Tips Mengatasi Masalah Kamera iPhone Yang Nge-Blur

SINYALITI.com – iPhone diklaim sebagai produk gadget paling canggih dibandingkan Android, dan sangat jarang sekali terkena masalah. Namun belakangan ini muncul banyak masalah pada iPhone, baik dari sisi hardware maupun software. Dan salah satu yang paling banyak dikeluhkan para pengguna iPhone adalah masalah pada kamera.

Ya, meski kamera iPhone menjadi kamera ponsel yang paling banyak mendapatkan upgrade selama bertahun-tahun, dan mungkin juga sebagai salah satu kamera point-and-shoot yang paling populer di dunia, namun sepertinya hal itu tidak lantas membuat kamera pada iPhone sempurna.

Sama seperti kamera ponsel merek lainnya, kamera pada iPhone juga bisa terkena masalah hardware maupun bug software.

Misalnya saja, pada beberapa kasus, kabarnya iPhone memiliki lebih dari satu masalah, dan itu pun hanya pada kamera belakang saja.

Informasi ini berdasarkan pada beberapa laporan dari para pengguna iPhone yang memulai aplikasi kamera, dimana mereka mengatakan telah menemukan kamera belakang iPhone mereka nge-blur atau tidak fokus.

Oleh sebab itu, dalam bagian ini, kita akan membahas beberapa masalah yang paling umum yang terkait dengan masalah di atas.

Jadi, jika kamera pada iPhone Anda mengalami kerusakan seperti di atas, maka ada beberapa saran yang mungkin dapat menyelesaikan masalah ini, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti kamera iPhone Anda ke toko service center iPhone.

1. Masalah Software

Perangkat lunak iOS memiliki banyak algoritma canggih yang dibangun di dalamnya untuk membantu kamu fokus pada subjek foto secara otomatis.

Terkadang, Anda mungkin menggunakan metode manual fokus pada sesuatu yang sangat spesifik, yang dilakukan dengan menekan pada sesuatu di viewfinder.

Namun sebelumnya, pastikan dulu bahwa Anda mengambil jeda waktu untuk melihat apa yang ada di fokus, sebelum Anda menekan tombol shutter untuk pengambilan foto.

Jika foto Anda masih nge-blur atau tidak fokus, itu artinya kemungkinan kamera pada iPhone Anda memang tidak bisa fokus.

Kamera iPhone nge-blur

Masalah ini adalah masalah software, dimana sistem iOS mengalami kesalahan, sehingga tidak merespon Autofocus di kamera iPhone.

Dan jika yang terjadi adalah masalah software, maka Anda masih bisa memperbaikinya.

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan reset iPhone. Dengan reset, maka seluruh sistem operasi iOS akan diatur ulang, dan semua set-up akan benar-benar seperti baru.

Hanya saja, semua data seperti foto, video, kontak, dan lain-lain yang ada di iPhone Anda akan hilang, karena kondisi iPhone akan benar-benar seperti kondisi baru.

Meski demikian, Anda masih bisa melakukan back-up data untuk menjaga agar data-data di iPhone Anda aman.

Jika masih belum berhasil, Anda bisa coba me-restore iPhone Anda. Perbedaannya adalah, reset iPhone hanya mengatur ulang iPhone ke kondisi baru, sedangkan restore iPhone adalah menginstal ulang iOS dari awal ke iPhone.

Sementara efek yang ditimbulkannya tetap sama, yaitu iPhone akan menjadi seperti baru dan semua data-data Anda akan terhapus.

Hanya saja, saat melakukan proses restore, Anda membutuhkan komputer atau laptop yang ada fasilitas iTunes, serta koneksi internet untuk men-download iOS.

Jika Anda ingin mencoba restore, pastikan juga Anda sudah punya back-up data agar data-data Anda tidak ada yang hilang.

Namun, jika proses reset dan restore masih belum juga bisa menyelesaikan masalah, maka satu-satunya penyebab kamera iPhone Anda tidak bisa fokus atau nge-blur adalah kerusakan hardware kamera itu sendiri.

Kamera yang rusak tentu harus diperbaiki dengan cara diganti. Solusinya, Anda bisa datang ke toko service center iPhone untuk mendapatkan perbaikan.

2. Masalah Kotoran atau Debu

Masalah kedua yang mungkin bisa saja terjadi adalah, mungkin lensa pada kamera iPhone Anda kotor akibat jari Anda yang berminyak dan bersentuhan langsung dengan kaca lensa.

Nah, salah satu cara untuk menyelesaikan masalah ini, Anda mungkin bisa saja membersihkan noda minyak tersebut dengan baju atau kain mikro-serat untuk mengatasi masalah ini.

Kamera iPhone nge-Blur

Namun masalah lain yang mungkin saja terjadi adalah, adanya kotoran atau debu yang mungkin saja masuk ke dalam lensa. Atau yang lebih parahnya lagi, mungkin ada goresan atau retakan di lensa kamera iPhone Anda.

Khusus untuk masalah goresan atau retakan di lensa ini, satu-satunya solusi adalah Anda harus mengunjungi toko service center iPhone untuk mengganti kamera iPhone Anda dengan yang baru.

Dan salah satu isu terakhir yang mungkin bisa saja terjadi pada kamera iPhone Anda adalah, kasus logam atau lensa attachable magnet yang bisa mendatangkan malapetaka pada stabilisasi video optik iPhone Anda.

Jika sampai hal ini terjadi, maka Anda bisa menghapus kasus atau lensa, dan membandingkan kualitas untuk melihat apakah itu dapat membantu masalah blur pada kamera iPhone Anda atau tidak.

Jika semua cara di atas tidak juga menyelesaikan masalah, dan kamera iPhone Anda tetap nge-blur, maka satu-satunya solusi adalah, Anda harus datang ke toko reparasi iPhone.

Segera perbaiki iPhone Anda yang rusak kepada ahlinya. Keunggulan datang ke toko langsung adalah, Anda dapat bertanya langsung ke teknisi untuk mengetahui kondisi iPhone Anda beserta solusi alternatifnya.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Penggantian Kamera Belakang dan Kamera Depan iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

      Sinyaliti.com
      Reset Password
      WhatsApp chat WhatsApp Kami