Selamat Datang, Face ID! Selamat Tinggal, Touch ID!

Sinyaliti.com – Ketika Apple meluncurkan iPhone X dengan desain full-screen, mereka sepakat memutuskan untuk menghilangkan fitur Touch ID atau sensor fingerprint. Dan sebagai gantinya, Apple pun kemudian menciptakan teknologi Face ID atau fitur pengenalan wajah untuk membuka kunci smartphone.

Fitur pengenalan wajah 3D tersebut pun telah berhasil menjadi nilai jual yang dimiliki oleh iPhone X. Karena pada duo iPhone 8 dan 8 Plus tidak memiliki fitur pengenalan wajah terbaru tersebut.

Teknologi Face ID pada iPhone X pun terus mendapat ulasan positif, meski perangkat ini sendiri masih baru dipasarkan.

Implikasinya adalah, bahwa para kompetitor Apple di pasar Android tentunya tidak akan tinggal diam melihat kesuksesan Face ID, dimana beberapa pesaing Apple saat ini dilaporkan tengah menggarap teknologi yang serupa.

Bahkan baru-baru ini sudah ada laporan bahwa Xiaomi dan Samsung yang bekerja sama dengan Qualcomm tengah mempersiapkan penggunaan pengenalan Facial 3D pada smartphone flagship milik mereka.

Tak hanya Xiaomi dan Samsung saja, begitu pula dengan Oppo yang sekarang telah dituntut untuk bisa mengerjakan teknologi Facial Recognition dengan Qualcomm.

Menurut laporan terakhir bahkan menjelaskan bahwa Xiaomi dan Oppo berkolaborasi dengan Qualcomm untuk meluncurkan teknologi tersebut pada smartphone flagship mereka yang akan meluncur tahun 2018 mendatang.

Teknologi pengengalan wajah 3D tersebut dikabarkan akan dikembangkan bersama oleh Qualcomm dan Wonder Vision. Sementara untuk modul sensor, akan dipasok oleh Reliance Optoelectronics.

Untuk produksi massalnya sendiri dikabarkan akan berlangsung pada bulan Maret dan April tahun depan.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password