YouTube Tambahkan Efek AR Green Screen ke Fitur Stories

Sinyaliti.com – YouTube dikabarkan saat ini tengah menggarap versi Stories (cerita). Sekarang fitur Stories tersebut telah di ujicoba dalam versi beta oleh sekelompok kecil pembuat konten teratas. Menariknya lagi, perusahaan juga menambahkan fitur khas dari Snapchat dan Instagram berikutnya ke Stories, yaitu Augmented Reality (AR) green screen filters atau efek layar hijau.

Seperti dilansir dari laman Engadget, teknologi yang dijelaskan secara lengkap di blog penelitian Google itu sepertinya cukup mengesankan. Dimana perusahaan menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk mengidentifikasi dan memisahkan subjek dari latar belakang.

Fitur AR ini menampilkan efek bersih yang sama dengan layar hijau, yang memungkinkan pembuat konten memasukkan apa pun yang mereka inginkan sebagai latar belakang baru mereka secara real time.

Lebih mengesankannya lagi, video tersebut tidak memerlukan layar hijau sebenarnya untuk memisahkan subjek lebih mudah. Konten yang dipilih sebagai latar langsung ditambahkan ke video tanpa perantara. Tentu saja, sistemnya belum 100 persen sempurna.

Jadi, bila kamu memiliki smartphone keluaran terbaru, fitur ini sebenarnya mirip fitur bokeh yang ada di kamera. Dimana pada dasarnya melakukan tugas yang sama, yakni mengaburkan latar di sekitar objek foto.

Untuk saat ini, Google menggunakan fitur Stories yang ada di YouTube versi beta untuk menguji lebih lanjut teknologi ini. Namun karena terus berkembang, teknologi layaknya layar hijau ini bisa saja muncul di layanan dan aplikasi AR Google lainnya di masa mendatang.

Tak hanya itu saja, diam-diam Google juga memperluas kemampuan menonton video YouTube tanpa sambungan internet. Fitur unduh video offline itu kini tersedia di lebih banyak negara.

Perluasan ini bertepatan dengan penetrasi YouTube Go di lebih dari 130 negara. Sehingga terlihat seperti negara-negara yang sama itu akan mendapatkan opsi “Go” dan opsi mengunduh video di aplikasi reguler YouTube itu tentu sangat berguna jika kamu tidak menggunakan aplikasi mini YouTube Go.

 

Halaman selanjutnya:

      Sinyaliti.com
      Register New Account
      Reset Password