisi layar yang tengah mati.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Walaupun harga Smartfren Andromax E2 dibanderol dengan harga terjangkau, akan tetapi ponsel ini menawarkan fitur premium berupa teknologi VolTE. Teknologi ini akan menghasilkan panggilan suara lebih jernih saat dipakai melakukan telepon pada jaringan 4G LTE milik Smartfren. Selain menghasilkan HD Voice, teknologi VoLTE juga membuat koneksi video call lebih stabil, sehingga memaksimalkan komunikasi pengguna Andromax E2. Di sisi lain, ponsel ini juga memiliki fitur Dual Sim yang memadukan jaringan 4G LTE Smartfren dengan jaringan GSM (EDGE).

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

Koneksi internet GSM yang dibawanya memang sebatas Edge, jadi untuk akses internet lebih baik mengandalkan jaringan milik Smartfren. Fitur-fitur pendukung seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan Port MicroUSB 2.0, pastinya sudah ada pada ponsel berlayar 4.5 inci ini, sehingga konektivitasnya terbilang lengkap dan sebanding dengan harga Smartfren Andromax E2. Selain urusan konektivias, pengguna Andromax E2 juga dimanjakan dengan kinerja hardware cepat yang digawangi processor Quad Core.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Performa

Smartfren Andromax E2 akan berjalan pada sistem operasi Android Lollipop 5.1 dan ditawarkan dalam 3 pilihan warna, berupa putih, hitam, dan warna abu-abu. Bodinya memang plastik, namun didalamnya tersimpan Ram 1GB yang di dukung kapasitas memori internal 8GB, serta slot memori ekternal yang bisa membaca memori microSD mencapai 64GB.

Tak sampai disitu saja, Andromax E2 juga dipersenjatai processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A7 yang dibuat oleh Qualcomm, dan didukung pengolahan grafis Adreno 304.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

Entah mengapa Smartfren tak kembali mengadopsi chipset Snapdragon 410 pada ponsel terbarunya, akan tetapi lebih memilih memakai processor Qualcomm yang masih memakai arsitektur 32-Bit. Mungkin hal ini dilakukan agar harga Smartfren Andromax E2 bisa dipasarkan dengan harga lebih terjangkau.

Walaupun begitu, performa yang ditawarkan Andromax E2 akan cukup cepat dalam menjalankan aplikasi maupun game, sehingga kebutuhan mobile pengguna ponsel ini akan terpenuhu semuanya, baik dari segi komunikasi maupun dari segi hiburan.

Dengan spesifikasi seperti ini, dalam memainkan game yang dianggap berat, seperti Need For Speed No Limit. Memang waktu yang dibutuhkan untuk memulai permainan terasa lambat, tetapi saat permainan mulai berlangsung, tidak ada kendala dalam pengoperasiannya. Berbeda dengan Andromax R2, E2 tidak dibekali dengan sensor giroskop (gyroscope) sobat Sinyaliti.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga
Walau performa pas-pasan, Andromax E2 sudah dilengkapi dengan kemampuan internet dengan teknologi 4G LTE yang dapat mempermudah dan mempercepat pencarian informasi yang dibutuhkan. Bahkan ponsel ini sudah mendukung VoLTE (Voice Over LTE) seperti Andromax R2.

Berikut informasi hasil dari beberapa aplikasi benchmark:

AnTuTu: 20931
Quadrant: 1825
Geekbench: 340 (single core) 1105 (multi core)

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

KAMERA

Kelebihan seri Andromax Ec dan Andromax Es tetap dipertahankan pada ponsel ini. Pasalnya Smartfren Andromax E2 memiliki kamera belakang beresolusi 5 MP dengan fitur Auotofocus dan mengadopsi sensor bertipe BSI. Kemampuan kamera tersebut cukup memuaskan saat mengabadikan foto dan merekam video dimalam hari, karena akan dioptimalkan oleh fitur LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk kedalam lensa. Sedangkan untuk urusan merekam video, kemungkinan Andromax E2 hanya support video HD 720p@30fps.

Smartfren Andromax E2: Detail Spesifikasi & Harga

Bergeser ke kamera bagian depan, telah terpasang kamera 5 MP yang sama-sama dibekali teknologi LED Flash. Hadirnya LED Flash pada sisi depan akan mempermudah pengguna Andromax E2 dalam mengambil jepretan selfie dimalam hari. Lebih hebatnya lagi, kamera depan Andromax E2 memiliki lensa wide angle dan didukung fitur fixed focus. Alhasil ponsel ini bisa mengambil foto selfie dengan objek background lebih luas, sehingga cocok dipakai berfoto selfie bersama banyak orang.

back to menu ↑

BATERAI

Smartfren Andromax E2 ini memiliki baterai berkapasitas 2000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, ternyata sesuai perkiraan memang tidak mampu bertahan lama, terutama ketika menggunakan jaringan 4G-LTE dari Smartfren. Dalam pengujian sehari-hari, mulai dari SMS, telepon, browsing, chatting menjalankan aplikasi media sosial, dan, office, saya berhasil mendapatkan daya tahan baterainya mencapai rata-rata 5 jam saja dari keadaan 100 % hingga 15 %. Selanjutnya, saya mencoba untuk menguji daya tahan baterai menggunakan aplikasi Geekbench 3 dan berhasil mendapatkan daya tahan baterai 6 jam 45 menit mulai dari 100 % hingga 0 %. Lebih detail mengenai spesifikasi Andromax E2, klik disini sobat Sinyaliti.

Sumber: dari berbagai sumber

6.5 Total Score
Good!

Operator Smartfren memang bisa dibilang adalah pihak yang sangat produktif dalam menghadirkan inovasi teknologi 4G LTE di Indonesia, setelah sebelumnya pernah merilis jajaran keluarga Andromax 4G, kini mereka kembali merilis smartphone 4G murah lewat Smartfren Andromax E2 yang dibanderol hanya dengan harga dibawah satu jutaan saja,

Desain
7.5
Performance
8
Fitur
7.5
Kamera
8
Baterai
8
0
Kelebihan
  • -Harga murah meriah dibawah 1 juta
  • -Mendukung jaringan 4G LTE
  • -Sudah dual SIM
  • -Tersedia fitur VoLTE
  • -Kapasitas baterai lumayan besar
  • -Sistem operasi Android Lollipop
  • -Kamera depan 5MP dengan LED Flash dan wide-angle
Kekurangan
  • -Layar belum IPS dan tidak ada lapisan antigores
  • -Slot SIM GSM hanya mendukung jaringan EDGE
  • -Resolusi layar belum HD
  • -Prosesor masih 32-bit
  • -Casing dibalut dengan bahan plastik
User Rating: 4.5 (2 votes)
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0