Cara Mengunci WhatsApp Dengan Fitur Face ID dan Touch ID di iOS

SINYALITI.com – Pada bulan Febuari lalu,WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur biometrik terbaru bagi penggunanya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengunci dan membuka aplikasi WhatsApp dengan wajah atau sidik jari, apabila ponsel memiliki fitur Face ID atau Touch ID.

Sebagaimana dirangkum dari PhoneArena, Selasa (1/10/2019), fitur biometrik tersebut masih bersifat Beta Tester. Fitur ini sudah resmi hadir di platform WhatsApp untuk iOS.

Nantinya, setelah pengguna memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, maka pengguna iPhone dapat menggunakan fitur Touch ID (untuk iPhone 8 ke bawah) atau Face ID (untuk iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR) untuk mengunci atau membuka WhatsApp.

Data biometrik pengguna pun dijamin kerahasiaannya dengan dienkripsi dan disimpan di sisi perangkat, bukan di server WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara mengunci dan membuka WhatsApp dengan fitur Face ID atau Touch ID?

Ilustrasi

Pertama, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur biometrik ini di menu “Privacy” WhatsApp.

Untuk mengaksesnya, pengguna cukup mengunjungi menu Settings > Account > Privacy.

Pada halaman “Privacy”, pilih menu “Screen Lock”. Pada tampilan ini, nantinya pengguna akan disodorkan opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, berdasarkan fitur yang ada di masing-masing perangkat, seperti yang disebut di atas.

Setelah itu, aktifkan toggle “Require Face ID” atau “Require Touch ID”.

Pengguna juga bisa mengatur jangka waktu bagi WhatsApp untuk mengunci aplikasi secara otomatis.

Durasi penguncian WhatsApp bisa diatur mulai dari “Immediately”,  yang artinya akan terkunci saat pengguna meninggalkan aplikasi WhatsApp hingga waktu 1 jam.

Setelah WhatsApp terkunci pada waktu yang telah ditentukan, maka pengguna diwajibkan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk membukanya kembali.

Jika pengguna tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp melalui Face ID dan Touch ID atau artinya pemindaian gagal, maka pengguna WhatsApp diwajibkan memasukkan passcode iPhone mereka.

Jika sedang tidak ingin membuka WhatsApp, maka pengguna juga bisa membalas pesan dan menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi di “Lock Screen”, meskipun sudah terlindungi oleh teknologi biometrik ini.

Namun, jika kamu ingin menikmati fitur biometrik ini, maka perangkat iOS kamu harus sudah diperbarui ke WhatsApp versi 2.19.20.19 melalui App Store.

 

 

*Sinyaliti.com dan Wefixit.id melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk iPhone X, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original serta bergaransi.

      Sinyaliti.com
      BUTUH KONSULTASI MASALAH iPHONE ?​

      Sinyaliti bekerjasama dengan Wefixit menyediakan konsultasi gratis dan pengecekan gratis masalah iPhone anda untuk Jabotabek

      DAPATKA DISKON TAMBAHAN 10 % GANTI LCD IPHONE 7, 8, X, XS

      Service iPhone Panggilan Wefixit. Mudah - Berkualitas - Harga Bersaing. Berani dibandingkan !

      HUBUNGI WEFIXIT
      WhatsApp chat