Smartphone Dengan Layar Berlian Akan Dirilis Tahun Depan

Sinyaliti.com – Layar smartphone ke depannya mungkin tidak akan lagi menggunakan material kaca. Pasalnya, kaca pelapis layar pada ponsel berbahan berlian saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat (AS) bernama Akhan Semiconductor.

Ya, perusahaan asal Negeri Paman Sam itu akan menjadi yang pertama menggebrak teknologi layar smartphone dengan material yang belum pernah digunakan, yakni berlian. Kabarnya, mereka akan meluncurkan layar berlian ini pada salah satu smartphone teranyar pada tahun 2019 mendatang.

Oleh perusahaan tersebut, layar berlian yang diciptakan di dalam laboratorium ini dinamakan “Miraj Diamond Glass”.

Disebutkan pula, pemilihan berlian sebagai materi utama diyakini akan membuat layar lebih kuat dan sepuluh kali lebih keras dari layar smartphone yang sudah ada di pasaran.

Selain itu, layar pada smartphone juga akan lebih tahan banting dibanding ponsel yang beredar saat ini. Sebab, berlian merupakan materi karbon super keras yang tahan gores dan tangguh.

Miraj Diamond Glass sendiri dibuat menggunakan pola nano-crystal yang disusun secara acak. Layar berlian ini juga dicampur dengan material lain seperti Gorilla Glass untuk membuatnya semakin kuat. Sehingga nantinya mampu meminimalisir peluang terjadinya retakan, sekaligus melindungi komponen lain di baliknya seperti panel display LED maupun sensor.

Sebagaimana dirangkum dari laman Cnet, Akhan bekerjasama dengan sebuah rekanan pabrikan perangkat untuk menyempurnakan layar berlian tersebut.

Untuk saat ini, Akhan Semiconductor tengah menguji teknologi tersebut agar dapat bekerja dengan baik, seperti uji ketahanan dan konduktivitas untuk mendukung fungsi touchscreen.

Mereka juga berupaya untuk mengurangi tingkat refleksi pada layar, sehingga nantinya pengguna bisa menggunakan layar dalam kondisi pencahayaan yang terang.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password