Review Xiaomi Redmi Note 4X: Hadir Dengan Prosesor Deca-Core dan Snapdragon 653

Sinyaliti.com – Setelah berhasil merilis Redmi Note 4X yang dibekali sistem keamanan sensor sidik jari. Kini pabrikan smartphone asal Tiongkok yang bernama Xiaomi kembali dikabarkan akan merilis ponsel pintar terbaru mereka yang bertajuk Xiaomi Redmi Note 4x. Jika dilihat dari namanya, tentu sudah jelas bahwa Xiaomi Redmi Note 4X ini merupakan varian generasi terbaru dari jajaran keluarga Redmi 4. Yang sebelumnya sudah dirilis dan diluncurkan di tahun 2016 yang lalu.

Sementara smartphone Xiaomi Redmi Note 4X yang resmi dirilis pada bulan Febuari 2017 kemarin tampaknya hadir dengan sedikit perubahan pada sektor fiturnya saja. Sehingga untuk spesifikasi dan gaya desain yang diusung tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Di sisi lain, Xiaomi Redmi Note 4X ini pun diklaim bakal meramaikan segmentasi kelas menengah ke bawah. Yang tentunya akan dibekali tampilan desain dan komponen spesifikasi yang terbilang mumpuni di kelasnya. Terutama pada fiturnya yang akan dipersenjatai beragam fitur menarik berteknologi tinggi.

Semakin penasaran dengan smartphone Xiaomi Redmi Note 4x ini? Yuk, kita ulas bersama.

Spesifikasi Detail Xiaomi Redmi Note 4X

Desain Xiaomi Redmi Note 4X

Mengulas pada sektor desain Xiaomi Redmi Note 4X. Smartphone ini memiliki desain metal unibody yang tak jauh berbeda dengan para pendahulunya. Dimana Xiaomi Redmi Note 4X ini memiliki dimensi yang cukup sedang, yaitu panjang 151 mm, lebar 76 mm, dan berketebalan hingga 8.5 mm serta memiliki bobot sebesar 165 gram. Tampilan Xiaomi Redmi Note 4X sendiri terlihat sangat mewah berkat body yang terbuat dari material metal. Termasuk Platinum Silver Grey, Champagne Gold, Cherry Powder, dan Matte Black yang membuatnya terlihat lebih elagan dan mewah layaknya smartphone Android kelas menengah ke atas yang berharga mahal. Ada juga edisi terbatas Hatsune Miku varian warna hijau yang datang dengan case dan powerbank Hatsune Miku. Serta tema Hatsune Miku untuk perangkat.

Xiaomi Redmi Note 4X sendiri mengusung layar seluas 5.5 inci dengan kemampuan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel. Dengan begitu, tentu ponsel pintar garapan Xiaomi ini bakal memberikan visualisasi yang cukup menarik dan memperlihatkan kesan premium. Bahkan sektor layar tersebut akan dilengkapi juga dengan teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan kerapatan 16 M juta warna. Yang tentunya akan semakin menambah tampilan Xiaomi Redmi Note 4X ini menjadi tampak lebih elegan. Meskipun segmentasinya menyasar kelas mid range.

Desain Xiaomi Redmi Note 4X

Menariknya lagi, Xiaomi melengkapinya dengan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor) yang ditempatkan pada cassing belakang. Fitur serupa juga dimiliki Xiaomi Redmi 4X, dan terbukti mampu membaca sidik jari dengan sangat cepat dan mampu melindungi setiap file yang ada di dalamnya. Dengan demikian, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X pada sektor desain ini memang menampilkan kesan premium.

back to menu ↑

Fitur

Selanjutnya untuk sektor konektivitas. Smartphone ini mendukung akses internet pada jaringan 4G LTE dan 3G HSPA yang dapat memaksimalkan kebutuhan akan akses internet yang cepat. Berbekal inilah pengguna bisa bebas streaming, download, dan browsing dengan lancar tanpa adanya kata lemot.

Pada dasarnya, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X di sektor konektivitas dibekali dengan beragam fitur menarik berteknologi canggih. Pertama, untuk mendukung akses komunikasi maka Xiaomi Redmi Note 4X ini dibekali Dual SIM Card yang bisa digunakan secara bersamaan. Namun untuk slot SIM Card 2 harus rela berbagi dengan memory eksternal. Karena slot yang dipakai Redmi Note 4X adalah slot berjenis Hybrid.

Selain itu, hal yang cukup penting yaitu pada akses internet. Dimana pada smartphone garapan Xiaomi ini sudah mendukung akses jaringan 4G LTE Cat4 150/50 Mbps. Sehingga mampu memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi.

Fitur Xiaomi Redmi Note 4X

Di sisi lain, untuk menunjang kebutuhan akan konektivitas jarak dekat. Maka Xiaomi Redmi Note 4X dilengkapi dengan fitur WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct dan Hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses sinyal internet gratis. Tak sampai di situ saja, untuk mendukung kebutuhan akan transfer data. Maka ponsel dilengkapi juga dengan fitur canggih seperti Bluetooth, infrared port, dan micro USB.

Nah, untuk urusan bidik membidik lokasi map, maka Xiaomi Redmi Note 4X akan dipersenjatai dengan sistem navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS. Yang tentu sudah dipastikan akan memberikan data yang sangat akurat terkait penempatan lokasi. Xiaomi juga memberikan pembaharuan sistem ke antarmuka MIUI 8.0. Jadi tak perlu khawatir ketinggalan perkembangan sistem operasi Android terbaru.

back to menu ↑

Performa

Pada bagian permesinannya, tampaknya Xiaomi tak ingin asal-asalan dalam membekali komponen dalam bodi ponsel terbarunya ini. Sebab Xiaomi Redmi Note 4X dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang akan dikombinasikan dengan prosesor Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53. Dengan kolaborasi kedua komponen tersebut, maka bisa dipastikan bahwa ponsel pintar ini akan menghasilkan kinerja operasional yang lebih optimal.

