Review Wiko Ridge 4G Fever: Glow in The Dark

Sinyaliti.com – Glow In The Dark, demikian istilah yang digunakan Wiko buat membuat bodi Ridge 4G Fever ini berbeda dari smartphone pesaing lainnya. Jika Aliran listrik tiba-tiba padam. Ruangan yang awalnya terang benderang mendadak gelap gulita. Pengguna ponsel Samsung, LG, Sony, Apple iPhone, dan aneka merek lain mungkin akan kebingungan menemukan ponselnya. Mereka harus meraba-raba meja. Namun Kesulitan serupa takkan dialami pemilik Wiko Ridge 4G Fever. Dengan mudah mereka akan menemukan ponselnya. Sebab, ponsel itu bisa berpendar di kala gelap. Cahaya berwarna hijau kebiruan akan terpancar dari samping bodi ponsel. Yuk kita simak seperti apa detail spesifikasi dan harga nya sobat Sinyaliti.

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & HargaSpesifikasi Detail Wiko Ridge 4G Fever

Desain Wiko Ridge 4G Fever

Pengguna Ridge 4G Fever akan merasa nyaman saat menyapukan jari dari ujung ke ujung layar. Pasalnya, ponsel itu mengadopsi layar 2,5D dengan permukaan kaca sedikit melengkung di ke empat sisinya. Karena memanfaatkan Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar ponsel juga lebih tahan terhadap goresan.

Masih berhubungan dengan layar, terdapat aneka jalan pintas untuk mengakses fitur tertentu. Pengguna perlu mengaktifkannya dulu satu kali via menu smart awake. Bila telah diaktifkan, saat ponsel siaga, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di layar untuk menyalakan layar. Hal lain, tuliskan huruf M di layar yang padam untuk mengakses pemutar musik, C untuk menjalankan kamera, dan O untuk menyalakan lampu senter.

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & Harga

Untuk memadamkan layar tanpa menekan tombol power, pengguna disodori cara praktis. Aktifkan dulu fitur smart gesture. Berikutnya, setiap kali ingin memadamkan layar, pengguna cukup menyentuh tombol home sebanyak dua kali.

Permukaan belakang Ridge 4G LTE beraksen kulit. Bayangkan saja permukaan kulit jeruk. Kalau back cover ponsel dibuka, di sisi atas akan terlihat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Nomor yang dipakai berinternet, tak peduli posisinya di selot kartu pertama atau kedua, dapat masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE.

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Fitur

Ponsel Android 5.1 Lollipop itu kompatibel dengan layanan 4G LTE di frekuensi 1800 dan 2300 MHz. Hal tersebut bermakna ia siap dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE semua operator di Indonesia. Mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, hingga Tri. Mau dipadukan dengan 4G LTE Smartfren dan Bolt pun bisa.

Spesifikasi lain Ridge 4G Fever, antara lain, prosesor 64-bit delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, USB OTG, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. Saat ponsel baru mulai digunakan, sisa memori internal mencapai 24,07 GB. Ada pula radio FM yang siarannya dapat direkam. Untuk ruang penyimpanan datanya, sudah tersemat memori internal sebesar 16GB, tapi jika sobat sinyaliti masih merasa kurang. Tenang saja, pasalnya sudah ada ruang slot microSD untuk mengekspansi memori hingga maksimal 64GB.

Salah satu fitur yang Wiko tanamkan dalam ponsel ini adalah Smart Awake. Fitur ini memungkinkan sobat Sinyaliti untuk mengakses beberapa aplikasi tertentu dengan menggambar sebuah huruf saat layar ponsel berada dalam keadaan mati. Misalnya, jika sobat ingin membuka aplikasi Music, maka sobat sinyaliti cukup menggambar huruf M. Wiko Ridge 4G Fever tidak dilengkapi dengan drawer aplikasi. Jadi, sobat sinyaliti cukup melakukan swipe untuk mengakses semua aplikasi yang ada dalam ponsel tersebut.

back to menu ↑

Performa

Selain teknologi LTE Cat.4, di sisi dapur pacunya pun bertenaga. Wiko Fever mengusung prosesor Octa-core 1,3GHz. Ruang penyimpanan data/file bisa diekspansi hingga 64 GB via kartu Micro SD. Sistem operasi yang dijalankan terbilang update, yakni Android 5.1 Lollipop. Belum lagi memori RAM smartphone terbaru perusahaan asal Perancis ini sudah mencapai 3 GB. Tentu saja kemampuan RAM 3GB akan mempengaruhi penggunaan aplikasi sistem operasi operasi Android Lollipop versi 5.1 terutama dalam hal Multitasking.

Dengan MediaTek MT6753 @1,3 GHz octa-core sebagai prosesor dan RAM 3GB, Wiko Ridge 4G Fever cukup mumpuni untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menjelajah internet. Saat diukur dengan Google Octane, Ridge 4G Fever berhasil mendapatkan nilai 2940, sedikit kalah jika dibandingkan dengan salah satu pesaingnya, ZenFone Selfie yang mendapatkan nilai sebesar 3050.

