Speaker iPhone Tidak Jernih?

SINYALITI.com – Kehadiran iPhone X memang benar-benar berbeda dari para pendahulunya. iPhone X merupakan iPhone pertama yang membanggakan panel layar OLED menakjubkan, dan juga sebagai smartphone pertama milik Apple yang menyingkirkan tombol Home yang ikonik.

Namun, seperti ponsel lainnya, kehadiran iPhone X di pasar juga tidak berjalan begitu mulus. Hal ini disebabkan adanya beberapa masalah yang muncul dan menggerogoti iPhone X.

Sebelumnya, iPhone X dikabarkan tidak bisa menerima telepon masuk. Kini, setidaknya ada satu masalah yang cukup mengganggu, yaitu iPhone X dilaporkan mengalami masalah pada speaker.

Dilaporkan dari Phone Arena, Selasa (26/11/2019), beberapa pengguna iPhone X mengeluhkan bahwa mereka mendengar suara cracking yang aneh dari earpiece speaker iPhone X milik mereka.

Laporan ini sendiri bisa ditemukan di forum MacRumors, Twitter, dan juga Reddit.

“Saya menyukai ponsel ini. Tapi saya bertanya-tanya, apakah ada yang punya masalah dengan speaker yang sedikit terdengar berderak dalam volume maksimal?”, ujar salah seorang anggota forum MacRumors dengan nama @ShadowYYZ.

Dia juga mengatakan bahwa masalah dengan speaker itu muncul pada lagu-lagu tertentu, dan bahkan nada dering yang dia beli dari iTunes Store.

Sementara pemilik iPhone X lainnya bernama @dback83, juga menulis masalah serupa di Reddit.

“Sekarang dengan iPhone X, bahkan dengan volume rendah 50 persen suara audio sangat buruk. Ketika dinaikkan hingga 80 sampai 100 persen, suara hampir tidak dapat didengarkan.”

Masalah di atas juga sangat mungkin bisa terjadi pada iPhone X kesayangan Anda.

Lantas, bagaimana cara mengatasi munculnya suara yang tidak jernih pada speaker iPhone?

Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah berikut, ada baiknya periksa terlebih dahulu apakah speaker berfungsi atau tidak.

Caranya, Anda bisa memulainya dari “Pengaturan” > “Suara”, atau “Pengaturan” > “Suara & Haptik”, lalu tarik penggeser “Dering dan Peringatan” ke atas atau bawah beberapa kali.

Jika tidak mendengar suara, itu artinya speaker iPhone milik Anda mungkin perlu di service di toko reparasi iPhone.

Namun, jika Anda mendengar suara, gunakanlah langkah-langkah berikut ini dan periksa suara setelah setiap langkah.

Berikut cara mengatasi speaker iPhone yang tidak jernih.

Cara Mengatasi Speaker iPhone Yang Tidak Jernih.

Cara Mengatasi Speaker iPhone Yang Tidak Jernih

1. Memeriksa Pengaturan Suara

Jika perangkat dilengkapi dengan pengalih Dering/ Hening, maka pindahkan pengalih ke depan ke arah layar perangkat, sehingga warna orange tidak ditampilkan.

Caranya, buka “Pengaturan” > “Jangan Ganggu” dan periksa apakah “Jangan Ganggu” non-aktif.

Ilustrasi.

Jika Anda menggunakan iPad, geser ke atas untuk menampilkan “Pusat Kontrol”, dan pastikan tombol “Bisukan” dan “Jangan Ganggu” tidak diaktifkan.

2. Memeriksa Suara Dengan App

Buka aplikasi yang memiliki efek suara atau musik. Setelah itu, sesuaikan volume dengan tombol Volume atau penggeser di Pusat Kontrol.

3. Memasang Headphone ke Perangkat

Jika Anda dapat mendengar suara melalui headphone, namun tidak melalui speaker perangkat, lepas sambungan headphone, lalu bersihkan debu atau kotoran dari port headset di perangkat Anda.

4. Mematikan Bluetooth

Untuk memastikan bahwa perangkat Anda tidak mengirim audio ke aksesori Bluetooth, Anda bisa buka “Pengaturan” > “Bluetooth”, lalu matikan Bluetooth.

5. Menghidupkan Ulang Perangkat

Matikan perangkat Anda, lalu nyalakan kembali. Kemudian periksa kembali suara.

Jika suara di speaker iPhone Anda tetap tidak jernih, itu artinya iPhone Anda harus di service di toko reparasi iPhone untuk perbaikan.

Segera perbaiki speaker iPhone Anda, dan buatlah janji terlebih dahulu jika Anda ingin datang langsung ke toko reparasi iPhone tersebut.

Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Ear Speaker iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare-part Original serta bergaransi.

Sinyaliti.com
Logo
BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?​

Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

HUBUNGI WEFIXIT
WhatsApp chat