Bahkan untuk mendukung kebutuhan multitasking, Xiaomi pun sudah melengkapi mesin pacunya ini dengan RAM berkapasitas 3 GB. Sehingga bisa dipastikan bahwa kecepatan multitasking ponsel ini akan lebih maksimal.

Selain itu, dapur pacu Xiaomi Redmi Note 4X juga dibekali dengan kartu grafis (GPU) Adreno 506 yang akan memberikan tampilan grafis memukau dan memanjakan setiap mata yang melihatnya. Di sisi lain, dari keseluruhan spesifikasi pada bagian komponen dapur pacu tersebut akan berjalan di atas platform Android Marshmallow v6.0. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 4X ini pada sektor dapur pacu memang memberikan performa yang begitu handal.

Fitur Xiaomi Redmi Note 4X

Selain komponen sistem dapur pacunya, Xiaomi Redmi Note 4X juga memiliki ruang penyimpanan yang dinilai cukup longgar untuk memenuhi kebutuhan menyimpan file. Dengan dibekali memory internal seluas 32  GB, kapasitas memori Xiaomi Redmi Note 4X ini diprediksi akan mampu menampung berbagai macam file milik pribadi maupun file system.

Bahkan apabila ruang penyimpanan dari memory internal tersebut dirasa kurang, Xiaomi sudah menyediakan slot memory eksternal. Dimana memory eksternal ini bisa diekspansi menggunakan microSD berkapasitas hingga 256 GB. Dengan demikian, tentu akan lebih mudah dalam menentukan ruang penyimpanan yang tepat untuk file-file yang dipilih. Namun seperti yang telah sebelumnya kita bahas di atas, untuk slot memory eksternal ini pengguna harus rela berbagi dengan slot SIM Card 2, sebab slot yang dipakai pada Redmi Note 4X adalah slot berjenis Hybrid.

back to menu ↑

Kamera

Menginjak pada pembahasan berikutnya, yaitu pada sektor kamera. Seperti pada kebanyakan smartphone Android zaman sekarang, tentu sudah dilengkapi dengan fitur Dual Kamera. Sama halnya seperti pada Xiaomi Redmi Note 4X ini. Namun yang sedikit membedakan, pada sektor kamera utama atau belakangnya akan mengandalkan kamera beresolusi tinggi, yaitu 13 MP dengan lebar aperture f/2.0. Tak ketinggalan, kamera sudah dilengkapi dengan Phase Detection Autofocus serta Dual LED flash. Dengan kemampuan kamera tersebut, tentu ponsel mampu mengambil gambar dengan hasil jepretan yang tampak natural dan memuaskan.

Selain itu, untuk kamera depannya mengandalkan kamera beresolusi 5 MP dengan lebar aperture f/2.0, yang bisa digunakan untuk foto selfie ataupun video call. Di sisi lain, sektor kamera dari spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X ini juga akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik. Antara lain, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan panorama. Fitur-fitur tersebut tentu akan mempermudah dalam mengolah setiap foto yang diambil.

Kamera Xiaomi Redmi Note 4X

Tak sampai di situ saja, lini kamera dari ponsel Xiaomi ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas resolusi 1080p@30fps. Sehingga tak mengherankan jika hasil rekamannya tampak lebih natural dan tajam. Tampaknya sektor dokumentasi atau fotografi dari spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4X ini bisa dijadikan sebagai sektor yang diandalkan Xiaomi dalam menarik perhatian konsumen.

back to menu ↑

Baterai

Menginjak pada pembahasan suplay daya, Xiaomi Redmi Note 4X akan dibekali dengan baterai dari jenis Non-removable dengan kapasitas tenaga mencapai 4.100 mAh. Sementara kualitas baterainya adalah Li-Po (Lithium Polymer), yang apabila melihat kapasitasnya, tampaknya baterai ini sudah cukup bisa diandalkan untuk menunjang kebutuhan setiap komponen dari Xiaomi Redmi Note 4X.

Lantas, setelah melihat spesifikasi di atas terkait, kira-kira berapa ya harga Xiaomi Redmi Note 4X ini? Nah, untuk mengetahuinya, sobat sinyaliti bisa klik di sini.

8 Total Score
Good!

Xiaomi Redmi Note 4X dibekali Dual SIM Card yang bisa digunakan secara bersamaan. Smartphone garapan Xiaomi ini juga sudah mendukung akses jaringan 4G LTE Cat4 150/50 Mbps, sehingga mampu memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi.dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang akan dikombinasikan dengan prosesor Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53. Dengan kolaborasi kedua komponen tersebut, maka bisa dipastikan bahwa ponsel pintar ini akan menghasilkan kinerja operasional Xiaomi Redmi Note 4X ini menjadi lebih optimal.

Desain
8
Fitur
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
PROS
  • Body elegan berbahan metal.
  • Layar 5 inch jernih sudah beresolusi HD.
  • Mendukung jaringan 4G LTE.
  • Kemampuan mutltiasking dan gaming mumpuni.
  • Kamera utama dan depan memuaskan.
  • Sudah mendukung sensor fingerprint.
  • Baterai berkapasitas besar dengan fitur Fast Charging.
CONS
  • Layar belum dilalapisi kaca pelindung.
  • Masih menjalankan OS Lollipop dan belum mendapat update Android Marsmallow.
  • Belum mendukung USB Type C.
User Rating: 4 (1 votes)

Register New Account
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0