Sebaliknya, saat diukur dengan Mozilla Kraken, Ridge 4G Fever berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik yaitu 12,756 ms, sementara Selfie memiliki nilai 13,877 ms. Berbeda dengan Octane yang nilai besar berarti performa yang lebih baik, pada Mozilla Kraken, semakin kecil nilainya menunjukkan bahwa peramban bekerja dengan lebih cepat. Dengan layar 5,2 inci, ia cukup nyaman untuk digunakan untuk menonton video. Resolusi layarnya yang sudah Full HD memungkinkan sobat sinyaliti untuk menonton video 1080p.

back to menu ↑

Kamera

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & Harga

Ponsel pintar berdimensi fisik 148 x 73,8 x 8,3 milimeter dan berat 143 gram itu dibekali dua kamera. Seluruhnya dilengkapi dengan lampu kilat. Kamera dengan fokus otomatis di sisi belakang Ridge 4G Fever sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode profesional yang memungkinkan pengguna mengubah saturasi, white balance, ISO, ketajaman (sharpness), dan kompensasi pencahayaan (exposure compensation) secara manual. Sayangnya tak ada pilihan untuk mengatur kecepatan rana alias shutter speed.

Beralih ke kamera depan. Kamera itu mampu memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedianya lampu kilat membuat pengguna tetap leluasa berswafoto alias selfie di tempat yang remang-remang. Ingin berswafoto beramai-ramai? Ada mode wide selfie yang layak dicoba. Berikut dibawah ini foto yang diambil dengan Wiko Ridge 4G Fever.

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & Harga

Kalau dirangkum, kinerja kamera belakang yang kurang mantap menjadi titik kelemahan Ridge 4G Fever sobat sinyaliti. Foto yang dihasilkan memang masih pantas dikategorikan cukup bagus. Namun, belum sampai menyentuh tingkat memuaskan sangat sekali. Mode profesionalnya juga tergolong setengah hati karena tak mengizinkan pengguna mengatur kecepatan rana.

Berbeda 180 derajat dengan kamera belakang, performa kamera depan Ridge 4G Fever pantas mendapatkan acungan jempol. Bagus. Kompatibilitas dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia menjadi daya tarik lain ponsel itu. Apa lagi? Layar sedap dipandang mata, bodi cantik, dan antilemot. Berikut dibawah ini juga merupakan foto yang diambil dengan Wiko Ridge 4G Fever sobat Sinyaliti.

Wiko Ridge 4G Fever: Spesifikasi & Harga

back to menu ↑

Baterai

Untuk masalah baterai, Wiko Ridge 4G Fever dapat bertahan selama 6 jam 40 menit. Lagi-lagi, smartphone ini masih kalah jika dibandingkan dengan para pesaingnya. ZenFone Selfie dari ASUS misalnya, dapat bertahan selama hingga 9 jam 14 menit. Sebagai sumber daya, Wiko juga telah membenamkan baterai berdaya 2.900mAh berjenis Li Polymer yang sayangnya tidak dapat dilepas, sehingga hal ini rasanya akan mempersulit pengguna ketika ponsel tiba-tiba mengalami hang. Namun bagimu yang tertarik untuk memilikinya, yuk intip penampakannya dengan lebih jelas, dengan melihat review dalam bentuk video berikut ini sobat Sinyaliti. Klik disini. Baca Juga: Review Meizu M5: Baterai Kapasitas Jumbo, klik disini

8 Total Score
Good!

Vendor smartphone asal perancis yang secara resmi mendaratkan smartphone terbarunya yaitu Wiko Ridge 4G Fever. Seperti yang telah kita ketahui selama ini Wiko Mobile lebih mengutamakan sektor desain untuk setiap produk smartphonenya dan salah satunya seperti yang terdapat pada Wiko Ridge 4G Fever ini yang memiliki layar lengkung 2.5D dengan layar kualitas IPS LCD berukuran 5.2 inchi, resolusi Full HD 1080p serta layar menggunakan pelindung anti gores dengan jenis Corning Gorilla Glass 3

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
0
Kelebihan
  • Desain sangat stylis dan premium dengan body frame metal
  • Sudah didukung dengan konektivitas super cepat saat ini dengan 4G LTE
  • Layar berukuran 5.2, inchi resolusi Full HD sehingga sangat nyaman buat aktivitas main game, browsing dan streaming video dengan hasil gambar yang sangat tajam
  • Android OS v5.1.1 Lollipop yang merupakan sistem operasi terbaru saat ini
  • Prosesor cepat dengan Octa-core 1.3GHz yang membuat performa sangat lancar dan anti ngeLag saat multitasking sekalipun
  • Kamera Utama 13MP, LED flash dengan kemampuan merekam kualitas full HD sehingga sangat sempurna untuk mengabadikan momen penting disetiap waktu
  • Kamera depan 5MP, LED flash yang sangat mendukung aktivitas foto selfie tanpa batas
  • Kapasitas RAM 3GB sehingga sangat memudahkan untuk penyimpanan dan saat instal aplikasi terbaru
  • Kapasitas baterai yang cukup besar dengan 2900 mAh sehingga sangat awet saat pemakaian sehari-hari
Kekurangan
  • Purna jual yang belum merata untuk semua tempat
  • Baterai jenis non-removable
User Rating: Be the first one!
Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0