Di Turki, Pengunduh Aplikasi Ini Diberhentikan Dari Pekerjaannya

Sinyaliti.com – Ironis, hanya karena sebuah aplikasi, banyak warga Turki yang harus ditahan dan diberhentikan dari pekerjaannya. Mirisnya lagi, mereka harus menerima perlakuan seperti itu hanya karena mengunduh sebuah aplikasi pesan yang terenkripsi.

Enkripsi sendiri adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tak dapat dibaca tanpa bantuan khusus. Ide sederhana tentang pesan terenkripsi, sebuah pesan hanya dapat dibaca pihak tertentu jika mereka dapat memecahkannya kodenya.

Seperti dikutip dari laman Grid.ID, dari The Guardian, telah terjadi 75 ribu kasus penangkapan. Sementara orang yang ditangkapi tersebut dituduh telah mendownload aplikasi Bylock yang dinyatakan sebagai konten yang dipakai oleh penentang presiden Turki.

Menurut informasi yang beredar, fenomena semacam ini banyak terjadi setelah sebuah kudeta gagal yang terjadi tahun lalu. Atas hal inilah banyak warga yang khawatir dengan aktivitas Pemerintah Turki dalam bertindak.

Sebuah opini hukum yang dipublikasikan di London menyatakan, tindakan semacam ini telah melanggar hak asasi manusia.

Namun menurut Pemerintah Turki, mereka yang ditahan atau diberhentikan dari pekerjaannya memiliki hubungan dengan gerakan yang dipimpin oleh Fethullah Gülen.

Gülen sendiri kini tinggal di Amerika Serikat (AS), dan dituduh telah mendalangi percobaan pemberontakan terhadap pemerintahan Turki yang sah. Namun dia telah membantah atas semua tuduhan tersebut.

Dua pengacara asal Inggris, William Clegg QC dan Simon Baker, punya pendapat soal kejadian ini. “Bukti bahwa Bylock digunakan secara eksklusif oleh pendukung Gülen sama sekali tak meyakinkan. Tak ada argumen yang didukung dengan bukti apa pun.”

“Penahanan orang-orang atas dasar ini telah melanggar pasal 5 Konvensi Eropa tentang hak asasi manusia yang menjamin hak atas kebebasan.”, lanjutnya.

Aplikasi Bylock sendiri sebenarnya telah tersedia untuk semua orang. Aplikasi ini telah didownload oleh orang di penjuru dunia. Bahkan pakar forensik komputer asal Inggris, Thomas Moore mengatakan bahwa Bylock tersedia secara cuma-cuma di App Store Apple dan google Play.

Menurut Thomas Moore, “Tak masuk akal untuk mengatakan bahwa ketersediannya hanya untuk kelompok tertentu.”, ujar Thomas.

 

Halaman selanjutnya:

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0