Smartfren Bakal Boyong Trio iPhone 11 ke Indonesia

SINYALITI.com – Baru-baru ini Smartfren menyatakan keinginannya untuk memboyong trio iPhone 11 ke Indonesia. Pihak Smartfren sendiri mengakui bahwa saat ini mereka tengah melakukan negosiasi dengan Apple.

Menurut Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, pihaknya sudah dua tahun berturut-turut bekerja sama dengan Apple dalam program bundling iPhone terbaru. Untuk itu, Smartfren berambisi untuk membawa trio iPhone 11 ke Indonesia.

“Belum masuk, lagi dibicarakan. Kita dua tahun berturut-turut kerja sama dengan mereka. Ya, ini lagi mau.”, ujar Djoko dalam sebuah acara peluncuran Smartpoin 2.0 di kawasan Jakarta Selatan.

“Biasanya, urusan komersialnya (kendala), urusannya ujung duitnya gimana, kita mesti ada promo apa, dan segala macam.”, tambah Djoko.

Meski begitu, hingga detik ini pihak Smartfren juga belum bisa memastikan apakah kembali akan menjadi mitra eksklusif seperti tahun-tahun sebelumnya atau tidak.

Smartfren sendiri memang beberapa tahun belakangan kerap menjadi mitra Apple dalam program bundling. Pada tahun lalu, Smartfren juga mem-bundling tiga iPhone terbarunya, yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

iPhone 11 Kantongi Sertifikat TKDN

Trio iPhone 11 terbaru memang disebut-sebut akan segera masuk ke Indonesia. Indikasinya bisa dilihat di mana ketiga perangkat itu telah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementrian Perindustrian.

Mengacu pada laman TKDN Kementerian Perindustrian, PT Apple Indonesia sendiri telah mengantongi sertifikasi dengan nomor sertifikat 387/SJ-IND.8/TKDN/9/2019.

Baik iPhone 11, iPhone 11 Pro, maupun iPhone 11 Pro Max, sama-sama mendapatkan nilai 30 persen, angka terendah untuk lolos sertifikasi TKDN.

Sebagai informasi, TKDN sebesar 30 persen merupakan salah syarat yang wajib dipenuhi sebelum produk ponsel 4G bisa dijual di Indonesia.

Apple sendiri diketahui menempuh jalur komitmen investasi untuk memenuhi persyaratan TKDN.

PT Apple Indonesia telah mengantongi sertifikasi TKDN Kementerian Perindustrian, dengan nomor sertifikat 387/SJ-IND.8/TKDN/9/2019.

Meskipun belum diketahui kapan trio iPhone 11 ini akan mulai dijual di Indoensia, namun jika menilik peluncuran iPhone XS dan iPhone XR di tahun sebelumnya, ketiga iPhone tersebut kemungkinan akan menyapa peminat di Tanah Air sekitar pertengahan Desember 2019 mendatang.

Harga

Bicara soal harga, di Amerika Serikat (AS), untuk varian iPhone 11 dibanderol paling murah seharga 699 Dollar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.

Sedangkan untuk varian iPhone 11 Pro dijual seharga 999 Dollar AS atau sekitar Rp 14 juta. Dan untuk iPhone 11 Pro Max ditawarkan dengan harga 1.099 Dollar AS atau sekitar Rp 15,4 juta.

Bila berkaca dari tahun sebelumnya, selisih harga di AS dan di Indonesia terpaut sekitar Rp 5 jutaan atau lebih. Sebagi perbandingan, harga paling murah untuk iPhone XR di AS adalah 749 Dollar AS atau sekitar Rp 10,7 juta (dengan kurs saat itu), dan di Indonesia dijual dengan harga Rp 15,2 juta.

Sedangkan untuk iPhone XS dijual seharga 999 Dollar AS atau sekitar Rp 14,3 juta (dengan kurs saat itu), dan dijual Rp 20,5 juta di Indonesia.

Sementara untuk iPhone XS Max dijual 1.099 Dollar AS atau sekitar Rp 15,8 juta (dengan kurs saat itu), dan dijual Rp 22,5 juta di Tanah Air.

Jadi, kira-kira berapa ya harga trio iPhone 11 ini di Indonesia? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti LCD iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
WhatsApp chat