Jangan Kalap! Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Saat Belanja Online

Sinyaliti.com –  Hari Belanja Online Nasional 2017 (Harbolnas) telah tiba. Momen yang dirayakan setiap tanggal 11 November dan 12 Desember ini memang banyak dimanfaatkan oleh e-commerce serta brand untuk memberikan penawaran istimewa.

Untuk bulan Desember 2017 ini, beberapa e-commerce serta brand memberi penawaran istimewa dengan diskon bervariasi hingga 15 Desember 2017 mendatang. Jadi, masih ada waktu buat kamu yang ingin membeli barang incaran!

Tapi, supaya kamu tidak kalap waktu berbelanja, coba deh kamu ikuti beberapa tips berikut ini. Yuk, simak!

1. Siapkan dana

Namanya juga hari diskon, tentu saja penjual akan berlomba-lomba menarik perhatian dengan berbagai macam trik. Nah, supaya anggaran kamu tidak jebol, pastikan berapa besar dana yang ingin kamu habiskan.

Jangan sampai kamu membeli barang melewati anggaran yang sudah dipatok, agar tidak kerepotan nantinya.

2. Susun daftar belanjaan

Sama seperti sebelum berangkat ke supermarket, saat belanja online pun kamu harus menyusun dulu, apa saja yang ingin kamu beli. Fokus saja dengan barang yang diincar, jangan lapar mata, klik sana klik sini, gara-gara banyak ikon menggoda bermunculan.

Kalau pun barang yang dicari tidak ada, coba cari di toko lain. Atau cari barang sejenis dengan tipe atau merek yang berbeda. Dengan membuat daftar terlebih dulu, kamu bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Jadi, prioritaskan dulu untuk mencari barang yang dibutuhkan. Jika sudah selesai, dan dana masih tersedia, baru deh kamu bisa mencari barang lain yang kamu inginkan!

3. Pakai kupon

Banyak toko menyediakan kupon atau voucher belanja setiap selesai berbelanja satu produk. Voucher tersebut hanya bisa dipakai untuk berbelanja lagi di toko yang sama, dengan menambahkan dana. Dengan cara itu, kamu bisa lebih berhemat lagi.

Ada yang memberi diskon besar, voucher, beli 1 dapat 2, memberi kupon bonus, dan sebagainya. Padukan voucher yang didapat dari toko online, dengan diskon promo dari bank yang dipakai untuk membayar.

4. Tetap fokus dan jangan tergoda

Perhatikan saja produk yang ingin kamu beli, karena memang sedang dibutuhkan. Pasalnya, selama pencarian barang, kamu bakal melihat godaan diskon yang kelihatannya besar. Misalnya, diskon sampai 90 persen.

Tapi ingat, tak ada pedagang yang mau rugi. Jadi jelas, itu hanya trik saja!

Dan juga, biasanya banyak syarat dan ketentuannya, misalnya hanya berlaku pada tanggal dan jam tertentu, hanya boleh dibayar dengan cara tertentu. Bahkan banyak promo dengan diskon besar, hanya menyediakan barang yang sangat terbatas.

Sisanya, calon pembeli akan diarahkan untuk membeli produk lain yang diskonnya tak begitu besar.

5. Cek harga pasar

Nah, ini yang paling penting. Mentang-mentang sedang Harbolnas, kamu berharap ada sinterklas dari langit yang membanjiri toko online dengan barang super murah.

Cek dulu di situs yang tak memberi diskon, cek harga aslinya. Kamu bisa cek di toko aslinya, atau di situs resminya. Misalnya, untuk gadget kamu bisa cek di toko hape biasa, atau cek di situs distributor resmi seperti Globalteleshop, Erafone, atau Okeshop.

Sebab, ada pula pedagang yang “nakal”. Mereka menaruh harga awal yang dicoret dengan harga saat sebuah gadget baru diluncurkan, lalu menampilkan harga diskon yang seolah-olah terlihat murah.

 

Halaman selanjutnya:

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0