Tutorial: Cara Mengganti Baterai iPhone

SINYALITI.com – Pada akhir tahun 2017 lalu, Apple mengaku telah sengaja memperlambat kinerja seri iPhone lawasnya melalui sistem operasi (OS). Menurut Apple, hal tersebut mereka lakukan agar ponsel tidak mati mendadak, karena performa baterai tua yang mulai menurun.

Atas tindakan tersebut, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat, itu pun meminta maaf dan menganjurkan agar pengguna iPhone lawas untuk segera mengganti baterai iPhone-nya.

Ketahanan dari sebuah baterai iPhone sendiri ternyata dirancang hanya untuk 500 kali pengisian. Sehingga apabila sudah melebihi kapasitas tersebut, maka baterai iPhone sudah sepatutnya untuk diganti agar berfungsi optimal.

Hal ini tentu berlaku untuk semua tipe iPhone yang ada. Mulai dari iPhone 4 dan iPhone 4s, iPhone 5 dan iPhone 5S, hingga produk ponsel iPhone keluaran terbaru yang ada saat ini.

Mungkin Anda sudah tahu kalau membongkar pasang atau mengganti baterai iPhone tidaklah semudah mengganti baterai smartphone pada umumnya. Mengapa? Karena baterai iPhone bersifat built-in (tertanam).

Oleh sebab itu, diperlukan keahlian khusus seperti Teknisi untuk mengganti baterai iPhone yang sudah usang dengan baterai yang baru.

Pihak Apple sendiri tidak mengizinkan pengguna untuk melakukan pergantian baterai sendiri.

Meski demikian, seperti dilansir dari Ubergizmo, Jumat (12/4/2019), baru-baru ini muncul sebuah demo atau tutorial cara mengganti baterai iPhone yang sudah rusak.

Nah, bagi Anda yang mungkin ingin mencoba sendiri bagaimana mengganti baterai iPhone Anda yang sudah usang dengan baterai yang baru, berikut ini adalah tutorial cara mengganti baterai iPhone.

Cara Mengganti Baterai iPhone

Untuk mengganti baterai iPhone, Anda bisa menggunakan beberapa peralatan seperti obeng kecil yang sesuai dengan ukuran sekrup ponsel dan juga plastik tipis yang digunakan untuk mengeluarkan baterai.

Sebenarnya bahan-bahan penunjang tersebut sifatnya hanya optional saja. Karena Anda juga bisa menggunakan kuku jari untuk mencongkel dan melepaskan baterai yang ada.

Berikut tutorial Cara Mengganti Baterai iPhone :

1. Pertama, sebelum mengganti baterai iPhone, pastikan Anda mematikan iPhone Anda dengan cara menekan tombol Power untuk beberapa saat hingga muncul tombol slide merah pada layar LCD iPhone.

Kemudian geser tombol tersebut ke kanan, dan biarkan iPhone Anda mati dengan sendirinya.

2. Langkah berikutnya adalah, buka back casing atau penutup belakang perangkat iPhone Anda dengan cara membuka sekrup (berada di bagian bawah dan mengapit port USB) dengan menggunakan obeng kecil khusus yang sesuai.

Ingat! Saat Anda melakukan pelepasan sekrup, lakukan dengan hati-hati. Karena di sini terdapat fleksibel yang cukup berisiko.

3. Jika kedua sekrup tersebut sudah berhasil Anda lepas, selanjutnya buka penutup belakang iPhone dengan cara memberinya sedikit tekanan, dan kemudian menggesernya ke atas secara perlahan.

Di sini Anda tidak perlu tergesa-gesa atau memaksa untuk membukanya. Karena apabila cara yang Anda lakukan benar, maka casing belakang tersebut bisa terlepas dengan mudah.

4. Di dalam casing belakang iPhone, nantinya Anda akan melihat adanya dua sekrup (tergantung tipe) yang terpasang dan berfungsi untuk mengamankan konektor baterai yang terhubung ke motherboard.

Lepaskan kedua sekrup tersebut dengan menggunakan obeng kecil tadi dengan hati-hati.

Saran kami, sebaiknya letakkan sekrup tersebut di sebuah wadah tertentu agar tidak hilang, mengingat ukuran fisiknya yang sangat kecil.

5. Jika sekrup pengaman baterai telah berhasil Anda lepas, Anda bisa angkat baterai tersebut dengan memanfaatkan kuku tangan atau plastik yang tipis.

Baterai tersebut akan sedikit melekat pada bodi iPhone, sehingga dibutuhkan sedikit tenaga untuk bisa mengeluarkannya.

6. Nah, sekarang Anda sudah bisa mengganti baterai iPhone yang usang tersebut dengan baterai yang baru.

Pastikan Anda memasangnya dengan posisi yang tepat, dan barulah Anda bisa kembali mengencangkan sekrup untuk mengamankan konektor baterai dengan menggunakan obeng kecil.

7. Apabila baterai baru dan kedua sekrup telah terpasang sempurna, langkah berikutnya adalah pasang kembali penutup atau casing belakang iPhone dengan perlahan.

Adapun cara pemasangan penutup belakang tersebut dilakukan dari atas ditekan ke bawah hingga terpasang sempurna. Kemudian pasang kembali sekrup casing yang berada di bagian bawah. Selesai!

Cara Mengganti Baterai iPhone

Dan kini Anda sudah bisa hubungkan iPhone Anda dengan USB untuk melakukan pengisian baterai hingga penuh.

Sebagai informasi, sebaiknya pengisian baterai baru ini dilakukan saat iPhone dalam keadaan mati. Lakukan pengisian baterai baru kurang lebih selama 4 sampai 5 jam, hingga keseluruhan cell baterai terisi dengan sempurna.

Dan perlu Anda ketahui, bahwa melakukan pergantian baterai iPhone sendiri dengan menerapkan tutorial Cara Mengganti Baterai iPhone seperti yang dijelaskan di atas dibutuhkan skill khusus seperti Teknisi.

Jadi, jika Anda merasa tidak mampu untuk mengerjakannya, saran kami sebaiknya Anda membawa iPhone Anda ke service center terdekat.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Ganti Baterai iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original dan bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?​

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

      Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat